Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Olahraga lebih efektif daripada konseling atau pengobatan untuk depresi

Olahraga lebih efektif daripada konseling atau pengobatan untuk depresi

ringkasan: Olahraga adalah cara yang efektif untuk membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan mental termasuk depresi dan kecemasan. Nyatanya, olahraga bisa lebih efektif daripada pengobatan dan konseling untuk depresi.

sumber: Percakapan

Dunia saat ini sedang mengalami krisis kesehatan mental, dengan jutaan orang melaporkan depresi, kecemasan, dan kondisi kesehatan mental lainnya. berdasarkan perkiraan terbaruHampir setengah dari semua orang Australia akan menderita gangguan kesehatan mental pada suatu saat dalam hidup mereka.

Gangguan kesehatan mental sangat merugikan individu dan masyarakat, dengan depresi dan kecemasan menjadi salah satu penyebab utamanya D. berhubungan dengan kesehatanbeban beban. Pandemi COVID memperburuk situasi, dengan meroketnya tingkat tekanan psikologis yang memengaruhi sepertiga orang.

Perawatan konvensional seperti terapi dan obat-obatan bisa efektif, begitu juga dengan perawatan kita Pencarian baru Ini menyoroti pentingnya olahraga dalam mengelola kondisi ini.

Studi terbaru kami diterbitkan di Jurnal Kedokteran Olahraga Inggris Ini meninjau lebih dari 1.000 percobaan penelitian yang meneliti efek aktivitas fisik terhadap depresi, kecemasan, dan tekanan psikologis. Telah terbukti bahwa olahraga adalah cara yang efektif untuk mengatasi masalah kesehatan mental – dan bisa lebih efektif daripada pengobatan atau konseling.

Lebih keras, lebih cepat, lebih kuat

Kami meninjau 97 makalah ulasan, termasuk 1.039 uji coba dan 128.119 peserta. Kami menemukan bahwa melakukan 150 menit setiap minggu dengan berbagai jenis aktivitas fisik (seperti jalan cepat, angkat beban, dan yoga) secara signifikan mengurangi depresi, kecemasan, dan tekanan psikologis, dibandingkan dengan perawatan biasa (seperti pengobatan).

Peningkatan terbesar (seperti yang dilaporkan sendiri oleh peserta) terlihat pada orang dengan depresi, HIV, penyakit ginjal, wanita hamil dan pascapersalinan, dan orang sehat, walaupun manfaat yang jelas terlihat untuk seluruh populasi.

READ  Sebuah sinyal radio berjarak 9 miliar tahun cahaya: apa artinya dan dari mana asalnya

Kami menemukan bahwa semakin tinggi intensitas latihan, semakin besar manfaatnya. Misalnya, berjalan dengan langkah cepat, bukan berjalan dengan kecepatan normal. Berolahraga selama enam hingga 12 minggu memiliki manfaat paling banyak, bukan untuk waktu yang lebih singkat. Olahraga jangka panjang penting untuk menjaga peningkatan kesehatan mental.

Seberapa jauh lebih efektif?

Saat membandingkan besarnya manfaat olahraga dengan perawatan umum lainnya untuk kondisi kesehatan mental dari tinjauan sistematis sebelumnya, hasil kami menunjukkan bahwa olahraga sekitar 1,5 kali lebih efektif daripada keduanya. obat atau Terapi perilaku kognitif.

Selain itu, olahraga memiliki manfaat tambahan dibandingkan dengan pengobatan, seperti biaya rendahlebih sedikit Efek samping dan menawarkan hadiah tambahan kesehatan fisikseperti peningkatan berat badan, peningkatan kesehatan jantung dan tulang, dan manfaat kognitif.

Mengapa ini berhasil

Olahraga diperkirakan memengaruhi kesehatan mental melalui berbagai jalur, dengan efek jangka pendek dan panjang. Segera setelah berolahraga, endorfin dan dopamin dilepaskan ke dalam tubuh otak.

Dalam jangka pendek, ini membantu meningkatkan mood dan penyangga tekanan. Dalam jangka panjang, pelepasan neurotransmiter sebagai respons terhadap olahraga Mempromosikan perubahan di otak Itu membantu suasana hati dan kognisi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi kekebalan, yang semuanya memengaruhi fungsi otak dan kesehatan mental.

Sementara perawatan konvensional seperti terapi dan pengobatan bisa efektif, penelitian baru kami menyoroti pentingnya olahraga dalam mengelola kondisi ini. Gambar berada di domain publik

Olahraga teratur dapat menyebabkan: Tingkatkan tidurYang memainkan peran penting dalam depresi dan kecemasan. Ini juga memiliki manfaat psikologis, mis Peningkatan harga diri dan rasa pencapaianSemuanya bermanfaat bagi penderita depresi.

Bukan pengobatan “alternatif” seperti itu.

Temuan ini menggarisbawahi peran penting olahraga dalam mengelola depresi, kecemasan, dan tekanan psikologis.

Lihat juga

Ini menunjukkan lebah mengumpulkan serbuk sari

Beberapa pedoman klinis sudah mengakui peran olahraga – misalnya, Pedoman klinis Australia dan Selandia BaruMenyarankan obat-obatan, psikoterapi, dan perubahan gaya hidup seperti olahraga.

READ  Pesawat ruang angkasa Juno mengambil citra inframerah bercahaya dari bulan Jupiter, Io

Namun, badan-badan terkemuka lainnya, seperti Pedoman praktik klinis dari American Psychological Association, menekankan pengobatan dan psikoterapi saja, dan mencantumkan olahraga sebagai pengobatan “alternatif” — di kelas yang sama dengan akupunktur. Sementara label “alternatif” dapat berarti banyak hal dalam hal pengobatan, hal itu cenderung menyiratkan bahwa itu berada di luar pengobatan konvensional, atau tidak memiliki dasar bukti yang jelas. Tak satu pun dari hal-hal ini benar dalam hal olahraga untuk kesehatan mental.

bahkan di australia, obat Dan Psikoterapi Mereka cenderung lebih umum daripada latihan. Ini mungkin karena olahraga sulit untuk diresepkan dan dipantau dalam pengaturan klinis. Pasien mungkin resisten karena mereka merasa kekurangan energi atau motivasi.

Tapi jangan “pergi sendiri”

Penting untuk dicatat bahwa meskipun olahraga dapat menjadi alat yang efektif untuk mengelola kondisi kesehatan mental, orang dengan kondisi kesehatan mental harus bekerja sama dengan profesional kesehatan untuk mengembangkan rencana perawatan yang komprehensif — daripada melakukannya sendiri dengan rejimen olahraga baru.

Sebuah rencana perawatan dapat mencakup kombinasi pendekatan gaya hidup, seperti berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang, dan bersosialisasi, bersamaan dengan perawatan seperti psikoterapi dan pengobatan.

Tetapi olahraga tidak boleh dilihat sebagai pilihan yang “menyenangkan”. Ini adalah alat yang ampuh dan dapat diakses untuk mengelola kondisi kesehatan mental – dan bagian terbaiknya adalah gratis dan dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan tambahan.

Tentang latihan ini dan berita penelitian depresi

pengarang: Ben SinghDan Carol MaherDan Jacinta Brinsley
sumber: Percakapan
komunikasi: Ben Singh, Carol Maher, dan Jacinta Brinsley – Percakapan
gambar: Gambar berada di domain publik