SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gelontorkan Rp49,3 M untuk Kawasan Industri

  • Reporter:
  • Selasa, 21 Mei 2019 | 10:39
  • Dibaca : 203 kali
Gelontorkan Rp49,3 M untuk Kawasan Industri
Kantor BP Batam. /DOK SINDO BATAM

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengalokasikan anggaran sebesar Rp49,3 miliar untuk peningkatan infrastruktur di kawasan industri. Ada 10 proyek peningkatan ruas jalan dan jembatan yang akan dikerjakan untuk memperlancar aktivitas dan kegiatan industri di Batam.

Kasubdit Pembangunan Jalan, Jembatan dan Transportasi Masal, Direktorat Pembangunan Prasana dan Sarana BP Batam, Boy Zasmita mengatakan, infrastruktur di sekitar kawasan industri merupakan wilayah kerja BP Batam. Setiap tahun BP Batam mengalokasikan anggaran untuk peningkatan infrastruktur kawasan industri.

“Hal ini dilaksanakan untuk mendorong aktivitas kegiatan industri. Tahun ini ada beberapa yang akan kami kerjakan, sebagian besar sudah selesai lelang,” ujarnya di Gedung Marketing BP Batam, Senin (20/5).

Adapun 10 proyek pekerjaan jalan kawasan industri tersebut di antaranya adalah pembangunan jalan kolektor Kawasan Industri Kabil dari PT Musim Mas menuju Jalan Hang Kesturi yang akan mulai dikerjakan dalam waktu dekat ini. Pekerjaan akan dilaksanakan oleh PT Barelang Kontruksi dengan nilai kontrak Rp7,5 miliar dan lama pekerjaanya ditargetkan selesai selama enam bulan.

Kemudian, pembangunan jalan kolektor dan jembatan di Kawasan Industri Sekupang menuju Kawasan Britoil Tahap I, saat ini, kata Boy masih dalam tahap penyusunan dokumen tender dengan nilai pagu Rp10,7 miliar. Selanjutnya adalah pembangunan jalur ke 2 Jalan Kawasan Industri Batam Centre depan Kawasan Industri Tunas 2, yang akan dilaksanakan oleh PT Cipta Cakrawala Teknik dengan nilai kontraknya Rp6,9 miliar.

“Lama pelaksanaanya juga ditargetkan selama enam bulan. Karena jalan di depan kawasan ini cukup padat, jadi kami harapkan bisa mengurai kemacetan di sana,” katanya.

Boy menjelaskan, BP Batam juga akan melakukan pembangunan dan peningkatan jalan Kawasan Industri Tanjunguncang Tahap 2 dan Kawasan Industri Pelabuhan Sagulung. Proyek tersebut dimenangkan oleh PT Multi Sindo Internasional dengan nilai kontrak Rp3,4 miliar dan PT Belantara Karyatama dengan nilai kontraknya Rp2,9 miliar. Selain itu juga peningkatan jalan Kawasan Industri Sei Lekop Tahap 2 yang dikerjakan oleh PT Cipta Cakrawala Teknik dengan nilai kontrak 2,8 miliar.

“Kemudian juga perbaikan jalan Kawasan Industri Sintai Tanjunguncang. Anggaranya Rp4,1 miliar dan tendernya dimenangkan oleh PT Rufiyando Humbang Persada,” jelasnya.

Selain itu, BP Batam juga akan melakukan penigkatan drainase utama di kawasan Perumahan Tiban Koperasi Segmen A, C dan D dengan anggaranya Rp1,7 miliar yang akan dikerjakan oleh CV Anugrah Sakti. Kemudian juga Segmen B yang saat ini masih dalam tahap sosialisasi pekerjaannya di lapangan dengan nilai pagu anggaranya sekitar Rp1,1 miliar.

“Tahun ini kami juga akan melakukan perbaikan underpass Pelita Tahap I, saat ini masih dalam penyusunan dokumen dan nilai pagunya Rp6,4 miliar,” katanya.
ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com