Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

India memperingati Idul Fitri besok dengan penampakan bulan sabit Syawal.  Perayaan di Arab Saudi dan Qatar

India memperingati Idul Fitri besok dengan penampakan bulan sabit Syawal. Perayaan di Arab Saudi dan Qatar

Mufti Makram Ahmed, imam Masjid Fatehpuri, melaporkan bahwa komite masjid telah menghubungi berbagai situs dan menerima laporan bahwa bulan telah terlihat di beberapa tempat, menurut PTI. Di tengah semangat keagamaan, doa ‘Jumma Tul Veda’ dilakukan di seluruh Kashmir, termasuk di Masjid Jama yang bersejarah di Srinagar, pada Jumat terakhir Ramadhan. Uttar Pradesh telah melarang acara keagamaan di jalan dan juga meningkatkan langkah-langkah keamanan karena populasi Muslim menawarkan “Alveda Namaz”. Sementara banyak negara, termasuk Mesir dan Kuwait, merayakan Idul Fitri hari ini, India merayakan Idul Fitri besok. Namun, pemerintah Kerala telah mengumumkan hari libur untuk kedua hari tersebut.

Sementara itu, Polisi Lalu Lintas Hyderabad mengeluarkan peringatan untuk sholat Idul Fitri di Mir Alam Eidgah dan lapangan hoki di Musab Tank. Jalan memutar tertentu diberlakukan antara pukul 08.00 dan 11.30. Di Pune, pembatasan lalu lintas akan diberlakukan mulai pukul 06.00 pada hari Sabtu dan akan tetap berlaku hingga akhir Idul Fitri. Menurut cabang kontrol lalu lintas kota, perubahan tersebut terutama akan berlaku untuk shalat yang diadakan di Gulibar Maidan dan di distrik Kondhwa.

Pada hari Kamis, Kerajaan Arab Saudi secara resmi mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri akan jatuh besok, Jumat. Dengan berakhirnya masa puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia bersiap merayakan Idul Fitri tahun 2023. Di India, menurut para cendekiawan Muslim, termasuk Presiden Negara Indo- Persatuan Muslim (IUML) Syed Sadiq Ali Shihab Thangal akan merayakan Idul Fitri pada 22 April, karena bulan sabit, yang menandai akhir Ramadhan, tidak terlihat pada hari Kamis.

Tanggal pasti festival ditentukan dengan melihat bulan, dan diharapkan dimulai pada hari Jumat 21 April atau Sabtu 22 April. Setelah tidak sempat melihat hilal Syawal di Australia, Singapura, Indonesia, dan Malaysia, Brunei menegaskan bahwa 22 April adalah hari pertama Idul Fitri. Muslim di banyak negara, termasuk Timur Tengah, Barat dan Inggris, mempersiapkan perayaan Chand Raat saat mereka mencari bulan sabit pada Kamis malam.

READ  Pada tahun 2021, lebih dari 1,6 ribu orang India melepaskan kewarganegaraan

Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengimbau seluruh umat Islam di negara itu untuk mencari hilal Syawal pada malam 20 April 2023, bertepatan dengan 29 Ramadhan tahun 1444 H. Menurut keterangan resmi, orang-orang yang melihat bulan Syawal dengan mata telanjang atau teropong diharuskan datang ke pengadilan terdekat dan mencatat kesaksian mereka.

Seorang ahli astronomi di 13 negara Arab menjelaskan bahwa bulan sabit Syawal tidak dapat dilihat pada tanggal 20 April di wilayah Arab dan Islam, menurut Khaleej Times. Namun, para astronom masih belum yakin melihat hilal Idul Fitri pada 20 April, dengan perbedaan pendapat tentang sejauh mana jarak pandangnya. International Center for Astronomy menegaskan bahwa tanggal pasti Idul Fitri dipengaruhi oleh sejumlah faktor, antara lain pertimbangan yurisprudensi dan keilmuan.

Idul Fitri dirayakan pada hari pertama bulan Syawal, dan umat Islam di seluruh dunia mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena telah memberi mereka kesehatan dan daya tahan yang baik selama periode puasa yang dikenal sebagai Ramadhan atau Ramadan.

Idul Fitri adalah acara penting bagi umat Islam di seluruh dunia karena menandai akhir bulan suci Ramadhan, di mana mereka berpuasa. Istilah “Idul Fitri” diterjemahkan menjadi “hari raya berbuka puasa”.

Selama Idul Fitri, orang mengenakan pakaian baru, menyiapkan hidangan lezat, berpartisipasi dalam kegiatan amal, dan mengunjungi orang yang mereka cintai untuk merayakan acara tersebut.

Tanggal Idul Fitri

Menurut tradisi Islam, diyakini secara luas bahwa Nabi Muhammad menerima wahyu pertama Al-Qur’an selama bulan Ramadhan. Idul Fitri menandai kesimpulan dari puasa harian fajar hingga senja sepanjang Ramadhan dan menandai awal Syawal. Merayakan Idul Fitri merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kekuatan dan ketabahan untuk menjalankan kebiasaan puasa sepanjang bulan Ramadhan.

READ  Suara telah diberikan, jajak pendapat ditutup, apa peluang Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris?

Dalam Islam, diyakini secara luas bahwa perbuatan baik dihargai sepuluh kali lipat, dan dengan demikian, puasa Ramadhan selama 30 hari dipandang sebagai cara untuk membawa kemakmuran, keharmonisan, dan kedamaian bagi mereka yang merangkul dan mengabdikan diri sepenuhnya pada yang suci ini. bulan. Praktik.

Umat ​​Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri dengan melakukan shalat yang dilanjutkan dengan khutbah sesaat setelah matahari terbit. Dan hari berlanjut dengan para jamaah yang mengenakan baju baru, saling mengucapkan selamat dengan kalimat “Idul Fitri” dan berbagi permen. Anak-anak menerima hadiah dan uang tunai dari orang tua mereka, yang dikenal sebagai edi.

Pesta mewah yang menampilkan berbagai hidangan seperti haleem, kebab, biryani, dan nehari, serta makanan penutup yang menggiurkan seperti sievyan adalah bagian penting dari perayaan tersebut.

(dengan masukan dari lembaga)

Baca semua file Berita terbaru dari India Di Sini