Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kesepakatan rahasia, rekening tersembunyi, dan kekayaan besar: laporan pedas tentang Vladimir Putin |  berita Dunia

Kesepakatan rahasia, rekening tersembunyi, dan kekayaan besar: laporan pedas tentang Vladimir Putin | berita Dunia

Dokumen yang bocor mengungkapkan jejak keuangan yang menghubungkan mantan pemilik Chelsea Football Club Roman Abramovich dengan dua pria yang dijuluki “gubernur” Presiden Rusia Vladimir Putin. Inggris dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi terhadap Roman Abramovich, tetapi dia sebelumnya membantah adanya hubungan keuangan dengan pemimpin Rusia tersebut. Kini, dokumen yang bocor dari Siprus mengungkap bukti yang mengaitkannya dengan kesepakatan rahasia senilai $40 juta pada tahun 2010.

Presiden Rusia Vladimir Putin (AFP).

Berdasarkan kesepakatan tersebut, saham-saham tersebut dialihkan ke perusahaan periklanan Rusia yang sangat menguntungkan, Video International, dengan harga yang kurang dari nilai yang terlihat, BBC melaporkan. Dana tersebut dikirim dari perusahaan-perusahaan yang pada akhirnya dimiliki oleh dana yang terkait dengan Roman Abramovich kepada dua anggota lingkaran dalam Vladimir Putin. Mereka dilaporkan menerima keuntungan jutaan dolar.

Catatan mengungkapkan bahwa salah satu orang yang terlibat dalam kesepakatan rahasia itu adalah Sergei Roldugin, teman dekat presiden Rusia. Sergei Roldugin adalah direktur artistik Rumah Musik St. Petersburg dan telah mengenal Vladimir Putin sejak masih muda. Orang kedua adalah rekan dekat Vladimir Putin, Alexander Plekhov, seorang ahli biokimia yang menjadi pengusaha.

Keduanya dituduh sebagai “dompet” presiden Rusia, yang diam-diam menyimpan uang dan aset atas namanya.

Awal tahun ini, jaksa penuntut Swiss mengklaim bahwa mereka adalah “manusia jerami” dan bukan pemilik sebenarnya dari aset di rekening bank tersebut. Gaji Vladimir Putin yang dilaporkan pada tahun 2021 hanya di atas $100.000 (£72.700) tetapi dilaporkan bahwa kekayaannya berkisar antara $125 miliar dan $200 miliar.

Mengenai Roman Abramovich, Uni Eropa mengatakan: “Dia memiliki akses istimewa terhadap presiden dan memelihara hubungan yang sangat baik dengannya. Hubungan dengan pemimpin Rusia ini membantunya mempertahankan kekayaannya yang besar.”

READ  Spyware Pegasus digunakan untuk 'mengintip' jurnalis dan aktivis India

Roman Abramovich menantang sanksi UE di pengadilan awal tahun ini, di mana ia mengklaim pembatasan tersebut didorong oleh “karakter” pengusaha Rusia tersebut dan bukan “berdasarkan bukti”.

Berita menarik! Hindustan Times sekarang ada di saluran WhatsApp Berlangganan hari ini dengan mengklik tautan dan ikuti terus berita terbaru! klik disini!

Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.