SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Natuna Kaji Pemekaran Tiga Kecamatan

  • Reporter:
  • Senin, 25 November 2019 | 14:34
  • Dibaca : 87 kali
Natuna Kaji Pemekaran Tiga Kecamatan
ilustrasi

NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna tengah memproses pemekaran tiga kecamatan. Ketiga kecamatan yang akan dibentuk itu meliputi Kecamatan Sungai Ulu, Kecamatan Seluan dan Kecamatan Pulau Panjang.

Pembentukan kecamatan baru ini dilaksanakan melalui mekanisme pemekaran kecamatan, yang mana Kecamatan Sungai Ulu akan dimekarkan dari Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Seluan dari Kecamatan Bunguran Utara dan Pulau Panjang dari Kecamatan Subi.

“Satu tahapan sudah rampung (rapat hasil kajian akademis yang dilakukan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang). Proses ini akan terus berlanjut,” kata Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi di Natuna.

Menurutnya, pemekaran kecamatan ini penting untuk memperpendek rentang kendali dan memperlancar proses layanan masyarakat di seluruh penjuru daerah.

“Sehingga laju pembangunan strategis yang digalakkan pemerintah dapat terlaksana secara maksimal,” jelas Siswandi.

Ia juga memaparkan kendala pemekaran kecamatan tersebut. Ia menyatakan kendala utama yang menghalangi pelaksanaan kegiatan itu adalah ketiadaan anggaran. Hal ini dinilainya jadi kendala pokok pemekaran tiga kecamatan dimaksud.

“Cuma selain adanya kendala-kendala administratif dan prasyarat lainnya seperti jumlah desa dan populasi penduduk yang masih kurang, kendala utamanya juga dari segi anggaran. Bahkan segi anggaran ini yang jadi kendala utama,” sebutnya.

Namun demikian ia mengaku proses itu tetap berjalan apapun kendalanya, apalagi saat ini kajian akademisnya sudah keluar sehingga prosesnya tidak boleh stagnan.

“Tapi ini harus tetap jalan. Hasil kajiannya sudah ada, nanti ini jadi salah satu panduan kita untuk melengkapi kekurangan yang ada. Kami berharap ini tidak mandeg,” katanya.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com