SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kembangkan Potensi Perikanan Natuna

  • Reporter:
  • Rabu, 4 Desember 2019 | 10:19
  • Dibaca : 83 kali
Kembangkan Potensi Perikanan Natuna

NATUNA – Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Natuna menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan agenda penyampaian hasil Kajian Zonasi dan Kelayakan Lahan sebagai bahan rekomendasi dan masukan untuk Pengembangan Kawasan Perikanan Budidaya di Kabupaten Natuna di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Selasa (3/12).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Wan Siswandi, didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna Zakimin serta lima orang Perwakilan Pusat Riset Perikanan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Wan Siswandi mengatakan, sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo untuk Natuna, pembangunan di Natuna diprioritaskan terhadap 5 pilar yakni Kelautan dan Perikanan, Migas, Pariwisata, Pertahanan dan Lingkungan Hidup.

“Sesuai dengan kindisi Geografis Kabupaten Natuna yang 99 persen merupakan laut, maka pengembangan di bidang kelautan dan perikanan sangat perlu diperjuangkan,” paparnya.

Siswandi menambahkan, Kabupaten Natuna yang memiliki potensi yang berada di setiap pulaunya di bidang kelautan dan perikanan. Untuk itu, ia berharap apa yang telah berjalan
di bidang perikanan agar terus di tingkatan.

“Apa lagi dengan dibangunnya SKPT oleh Kementeria Kelautan dan Perikanan semoga ke depan pembangunan sektor perikanan Natuna bisa lebih ditingkatan oleh kementerian kelautan dan perikanan yang baru, guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” tandasnya.

Sementara itu, Perwakilan Pusat Riset Perikanan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Agus Setiawan mengatakan, ada tiga fokus kementerian terhadap daerah di kawasan Kabupaten Natuna yakni memperbaiki komunikasi kepada para nelayan, budidaya perikanan, dan optimalisasi aset-aset perikanan.

“Kabupaten Natuna memiliki potensi perikanan yang sangat luar biasa, namun prospek budidaya perikanan belum optimal. Untuk itu, kami berupaya mengembangkan bibit perikanan yang berkualitas untuk di terapkan di Natuna ini”, paparnya.

Pembahasan ini juga dilanjutkan dengan kajian pemilihan lokasi dan daya dukung perairan untuk budidaya ikan laut oleh Pusat Riset Perikanan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hadir dalam FGD tersebut, Kepala Dinas Perikanan Natuna, Zakimin Yusuf, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Natuna.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com