Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Blinken akan mengunjungi India pada 28 Juli dan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri | berita Dunia

Menteri Luar Negeri Anthony Blinken akan mengunjungi India untuk pertama kalinya dalam kapasitasnya sebagai diplomat tertinggi AS pada 28 Juli. Blinken dijadwalkan bertemu rekannya S Jaishankar dan Perdana Menteri Narendra Modi, kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pengumuman kunjungan pada hari Jumat.

Secara terpisah mengumumkan kunjungan tersebut, Kementerian Luar Negeri India mengatakan dia juga akan bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Ajit Doval. Kementerian Luar Negeri mengatakan, “Kunjungan Sekretaris Blinken adalah kesempatan untuk melanjutkan dialog bilateral tingkat tinggi dan meningkatkan kemitraan strategis global antara India dan Amerika Serikat. Kedua belah pihak akan meninjau hubungan bilateral yang kuat dan beragam antara India dan Amerika Serikat. Serikat, dan potensi untuk peningkatan lebih lanjut.”

Blinken terakhir mengunjungi India sebagai wakil menteri luar negeri dalam pemerintahan Obama pada Desember 2015.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken akan mengadakan diskusi tentang “berbagai masalah termasuk kerja sama yang berkelanjutan dalam upaya tanggapan Covid-19, keterlibatan Indo-Pasifik, kepentingan keamanan regional bersama, nilai-nilai demokrasi bersama, dan mengatasi krisis iklim.”

Afghanistan kemungkinan akan menjadi topik utama diskusi karena penarikan pasukan AS, yang akan segera selesai, dapat diikuti dengan kembalinya Taliban ke tampuk kekuasaan.

India mengamati dengan prihatin ekspansi cepat gerakan Taliban di daerah-daerah di bawah kendalinya, yang telah menimbulkan kekhawatiran akan kembalinya kebijakan dan praktik brutal dan reaksionernya. Jaishankar mengulangi keprihatinan New Delhi selama kunjungannya ke Washington, DC pada bulan Mei.

Blinken akan menjadi anggota kedua kabinet Presiden Joe Biden yang mengunjungi India, setelah Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada Maret, yang merupakan bagian dari perjalanan luar negeri pertama oleh pejabat tinggi pemerintahan Biden. Kemudian Blinken pergi ke Korea Selatan dan Jepang, sekutu perjanjian Amerika Serikat.

READ  Jamaat-e-Islami Pakistan Mengumumkan Perayaan Penarikan AS: Laporan | berita Dunia

Kunjungan Blinken ke India terjadi setelah dan sebelum interaksi tingkat tinggi antara kedua belah pihak setelah Biden menjabat sebagai presiden pada Januari.

Perdana Menteri Modi dan Presiden Biden berbicara di telepon dan bertemu secara virtual di KTT pertama para pemimpin Kuartet, yang diselenggarakan Biden pada bulan Maret dan KTT iklim yang diselenggarakan oleh pemimpin AS pada bulan April.

Kedua pemimpin diperkirakan akan bertemu akhir tahun ini untuk pertemuan puncak pribadi para pemimpin Kuartet (Dialog Keamanan Kuartet) yang terdiri dari Australia, Jepang, India dan Amerika Serikat, yang kemungkinan akan berlangsung setelah Oktober, ketika Jepang dijadwalkan untuk diadakan. Pemilihan umum, menurut orang yang akrab dengan diskusi persiapan.

Ada kemungkinan sebelumnya bahwa pertemuan itu akan berlangsung sekitar waktu Sidang Umum PBB ketika para pemimpin kemungkinan berada di Amerika Serikat.

Dapat dimaklumi, pihak Amerika sangat ingin mengadakan KTT itu secara terpisah di Washington, DC, dan ada kemungkinan bahwa Biden akan menjamu para pemimpin dalam retret presiden di luar Washington, DC di Camp David di Maryland.

Diskusi KTT bilateral India-AS juga berlangsung di sela-sela KTT Kuartet.

Tanggal dialog 2+2 berikutnya sedang dibahas antara menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara. Ini akan diselenggarakan oleh Amerika Serikat tahun ini; Pertemuan terakhir diadakan di New Delhi Oktober lalu, ketika Menteri Luar Negeri dan Pertahanan Mike Pompeo dan Mark Esper melakukan perjalanan ke India.

Setelah itu, Blinken akan meninggalkan India menuju Kuwait hanya pada 28 Juli.