Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ketegangan di perbatasan Polandia-Belarusia. 10 fakta dan ide penting

Menurut pejabat dan layanan Polandia, video yang mereka posting di media sosial menunjukkan bahwa sekelompok besar imigran telah berkumpul di perbatasan antara Belarus dan Polandia sejak Senin pagi, berusaha melintasi perbatasan dengan paksa. Komite Manajemen Krisis dihadiri oleh Perdana Menteri Mateusz Morawiecki dan Presiden saat itu Andrzej Duda. Sesi tambahan Sejm diadakan pada hari Selasa. Perusahaan dari Uni Eropa, NATO dan Amerika Serikat bereaksi.

Pada Senin pagi, media, terutama pejabat dan layanan Polandia, menyebarkan informasi tentang sekelompok imigran yang berencana melintasi perbatasan Belarusia dengan Polandia di perbatasan Kuznica Pyalostoka-Brusky. Pada siang hari, situasinya memburuk. Kementerian Pertahanan Nasional mengumumkan pada sore hari bahwa upaya besar-besaran untuk melintasi perbatasan telah dihentikan. Berikut adalah 10 hal yang perlu diketahui tentang ketegangan perbatasan. Kami juga ingin mengingatkan Anda bahwa media hanya dapat menggunakan catatan dan informasi resmi pemerintah ketika melaporkan insiden perbatasan. Wartawan tidak diperbolehkan di daerah di bawah Undang-Undang Darurat.

1. Juru Bicara Pemerintah: Ada 3.000-4.000 imigran di dekat perbatasan Polandia. Pernyataan itu muncul setelah Komite Manajemen Krisis pada Senin mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Mateusz Morawiecki dan kemudian Presiden Andrzej Duda.

2. Senin: Imigran mendirikan kemah di daerah Kuźnica. Kementerian Pertahanan mendokumentasikan ini dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial. Ini adalah catatan lain yang dirilis oleh Layanan dan Kementerian Polandia pada hari Senin.

3. Pada Senin malam, Patroli Perbatasan melaporkan situasi di kawasan Kusunika: Kami menunggu apa yang akan terjadi dan kami siap. Polisi mengeluarkan pemberitahuan serupa Pendaftaran malam perbatasan.

4. Marsekal Sejm, Elżbieta Witek, memberikan pidato yang disiarkan televisi pada Senin, 8 November, pukul 8 malam. Karena situasi tegang di perbatasan dengan Belarus. – Upaya terbesar untuk mengetahui pelanggaran ilegal, massal dan kekuasaan terhadap integritas perbatasan timur Polandia dan Uni Eropa dimulai – kata Witek.

5. Selasa, 9 November, sesi khusus Sejm. MIC akan mencari informasi pemerintah tentang masalah ini.

6. Penjaga Perbatasan: Selasa, 9 November, pagi pertama Lalu lintas perbatasan di Kuznica telah ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

7. Ribuan tentara TDF dipanggil ke unit dalam mode darurat sebagai tanggapan atas agresi Belarusia.

8. Pandangan masyarakat internasional. “Kita harus berhenti membahayakan kehidupan rakyat Belarusia.” Ketua Komisi Eropa sedang mencari persetujuan untuk sanksi. Komentar datang dari perwakilan lain dari pejabat Uni Eropa dan markas NATO. Pejabat AS telah menanggapi. Pix Aliu, kepala kedutaan AS di Polandia, mengomentari situasi tegang di perbatasan Polandia-Belarusia. “Rezim Lukashenko membahayakan kehidupan dan kesehatan para imigran,” tulisnya. Di malam hari, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Nate Price berkomentar bahwa Amerika Serikat “sangat mengutuk penggunaan imigran untuk tujuan politik.”

9. Empat peraih Nobel telah mengajukan banding ke Uni Eropa Sehubungan dengan krisis di perbatasan Polandia-Belarusia: jangan berpaling dari tragedi itu.

10. Politisi domestik, termasuk partai oposisi, telah mengomentari masalah ini Dewan Keamanan Nasional menuntut agar presiden bersidang. Pemimpin PO Donald Tusk menyarankan bahwa “NATO harus mempertimbangkan untuk meluncurkan Pasal 4”.

Sumber Foto Utama: 16. Bagian / Twitter Otomatis

READ  Matthew McConaughey memimpin kepala biara Yunani saat ini dalam referendum tentang gubernur Texas