Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Berliner Festspiele dan HKW: perubahan di atas institusi budaya penting

Direktur Festival BerlinThomas Oberender, hanya akan bertahan sampai akhir tahun. Berliner Festspiele mengumumkan Rabu malam bahwa mereka telah memberi tahu Dewan Pengawas Acara Budaya Federal Berlin (KBB) bahwa ia tidak akan lagi menjabat sebagai manajer umum dan direktur artistik KBB festival setelah kontraknya saat ini berakhir pada 31 Desember. . “Karena itu dia meminta untuk mengakhiri kontraknya, yang diperpanjang selama lima tahun pada November 2020.” Oberender, 55, ingin beralih ke tugas dan tantangan baru, kata surat itu.

Juru bicara Oberender Claudia Nola mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa dia tidak akan mengambil kontrak baru, yang akan berlaku mulai 1 Januari 2022, tetapi akan berhenti di festival ketika kontrak saat ini berakhir. Itu adalah keputusan pribadi. Itu tidak memberikan informasi apa pun tentang alasan untuk itu. Oberender telah mengetuai Yayasan Federal sejak 2012. Bertanggung jawab atas Festival Berliner termasuk pameran dan acara di Gropius-Bau serta Teater Triffin, Musik Myers, Musicfest Berlin dan Gazfest Berlin.

Ketua Dewan Pengawas KBB, Sekretaris Negara Monika Grütters berterima kasih kepada Oberender dan menyatakan bahwa dia telah menjadikan festival ini sebagai pameran budaya federal yang inovatif. Melalui start-up seperti Tanztrifen der Jugend Series atau Immersion Program Series dan Palest der Republic Project, ia telah menciptakan format inovatif.

Festival Berliner adalah divisi dari Acara Budaya Federal Berlin (KBB) GmbH dan didanai oleh Komisioner Kebudayaan dan Media Pemerintah Federal. Keberangkatan awal Oberender bukan satu-satunya perubahan yang harus dilaporkan KBB pada hari Rabu. juga aktif Rumah Budaya Dunia (HKW) Akan ada perubahan di atas: Dewan Pengawas Bonaventura KBB mengangkat Soh Bejeng Ndikung sebagai direktur HKW yang baru. Dia akan mengambil alih posisi itu pada 1 Januari 2023 dari Bernd M Scherer.

READ  Meret Becker dan Ken Duken di video # Pembuatan semua penyegelan: Aksi Mundur

“Rumah Kompleksitas”

Grütters memuji Bonaventure Ndikung sebagai “keberuntungan yang nyata”: “Dia sangat terhubung, dengan latar belakang ilmiah dan hasratnya terhadap seni, sehingga dia benar-benar bertekad untuk mengembangkan institusi unik ini di Eropa. jadi, dia bisa membangun fondasi kuat yang dibangun Bernd Scherer bersama timnya.”

Ndekong, lahir pada tahun 1977 di Yaounde, Kamerun, meraih gelar PhD di bidang Bioteknologi dan merupakan Profesor di Kursus Strategi Tata Ruang di Akademi Seni Weißensee, Berlin. Dia adalah Kurator Senior Dokumen 14 di Athena dan Kassel, serta Kurator Tamu Dak’Art – Biennale of Contemporary African Art 2018 di Dakar, Senegal. Sejak tahun 2009 menjabat sebagai Managing Director dan Technical Director di SAVVY Kontemporer, Berlin. Untuk karyanya di sana, Ndekong dianugerahi Order of Merit oleh Negara Bagian Berlin pada Oktober 2020.

Mengomentari pengangkatannya, Ndekong mengatakan: “Berlin adalah rumah bagi warga 190 negara, dan orang-orang ini harus berperan dalam desain masa depan rumah budaya dunia, sebagai teman seperjalanan dan rekan pencipta dalam penciptaan rumah kompleksitas, berbagai kesenjangan dunia dan akhirnya rekonsiliasi budaya. Saya merasa terhormat untuk bertanggung jawab membuka jalan menuju masa depan seperti itu.”