Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Badai Ian yang ‘mengancam jiwa’ sedang dalam perjalanan ke Florida

Saat Badai Ian melonjak menuju pantai barat Florida setelah menerjang Kuba pada hari Selasa, jutaan orang diperintahkan untuk mengungsi.

Badai Kategori 3 melanda Kuba barat, membuat seluruh negara tanpa listrik pada Selasa malam karena jaringan listrik negara itu padam, mematikan lampu untuk 11,3 juta penduduk pulau itu. Topan itu juga menyebabkan kerusakan parah dan mendorong evakuasi massal di pulau itu.

Sementara itu, Florida berusaha keras untuk bersiap ketika badai, yang diperkirakan akan berubah menjadi badai Kategori 4, diperkirakan akan mendarat Rabu malam di suatu tempat di sepanjang Pantai Teluk. Lebih dari 2,5 juta penduduk Florida tunduk pada perintah atau peringatan evakuasi, sementara yang lain menimbun persediaan. Badai yang disebabkan oleh badai dikatakan telah menghantam pantai dan video serta foto telah muncul yang menunjukkan pesawat-pesawat kecil terbalik di Florida selatan.

Apa itu Badai Ian?

Badai Ian adalah badai yang tumbuh cepat, pada hari Senin itu sekitar 100 mil (160 km) barat Grand Cayman, menuju barat laut Kuba dengan angin berkelanjutan maksimum 80 mph (130 kph), menjadikannya Kategori Satu. Badai saat itu. Persiapan badai dimulai selama akhir pekan, dengan Kuba mengevakuasi turis dan menghentikan penerbangan ke Kepulauan Cayman pada hari Minggu.

Badai, yang mendatangkan malapetaka di Kuba pada hari Selasa, berubah menjadi badai Kategori 3 dengan banyak yang mengharapkan eskalasi lebih lanjut ke Kategori 4 pada hari Rabu.

Pusat Badai Nasional mendefinisikan badai yang semakin intensif sebagai badai yang memperoleh kecepatan angin setidaknya 35 mph dalam waktu kurang dari 24 jam. Dalam kasus Ian, peramal memperingatkan hari ini sebelumnya karena kondisinya jelas, menurut Kantor berita.

Badai Kategori 3 disebut badai besar dengan kecepatan angin 111-129 mph. Menurut National Hurricane Center, jika terjadi badai Kategori 3, “kerusakan yang menghancurkan akan terjadi: Rumah yang dibingkai dengan baik dapat menyebabkan kerusakan yang parah atau pelepasan pelat atap dan ujung atap pelana. Banyak pohon akan ditebang atau dicabut, ditutup banyak jalan.” Listrik dan air tidak akan tersedia selama beberapa hari hingga minggu setelah badai berlalu.”

READ  Afrika Selatan mencabut jam malam karena penyebaran COVID-19, saat gelombang omicron menghilang

Badai kategori 4, di mana Ian diperkirakan akan tumbuh, telah mempertahankan kecepatan angin 130-156 mph dan menyebabkan “kerusakan bencana,” menurut NHC. Pemadaman listrik akan berlangsung dari minggu ke bulan mungkin. Sebagian besar wilayah tidak akan bisa dihuni selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.”

Mendekatnya badai di Florida memicu peringatan gelombang badai, yang berarti gelombang badai dapat mengancam jiwa, dengan perkiraan 8-12 kaki untuk pantai barat Florida, dan peringatan akan hujan lebat dan angin yang merusak, menurut CNN.

kehancuran di kuba

Jaringan listrik Kuba runtuh pada Selasa malam, membuat seluruh negara dalam kegelapan tak lama setelah Badai Ian menyapu ujung barat pulau itu, meninggalkan jalan kehancuran di belakangnya, kata pejabat setempat. Reuters.

Dengan kecepatan angin maksimum 125 mil (205 kilometer) per jam, Ian menghantam wilayah barat negara kepulauan itu selama lebih dari lima jam sebelum mengarahkan pandangannya ke perairan hangat Teluk Meksiko.

Pihak berwenang belum dapat menilai kerusakan, tetapi penduduk menggambarkan “kehancuran” dan memposting gambar di media sosial jalan-jalan yang banjir dan pohon-pohon yang ditebang. Tidak ada kematian atau cedera yang dilaporkan sejauh ini.

Florida dalam siaga tinggi

Meskipun ada ketidakpastian yang meluas tentang lokasi pasti badai itu akan mendarat, laporan media lokal menunjukkan pesawat-pesawat kecil terbalik dan pohon-pohon tumbang di Florida selatan. Peringatan tornado dikeluarkan untuk daerah dekat Broward County, di mana pesawat-pesawat kecil terbalik dan pohon-pohon tumbang di daerah itu. CBS Miami tersebut.

Direktur Manajemen Darurat Florida Kevin Guthrie mendesak warga di daerah evakuasi untuk pindah ke tempat yang aman Selasa. “Sudah waktunya untuk mengungsi. Dapatkan di jalan,” katanya, menurut laporan oleh Reuters. Untuk memfasilitasi evakuasi, pihak berwenang telah menangguhkan pengumpulan tol di sepanjang jalan raya utama di Florida Tengah, daerah Tampa Bay dan jalan raya yang melintasi Everglades yang dikenal sebagai Alligator Alley.

READ  PM Sri Lanka Mundur, Rumah Keluarga Rajapaksa Dibakar di Tengah Bentrokan: 10 fakta

berdasarkan CNN, di Pinellas County, di mana lebih dari 440.000 orang berada di bawah perintah evakuasi wajib, Walikota Clearwater Frank Hebbard mengatakan Selasa sore bahwa sudah terlambat bagi penduduk untuk pergi. “Jika Anda belum dievakuasi, dan jika Anda belum mendapatkan perbekalan, sudah terlambat. Yang Anda butuhkan hanyalah berlindung dan menunggu badai.”

Menjelang badai, Gubernur Georgia Brian Kemp juga mengeluarkan keadaan darurat pada Selasa, memperingatkan hujan lebat dan angin merusak di negara bagian itu pada akhir pekan ini. CNN tersebut.

Sementara itu, penerbangan telah dibatalkan dan sekolah-sekolah ditutup di seluruh negara bagian sebagai persiapan menghadapi badai yang mengerikan. Bandara Internasional Tampa menghentikan operasinya pada Selasa pukul 5 sore; Bandara Internasional Orlando dijadwalkan untuk melakukan hal yang sama pada 10:30 pada hari Rabu, CNN Dia berkata.

Dampak Perubahan Iklim

Setelah 67 persen lebih kuat dalam waktu kurang dari 22 jam dari Senin hingga Selasa, Ian mengancam Florida sebagai potensi badai Kategori 4.

Kondensasi cepat Ian terjadi setelah bergerak di atas perairan Karibia yang 1 derajat Celcius lebih hangat dari biasanya, sebagian besar karena perubahan iklim, menurut Kantor berita.

Para ilmuwan mengatakan bahwa saat dunia menghangat, “turbocharging” badai kemungkinan akan menjadi lebih sering.

Fenomena serupa terjadi di Filipina akhir pekan ini, saat topan super Noru meletus dengan kecepatan yang memusingkan dalam pendekatan terbarunya ke negara kepulauan itu, dari yang setara dengan badai Kategori 1 ke Kategori 5 dalam semalam, membuat penduduk setempat tidak punya waktu untuk bersiap. , The CNN tersebut.

Namun, prediksi Ian mandek selama berhari-hari, yang berarti bahwa masyarakat Kuba dan Florida kini lebih siap.

Secara historis, kondensasi cepat telah menjadi fenomena langka, kata Alison Wing, asisten profesor ilmu atmosfer di Florida State University. CNNmencatat bahwa hanya enam persen atau lebih dari semua periode waktu yang diproyeksikan memiliki tingkat intensifikasi yang cepat ini.

READ  'Semua orang menghormatinya': PM Inggris Johnson memaafkan hubungan 'historis' India dengan Rusia | Berita India

Tetapi perubahan iklim yang disebabkan manusia menyebabkan badai yang lebih intens yang tidak hanya menyebabkan lebih banyak curah hujan dan lebih banyak gelombang badai, tetapi juga cenderung lebih kuat dan meningkat lebih cepat.

Badai Ian diperkirakan akan menghantam pantai Florida Rabu malam.

(dengan masukan agensi)

Membaca berita terbaru Dan berita terbaru disini