SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Terbukti Edarkan Ganja, Mashur Divonis 9 Tahun Penjara

  • Reporter:
  • Jumat, 12 Mei 2017 | 14:25
  • Dibaca : 452 kali
Terbukti Edarkan Ganja, Mashur Divonis 9 Tahun Penjara
ilustrasi

BATAM KOTA – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam menjatuhkan hukuman 9 tahun penjara kepada Mashur Akmal, pengedar narkotika jenis ganja, Rabu (10/5). Hukuman dijatuhkan setelah terdakwa terbukti menjual 3 paket ganja kepada rekannya.

Hukuman yang diterima oleh Mashur lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Selain harus mendekam di balik jeruji besi selama 9 tahun, majelis hakim juga memutuskan agar terdakwa membayar denda sebesar Rp1 miliar. “Bila denda tidak dibayar maka terdakwa wajib menggantinya dengan hukuman satu tahun kurungan badan,” kata Hakim Ketua Zulkifli yang didampingi oleh Jasael dan Rozza El Afrina sebagai hakim anggota.

Pada persidangan sebelumnya, Mashur dituntut dengan hukuman 8 tahun penjara oleh JPU Zia Ul Fattah. Selain itu, dia juga diganjar dengan hukuman denda serta subsider yang sama dengan putusan majelis hakim. Zia menilai bahwa segala unsur dalam dakwaannya sudah terpenuhi.

“Adapun pertimbangan hal yang memberatkan yakni perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika dan juga meresahkan masyarakat,” kata JPU Zia.

Mashur dijatuhi hukuman tersebut bermula ketika dirinya menghubungi Anibal (DPO) dan menawarkan ganja. Tawaran diterima oleh Anibal dan keduanya berjanji untuk bertemu di pangkalan ojek Ruli Bukit Senyum pada Senin, 21 November 2016) lalu.

Sebelum bertemu dengan Anibal, terdakwa lebih dulu menghubungi Irwansyah untuk mengambil ganja. Kepada terdakwa, Irwansyah menawarkan 6 paket ganja. Namun, terdakwa hanya bersedia mengambil 3 paket saja seharga Rp250 ribu setiap paketnya. Rencananya, Mashur akan menjual ganja tersebut seharga Rp300 ribu per paket.

Saat ganja sudah ditangan, Mashur menuju ke pangkalan ojek untuk menemui Anibal. Tak lama, seorang pria yang mengaku sebagai adik Anibal mendatangi Mashur dan menanyakan ganja yang sudah dijanjikan kepada Anibal. Terdakwa menyerahkan satu paket ganja tersebut kepada adik Anibal.

Saat menunggu Anibal, Mashur didatangi petugas Satresnarkoba Polres Barelang yang langsung melakukan penggeledahan. Saat itu, hanya didapati satu paket ganja yang disimpan terdakwa di dalam saku celananya. Mashur didakwa dengan pasal 114 Ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com