Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bagaimana India mendapat manfaat dari kenetralannya dalam perang Rusia-Ukraina?

Bagaimana India mendapat manfaat dari kenetralannya dalam perang Rusia-Ukraina?

Pembelian India secara strategis menempatkannya di antara Rusia dan aliansi Barat yang mendukung Ukraina, karena hubungan ekonomi global terus terhubung kembali setelah perang.

Amerika Serikat, Eropa, dan negara lain memberlakukan sanksi komprehensif terhadap Moskow. Dalam upaya untuk merugikan Rusia sambil menjaga stabilitas pasokan global, Barat juga telah memberlakukan batasan harga yang dapat dikenakan Rusia untuk minyaknya.

Minyak yang lebih murah itu telah menemukan pasar baru – termasuk India, yang sekarang membeli hampir 2 juta barel per hari, kira-kira 45 persen dari impornya, menurut Badan Energi Internasional.

Selain mendorong perekonomian India, minyak Rusia yang murah telah memberi India bisnis yang menguntungkan untuk menyuling minyak mentah dan mengekspor produk ke wilayah lain yang tiba-tiba membutuhkan pasokan energi baru. Ini termasuk Uni Eropa, yang telah melarang pembelian minyak langsung dari Rusia.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, telah mengambil sikap netral terhadap konflik di Ukraina. Hukum keseimbangan negara akan menjadi fokus minggu ini, karena Mr Modi melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke AS.

Para pemimpin negara bagian akan bertemu Kamis untuk membahas kemitraan baru dalam pertahanan, energi bersih, dan ruang angkasa, dalam upaya memperkuat apa yang oleh pemerintahan Biden disebut sebagai “salah satu hubungan terpenting kita.” Pembicaraan itu kemungkinan akan menyentuh perampingan hubungan India dengan Rusia, yang mencakup kemitraan pertahanan dan energi.

Hanya dalam waktu satu tahun, India telah beralih dari hampir tidak membeli minyak Rusia menjadi membeli sekitar setengah dari apa yang diekspor negara itu melalui laut.

Ke mana tujuan ekspor minyak lintas laut Rusia?



Rusia menginvasi Ukraina

51%

31%

16%

2%

Eropa

negara-negara lain

India

Cina

Grafik yang menunjukkan negara tujuan ekspor minyak Rusia melalui laut, menunjukkan peningkatan tajam pangsa ekspor yang ditujukan ke India setelah invasi Rusia ke Ukraina.

sumber: Kepler

Catatan: Data hingga Mei 2023.


Rusia adalah produsen minyak terbesar ketiga di dunia. sebagian minyak ini Itu diekspor melalui pipaTujuannya tidak dapat diubah tanpa investasi besar. Tapi kapal tanker yang membawa minyak melintasi lautan bisa lebih mudah diarahkan, seringkali ke China dan India, yang bersama-sama membeli hampir 80 persen ekspor minyak mentah lintas laut Rusia pada Mei.

Cina dan India sekarang membeli minyak Rusia sebanyak Moskow Jual lebih banyak minyak mentah daripada sebelum invasi ke Ukraina. Pada saat yang sama, harga yang lebih rendah berarti pemerintah Rusia sama mencapai pengembalian yang lebih rendah pada perdagangan minyak.

Alasan penurunan harga minyak sangat kompleks, dan para ahli memperdebatkan apakah itu karena batas atas harga di Barat, atau hanya sebagai akibat dari melambatnya permintaan global. Either way, India menemukan cara untuk mengambil keuntungan dari situasi tersebut.

Berapa yang dibayar India untuk minyak mentah Rusia?



sebelum invasi RusiaSebagian besar minyak India yang diimpor berasal dari Timur Tengah. Tarif pengiriman berfluktuasi berdasarkan kondisi pasar global.

Begitu pertarungan dimulaibanjir minyak mentah Rusia telah mulai mengalir masuk — seringkali dengan biaya yang jauh lebih rendah — menurut analisis data pengiriman dan pasar New York Times dari Kpler dan Argus Media, perusahaan riset komoditas.

Ada sekitar 357 pengiriman Sembilan bulan antara invasi Rusia ke Ukraina dan penetapan batas hargaAnalisis waktu menunjukkan. Harga rata-rata per barel dari Rusia adalah $78.

Setelah batas hargaDitetapkan pada $60, pengiriman dipercepat. Harga rata-rata minyak Rusia turun menjadi $51 per barel – menghemat miliaran pembeli.

Grafik yang menunjukkan pengiriman kapal tanker minyak individual ke India dari Rusia dan Timur Tengah, dengan sumbu x adalah waktu, dan sumbu y adalah harga.

Sumber: Pengiriman data dari Kpler. Data harga dari Argus Media.

Catatan: Data hingga Mei 2023. Hanya pengiriman minyak mentah dari Timur Tengah dan Rusia yang ditampilkan, tetapi merupakan pengiriman terbesar selama periode waktu ini.


Sebagian besar minyak mentah yang masuk ke India dari Rusia tiba di pelabuhan dekat Jamnagar di Gujarat dan disalurkan ke kilang terdekat.

Kilang Jamnagar milik Reliance Industries merupakan yang terbesar di dunia dengan kapasitas mengolah lebih dari 1,2 juta barel per hari. Mukesh Ambani mengendalikan Reliance, pengusaha paling kuat di India dan mitra strategis pemerintahan Mr. Modi.

Kilang terbesar kedua di India berjarak kurang dari 10 mil: kompleks Vadinar milik Nayara Energy. Nayyara dimiliki setengah oleh Rosneft, perusahaan minyak negara Rusia; Grup investasi Rusia memiliki saham di separuh lainnya.

Jadi, saat perdagangan tumbuh di wilayah ini, perusahaan Rusia — dan selanjutnya Moskow — menuai beberapa keuntungan.

Pengiriman minyak mentah Rusia di Teluk Kutch tahun ini

Total barel dikirim hingga Mei 2023.


Peta Teluk Kutch menunjukkan terminal minyak utama dan kilang minyak, dan berapa barel minyak mentah Rusia yang sampai di sana dari Januari hingga Mei 2023.

Sumber: Citra satelit oleh Copernicus. Data melalui Kpler.

Catatan: Jalur pipa dan batas kilang merupakan perkiraan.


Beberapa dari apa yang diproses di situs ini digunakan secara lokal. Tetapi semakin banyak yang diarahkan ke pasar global, dimulai dengan Asia Tenggara, Afrika dan – semakin – Eropa dan Amerika Serikat. India menjual semua produk ini dengan harga pasar, menghasilkan pendapatan bagi perusahaannya dan meningkatkan cadangan devisa negara dalam dolar dan euro.

Diterbitkan oleh Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih, sebuah kelompok penelitian yang berbasis di Finlandia laporan pada bulan April Itu menyoroti peran beberapa negara “penatu”, yang membeli minyak Rusia, memurnikannya menjadi produk lain dan menjualnya ke pembeli di Eropa, Amerika Serikat, dan yurisdiksi lain yang telah menghentikan pembelian langsung dari Rusia.

Di antara negara-negara yang disebutkan dalam laporan tersebut adalah India, serta China, Turki, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

Pelabuhan Sikka, yang melayani kilang Jamnagar, adalah titik impor global terbesar untuk minyak mentah Rusia melalui laut dan satu-satunya titik ekspor minyak terbesar ke negara-negara yang memberlakukan batas tersebut, kata laporan itu. Dari Desember hingga Februari, kilang mengekspor hampir $3 miliar produk olahan ke negara-negara yang mematuhi batas harga.

Ke mana perginya produk minyak India lintas laut?



Rusia menginvasi Ukraina

22%

45%

33%

negara-negara lain

Timur Tengah dan Asia

Eropa

Sebuah grafik yang menunjukkan negara-negara tujuan untuk ekspor produk minyak bumi melalui laut India menunjukkan peningkatan moderat dalam pangsa ekspor yang ditujukan ke Eropa sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Sumber: Kpler

Catatan: Data hingga Mei 2023.


India menolak gagasan bahwa mereka mencoba mengambil keuntungan dari sanksi perang.

Menjelang India menjadi tuan rumah KTT G20 pertamanya pada bulan September, para diplomat negara itu telah bekerja keras untuk menyeimbangkan keprihatinan Uni Eropa, Amerika Serikat, China, Rusia, dan anggota lainnya.

Namun prioritas pertama pemerintah Modi tampaknya adalah membuat India, yang baru-baru ini mengambil alih China sebagai negara terpadat di dunia, lebih mandiri. Dalam praktiknya, ini berarti mengejar kepentingannya sendiri tanpa mempedulikan keluhan mitranya.

Pada bulan Desember, Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar di Parlemen tentang keputusan India untuk membeli minyak mentah Rusia. “Ini adalah kebijakan yang masuk akal untuk pergi ke tempat kami mendapatkan kesepakatan terbaik untuk kepentingan rakyat India,” katanya. “Jika tuduhan Anda adalah bahwa posisi kami adalah mengutamakan kepentingan publik India, saya mengaku bersalah.”

metodologi

Jalur kapal

Data lokasi kapal tanker disediakan oleh Cinemaxsebuah perusahaan analitik data satelit, menggunakan dua platform pelacakan komoditas, Sebuah Dan Leviaton AI. Dengan menggunakan data ini, The Times dapat memetakan rute yang diambil oleh kapal yang meninggalkan Rusia antara Januari dan Mei pada tahun 2021 dan 2023.

Dengan membandingkan data rute dengan lokasi pelabuhan yang diketahui yang dipublikasikan di Indeks Pelabuhan DuniaThe Times menghitung kapan sebuah kapal berhenti di pelabuhan tertentu. Data tersebut telah disaring lebih lanjut untuk menunjukkan kapal mana yang telah meninggalkan perairan Rusia dan langsung menuju ke pelabuhan India.

Harga minyak mentah

The Times menganalisis data pengiriman minyak dari Kepler, sebuah perusahaan yang melacak perdagangan global, untuk melihat seberapa banyak minyak mentah Rusia mengalir ke India. Dengan menggunakan tanggal keberangkatan setiap pengapalan, The Times membandingkan jenis minyak mentah yang mengalir ke India dengan data harga yang sesuai dari Media ArgusPerusahaan riset komoditas.

Bergantung pada harga yang ditetapkan di pelabuhan keberangkatan, pembeli minyak India mungkin telah menghemat $5,8 miliar hingga $14,7 miliar. Data harga keberangkatan tidak termasuk biaya pengangkutan dan asuransi yang harus dibayar pembeli untuk mendapatkan minyak mentah ke tujuan akhir, sehingga penghematan total mungkin tidak sebesar itu.

Misalnya, minyak mentah Ural Rusia dihargai rata-rata $65 per barel pada bulan Mei saat dikirim ke pelabuhan di India barat, dibandingkan dengan $50 saat dihargai di pelabuhan keberangkatan di Rusia.

Sumber tambahan

Victoria Grabenwöger, Analis Minyak Mentah di Kpler; Dror Guzman, Insinyur Perangkat Lunak Utama di Synmax; dan Seana Lanigan, Kepala Hubungan Media di Argus Media

READ  Hamas menerbitkan video propaganda sandera Israel-Amerika Hersh Goldberg Pauline sebagai bukti bahwa dia masih hidup berita Dunia