Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

NATO akan mengundang Ukraina untuk bergabung “jika persyaratan terpenuhi”: Presiden NATO Jens Stoltenberg

NATO akan mengundang Ukraina untuk bergabung “jika persyaratan terpenuhi”: Presiden NATO Jens Stoltenberg

Tetapi kegagalan untuk melewati janji tahun 2008 tentang keanggotaan di masa depan tampaknya menjadi pukulan telak bagi Zelensky.

Vilnius:

Para pemimpin NATO pada hari Selasa memupus harapan pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menetapkan jadwal yang jelas untuk bergabung dengan aliansi tersebut, dengan mengatakan mereka akan memperpanjang undangan untuk bergabung dengan aliansi hanya ketika “kondisi terpenuhi”.

Dan Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg menegaskan, pada pertemuan puncak 31 negara NATO di Vilnius, bahwa aliansi tersebut tidak pernah menggunakan “bahasa yang lebih keras” untuk mendukung Ukraina dalam perjuangan sengitnya untuk mengalahkan invasi Rusia.

Para pemimpin NATO bersumpah bahwa “masa depan Ukraina ada di NATO” dan mempersingkat proses akhir yang harus dilalui Kiev untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

“Kami akan berada dalam posisi untuk menyampaikan undangan ke Ukraina untuk bergabung dengan aliansi ketika sekutu setuju dan persyaratan terpenuhi,” kata sebuah pernyataan.

Tetapi kegagalan untuk melewati janji tahun 2008 tentang keanggotaan di masa depan tampaknya menjadi pukulan telak bagi Zelensky, yang berada di Vilnius untuk berpidato di hadapan kerumunan pendukung Lituania di alun-alun kota yang penuh sesak menjelang pertemuannya dengan para pemimpin NATO.

“Tampaknya tidak ada keinginan untuk mengundang Ukraina ke NATO atau menjadikannya anggota aliansi,” katanya di Twitter, setelah menerima pemberitahuan terlebih dahulu tentang bahasa hati-hati dalam komunike KTT.

– Kelemahan ketidakpastian –

“Ini berarti ada jendela peluang untuk mengkompromikan keanggotaan Ukraina di NATO dalam negosiasi dengan Rusia. Bagi Rusia, ini berarti insentif untuk melanjutkan terornya,” katanya, menyebutnya “konyol” karena tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan untuk itu. Rusia. undangan.

“Ketidakpastian adalah kelemahan. Dan saya akan membahas ini secara terbuka di KTT,” katanya, bersumpah bahwa keanggotaan Ukraina – jauh dari membuat anggota NATO berkonflik dengan Rusia – akan membuat aliansi lebih kuat dan lebih aman.

READ  RS Al-Shifa Gaza, Seorang Anak Meninggal di Inkubator Akibat Penghentian Operasi Bahan Bakar, Israel Bom Rumah Sakit Gaza

Saat Zelensky berbicara, Moskow meningkatkan tekanan pada para pemimpin NATO yang berkumpul di Vilnius, mengklaim bahwa pasukannya telah maju sejauh 1,5 kilometer (lebih dari satu mil) melintasi bagian Front Timur selebar dua kilometer.

Jika dikonfirmasi, itu akan membawa mereka lebih dekat ke pusat kereta api Liman, sebuah kota di wilayah Donbass di timur negara itu. Itu ditangkap oleh pasukan Rusia tahun lalu hanya untuk dibebaskan oleh Ukraina dalam serangan balasan Oktober 2022.

Menyadari kekecewaan Zelensky atas harapannya untuk jadwal keanggotaan, para pejabat Barat menekankan bahwa akan ada paket proposal dukungan yang lebih luas yang dirancang untuk memberi Ukraina keunggulan militer atas penyerbu.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan bahwa Kelompok Tujuh negara industri besar akan membuat deklarasi dukungan jangka panjang untuk mulai bekerja setelah “perdamaian tercapai”. Diharapkan akan diumumkan pada hari Rabu setelah kesimpulan dari KTT NATO.

Dalam waktu dekat, Berlin menjanjikan tambahan 700 juta euro ($771 juta) bantuan militer ke Kiev.

Bantuan baru tersebut mencakup dua peluncur sistem rudal Patriot, 40 kendaraan tempur infanteri Mardier lainnya, dan 25 tank Leopard 1.

Presiden Emmanuel Macron juga mengatakan bahwa Prancis bergabung dengan Inggris dalam menyediakan rudal jelajah jarak jauh atau rudal Storm Shadow untuk memungkinkan Ukraina menyerang sasaran Rusia jauh di garis depan.

Denmark dan Belanda mengatakan aliansi 11 negara akan mulai melatih pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16 bulan depan, dengan pusat pelatihan baru didirikan di Rumania.

– Peningkatan pengeluaran pertahanan –

Sementara negara-negara Eropa timur telah mendesak batas waktu yang jelas untuk mengizinkan Kiev bergabung, Amerika Serikat dan Jerman enggan membatalkan janji sebelumnya untuk suatu hari menjadi anggota.

READ  COVID-19 tidak memiliki nenek moyang alami yang dapat diandalkan, COVID-19 diciptakan oleh ilmuwan Cina di laboratorium Wuhan: sebuah studi baru

Biden, yang akan bertemu Zelensky pada hari Rabu, mengatakan tidak ada kesepakatan untuk memberikan keanggotaan ke Kiev saat perang dengan Rusia berkecamuk, karena hal ini dapat menarik NATO langsung ke dalam konflik.

Perang terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II telah mendorong NATO untuk melakukan perombakan pertahanan paling komprehensif sejak akhir Perang Dingin.

Para pemimpin sekutu menandatangani rencana regional baru untuk menjaga dari kemungkinan serangan Rusia dan mendukung peningkatan target pembelanjaan pertahanan.

Mereka sepakat bahwa tujuan mereka menghabiskan 2% dari produk nasional mereka untuk pertahanan akan menjadi minimum.

“Kami melakukannya dengan pemahaman bahwa lebih banyak hal yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kewajiban kami sebagai sekutu NATO secara berkelanjutan,” bunyi pernyataan KTT tersebut.

“Kami menekankan bahwa dalam banyak kasus, pengeluaran lebih dari 2 persen dari PDB akan diperlukan untuk mengatasi kekurangan saat ini dan memenuhi persyaratan.”

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)