Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lebih dari 1.000 kota di Ukraina kehilangan aliran listrik karena cuaca yang sangat dingin  berita Dunia

Lebih dari 1.000 kota di Ukraina kehilangan aliran listrik karena cuaca yang sangat dingin berita Dunia

Cuaca musim dingin yang parah telah menyebabkan lebih dari 1.000 kota dan desa tanpa listrik di sembilan wilayah, kata operator jaringan listrik Ukraina pada hari Selasa, dan mendesak penduduk untuk menghemat energi karena serangan Rusia melemahkan sistem listrik.

Petugas penyelamat membersihkan puing-puing dari reruntuhan bangunan yang hancur setelah serangan Rusia di Pokrovsk, wilayah Donetsk, Ukraina. (AP)

Operator jaringan listrik Ukrenergo mengatakan konsumsi listrik mencapai tingkat tertinggi pada minggu ini karena suhu turun hingga -15 derajat Celcius di banyak wilayah di negara tersebut.

Tutup tahun lalu dan bersiaplah untuk tahun 2024 dengan HT! klik disini

“Tingkat konsumsi terus meningkat karena penurunan suhu yang signifikan di seluruh negeri,” ujarnya melalui aplikasi pesan Telegram, seraya menambahkan bahwa konsumsi listrik di pagi hari sudah 5,8% lebih tinggi dibandingkan hari sebelumnya.

“Sampai pagi ini karena cuaca buruk dan angin kencang, aliran listrik di 1.025 pemukiman telah terputus.”

Okrnergo mengatakan cuaca menyebabkan kerusakan parah pada jaringan distribusi karena angin kencang, embun beku, dan lapisan es tebal pada peralatan, sehingga menunda pekerjaan perbaikan.

Vitaly Kim, gubernur wilayah selatan Mykolaiv, tempat listrik padam di 215 kota dan desa, mengatakan es pada kabel listrik setebal lebih dari 5 cm.

Okrnergo mengatakan sistem tenaga listrik sudah beroperasi pada kapasitas maksimum, dan menghimbau warga untuk sebisa mungkin menghemat listrik dan menghindari penggunaan banyak peralatan listrik sekaligus untuk membantu sistem mengatasi masalah tersebut.

“Saat ini, listrik cukup untuk memasok seluruh konsumen komersial dan domestik. Namun peningkatan konsumsi yang signifikan akan menimbulkan beban tambahan pada pembangkit listrik, yang sudah beroperasi pada kapasitas maksimum, dan perlu meningkatkan pembangkitannya dengan sangat cepat dan signifikan, dan hal ini dapat berdampak buruk bagi pembangkit listrik. menimbulkan keresahan,” kata Okrinergo.teknologi”.

READ  Apa yang dikatakan Perdana Menteri Inggris NDTV tentang ayah mertuanya yang miliarder ketika dia menjadi anggota parlemen untuk pertama kalinya

Dia menambahkan bahwa Ukraina harus mengimpor listrik dari negara tetangganya, Rumania dan Slovakia untuk dapat memenuhi permintaan tersebut.

Okrynergo mengatakan pembangkit listrik tenaga panas Ukraina masih dalam tahap pemulihan dari serangan besar-besaran Rusia yang terjadi musim dingin lalu, dan pembangkit listrik tenaga surya tidak dapat beroperasi dengan kapasitas penuh karena awan tebal dan kondisi cuaca buruk.

Musim dingin lalu, Rusia menargetkan sistem listrik Ukraina dengan ribuan rudal dan drone, sehingga sering menyebabkan pemadaman listrik bagi jutaan orang.

Pembangkit listrik tenaga panas menyumbang sekitar sepertiga dari total listrik yang diproduksi di Ukraina sebelum perang.

Ukrainergo juga melaporkan kerusakan lebih lanjut pada jaringan listrik di wilayah Donetsk, Kharkiv dan Kherson yang dekat dengan garis depan dan dalam jangkauan tembakan artileri.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang berguna hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.