Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mars Probe NASA: Mengeluarkan Kerikil Mars

Sebelum dan sesudah sampel tabung ketekunan bergetar: GIF animasi menggambarkan permukaan Mars di bawah Perseverance Wagon, menunjukkan hasil bor kawah 15 Januari 2022 untuk menghilangkan pecahan batu berbutir dari salah satu tabung sampel penjelajah. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Tim telah membuat kemajuan yang baik dalam menerapkan langkah-langkah pemulihan awal yang diuraikan minggu lalu. Keberhasilan pertama kami: dua kerikil teratas dikeluarkan dari sirkuit bit selama pengujian. Ini adalah berita bagus, karena serpihan kecil ini diyakini menjadi penyebab gagalnya pemindahan mata bor dan tabung sampel ke korsel lagi pada 29 Desember. Keberhasilan kedua kami: Kami tampaknya telah menghilangkan sebagian besar – jika tidak semua – batuan berongga yang tersisa di 261 tabung sampel.

Berikut adalah yang terbaru…

Giling dalam bit melingkar

Pada hari Senin, 17 Januari, kamera WATSON merekam korsel potongan dan kerikil – dan juga mengambil gambar di bawah rover untuk menentukan apa yang ada di sana sebelum strategi pemulihan diterapkan. Kemudian pada hari Sol yang sama, kami memutar korsel cut-off sekitar 75 derajat sebelum mengembalikannya ke posisi semula. Pencitraan WATSON menunjukkan bahwa dua batu bagian atas telah dikeluarkan selama prosedur. Kami juga menerima Selasa malam kumpulan gambar kedua yang muncul di bawah rover, yang menunjukkan dua kerikil baru di permukaan, yang menunjukkan bahwa kerikil yang dikeluarkan berhasil melewati bit pie dan kembali ke permukaan. Mars Seperti yang direncanakan.

Putar ketekunan korsel

Putar bit melingkar untuk ketekunan: GIF beranotasi menggambarkan uji bit-spin keuletan di mana dua dari empat fragmen batuan dikeluarkan. Lima gambar yang membentuk GIF diperoleh oleh WATSON rover imager pada 17 Januari 2022. Kredit: NASA/JPL-Caltech/MSSS

Dua pasak lainnya, yang terletak di bawah lingkaran kecil, tetap ada. Sangat menarik untuk dicatat bahwa beberapa percobaan awal yang dilakukan pada test bed kami di Bumi menunjukkan bahwa lokasi dua kerikil yang tersisa mungkin tidak terlalu menjadi masalah dalam mengoperasikan bit carousel, tetapi kami terus menganalisis dan menguji untuk mengonfirmasi ini.

READ  Cara menyaksikan gerhana matahari "cincin api" pada hari Kamis

Sampel yang tersisa di dalam tabung

Pada hari Sabtu, 15 Januari, tim melakukan eksperimen menggunakan ketekunan bor putar. Setelah lengan robot mengarahkan auger dengan ujung terbuka tabung sampel 261 pada sudut sekitar 9 derajat di bawah bidang horizontal, sumbu rotasi rover berputar dan kemudian memanjang. Mastcam-Z kami yang luar biasa (yang memiliki kemampuan video yang sebelumnya digunakan untuk mendokumentasikan beberapa perjalanan Ingenuity) merekam aksinya. Gambar dari percobaan menunjukkan sejumlah kecil bahan sampel jatuh dari mata bor/tabung sampel. Kemudian pada hari Sol yang sama, bit ditempatkan tegak lurus dengan ‘Isol’ (batuan yang menyediakan inti terakhir ini) untuk melihat apakah sampel tambahan akan jatuh di bawah pengaruh gaya gravitasi. Namun, pencitraan Mastcam-Z di dalam 261 setelah manuver berikutnya menunjukkan bahwa itu masih berisi beberapa sampel.

Ketekunan menendang pecahan batu

Ketekunan mengeluarkan pecahan batu: Sebagian dari sampel batuan berbutir dikeluarkan dari bor palu putar di atas pesawat ruang angkasa Perseverance NASA di Mars. Gambar dikumpulkan oleh instrumen Mastcam-Z rover pada 15 Januari 2022. Kredit: NASA / JPL-Caltech / ASU / MSSS

Karena beberapa sampel telah hilang, tim memutuskan sudah waktunya untuk mengembalikan sisa sampel ke Mars dan mudah-mudahan mengosongkan tabung sepenuhnya untuk mempersiapkannya untuk upaya pengambilan sampel lainnya. Pada hari Senin, 17 Januari, tim memerintahkan operasi lain dari bor perkusi putar dalam upaya untuk mengeluarkan lebih banyak material dari tabung. Karena ujung tabung yang terbuka masih mengarah ke permukaan, pada dasarnya kita membuangnya selama 208 detik – melalui fungsi tap bor. Gambar Mastcam-Z yang diambil setelah kejadian menunjukkan bahwa beberapa bagian sampel terlempar ke permukaan. Apakah tabung 261 bebas dari sampel batuan? Kami memiliki gambar Mastcam-Z baru yang melihat bagian bawah mata bor dalam wadah sampel yang menunjukkan sedikit, jika ada, serpihan dari sampel batuan berbutir. Tabung sampel dibersihkan untuk digunakan kembali oleh proyek.

Tabung sampel ketekunan terlihat bersih

Sampel tabung ketekunan terlihat bersih: Gambar ini, diambil oleh kamera Mastcam-Z di atas penjelajah Mars NASA pada 20 Januari 2022, menunjukkan bahwa penjelajah tersebut berhasil mengeluarkan sebagian besar sisa batuan kasar dari tabung sampel yang dipasang di bor. Sumber: NASA / JPL-Caltech / ASU / MSSS

gerakan masa depan

Tim masih mengkaji data dan membahas langkah selanjutnya. Seperti semua misi Mars, kami menghadapi beberapa tantangan tak terduga. Setiap kali, tim dan rover kami telah memenuhi kesempatan tersebut. Kami mengharapkan hasil yang sama kali ini – dengan mengambil langkah-langkah tambahan, menganalisis hasil, dan kemudian bergerak maju, kami berencana untuk menyelesaikan tantangan ini sepenuhnya dan kembali ke eksplorasi dan pengambilan sampel di Kawah Jezero.

READ  Mesir tangkap tiga orang yang diduga mendistribusikan ribuan vaksin COVID-19

Ditulis oleh Rick Welch, Wakil Manajer Proyek di NASALaboratorium Penggerak Jet.