Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Para ilmuwan kagum dengan struktur misterius yang ditemukan di Bima Sakti

Para ilmuwan kagum dengan struktur misterius yang ditemukan di Bima Sakti

Perkiraan waktu membaca: 4-5 menit

ATLANTA – Tim ahli astrofisika internasional telah menemukan ratusan struktur misterius di pusat galaksi Bima Sakti.

Filamen kosmik satu dimensi ini adalah ratusan filamen horizontal atau radial – benda gas bercahaya yang ramping dan panjang yang kemungkinan berasal beberapa juta tahun yang lalu ketika aliran keluar dari Sagitarius A*, lubang hitam supermasif pusat Bima Sakti, bertabrakan dengan materi di sekitarnya, Demikian. ke Sebuah studi yang diterbitkan pada hari Jumat Dalam Surat Jurnal Astrofisika. Panjang utasnya relatif pendek, masing-masing dari 5 hingga 10 tahun cahaya.

Temuan ini muncul hampir 40 tahun setelah Farhad Yousefzadeh, penulis utama studi tersebut, dan peneliti lainnya Saya menemukan demografis lain Sekitar 1.000 filamen satu dimensi, vertikal, dan jauh lebih besar, masing-masing hingga 150 tahun cahaya, di dekat pusat galaksi. Yousefzadeh dan rekan-rekannya juga menemukan ratusan filamen vertikal berpasangan dan berkelompok di wilayah yang sama pada tahun 2022, menyadari bahwa filamen ini kemungkinan besar terkait dengan aktivitas Sagitarius A* daripada ledakan supernova, yang sebelumnya mereka duga. Studi baru memperkuat dan membangun temuan sebelumnya.

Itu adalah kejutan, kata Yousifzadeh, seorang profesor fisika dan astronomi di Sekolah Tinggi Seni dan Sains Weinberg Universitas Northwestern, untuk menemukan “satu set struktur baru yang tampaknya menunjuk ke arah lubang hitam.” jumpa pers.

“Saya benar-benar terkejut ketika melihat hal-hal ini. Kami harus melakukan banyak pekerjaan untuk membuktikan bahwa kami tidak membodohi diri sendiri,” tambah Yousefzadeh, yang juga anggota Pusat Eksplorasi dan Penelitian Interdisipliner di Astrofisika. “Kami menemukan bahwa filamen ini tidak acak tetapi tampaknya terkait dengan aliran keluar lubang hitam. … Sangat memuaskan ketika seseorang menemukan keteraturan di medan kacau (pusat) inti galaksi kita.”

READ  SpaceX menunda peluncuran roket yang membawa satelit Italia karena cuaca buruk

Temuan mengenai lubang hitam yang terletak sekitar 26.000 tahun cahaya dari Bumi “sangat menarik” dan “menunjukkan betapa indahnya alam semesta,” kata Erica Hamden, asisten profesor astronomi di University of Arizona yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. . pembelajaran.

Sagitarius A* “adalah lubang hitam supermasif yang paling dekat dengan kita, tetapi relatif tenang sehingga sulit untuk benar-benar dipelajari,” tambah Hamden. “Tapi pekerjaan ini memberikan bukti bahwa baru-baru ini melepaskan banyak energi ke luar angkasa dalam bentuk jet dan aliran berbentuk kerucut.”

Pelajari lebih lanjut tentang Bima Sakti

Para peneliti menemukan struktur tersebut dengan menganalisis gambar yang dihasilkan oleh Radio Astronomy Observatory di Afrika Selatan Teleskop Meerkatyang berisi 64 piringan satelit dengan tinggi masing-masing 65 kaki (hampir 20 meter) dan terhubung sepanjang 5 mil (hampir 8 kilometer) dari area berpenduduk jarang dengan gangguan minimal.

“Catatan Meerkat telah mengubah aturan permainan,” kata Yousefzadeh. “Ini benar-benar prestasi teknis para astronom radio.”

Terlepas dari kesamaan antara hifa yang baru ditemukan dan yang diidentifikasi pada tahun 1984, penulis studi baru tidak berpikir bahwa populasi memiliki sifat yang persis sama.

Filamen vertikal terletak tegak lurus dengan bidang galaksi, sedangkan filamen horizontal sejajar dengan bidang dan mengarah secara radial ke arah lubang hitam, menurut rilis berita. Filamen vertikal mengelilingi inti Bima Sakti, tetapi filamen horizontal tampak merambat ke satu sisi, menuju lubang hitam.

Distribusi dan penyelarasan filamen dapat membantu menunjukkan bagaimana material bergerak dan berubah bentuk di masa lalu, kata Hamden.

Perilaku mereka juga berbeda: filamen horizontal memancarkan radiasi termal dan zat yang terkait dengannya awan molekuler Para penulis menulis bahwa sebagian atau seluruh aliran keluar dari lubang hitam. awan molekuler Itu terdiri dari gas, debu, dan bintang. Di sisi lain, benang vertikal bersifat magnetis dan terpaku elektron sinar kosmik Ia bergerak hampir dengan kecepatan cahaya.

READ  Asteroid kecil menghantam atmosfer bumi hanya beberapa jam setelah penemuannya

Para penulis percaya bahwa studi lebih lanjut dari filamen yang baru ditemukan dapat membantu mereka “mempelajari lebih lanjut tentang arah rotasi dan pertambahan piringan hitam,” kata Yousefzadeh.

Lubang hitam cakram akumulator Ini adalah struktur tipis dan panas yang dihasilkan oleh material dari bintang terdekat yang ditarik ke dalam lingkaran di sekitar lubang hitam.

Tindak lanjut juga diperlukan, kata Hamden, untuk menentukan apakah aliran keluar dari lubang hitam, dan dengan demikian lebih banyak filamen, muncul di kedua sisi lubang hitam. Jet dalam konteks ini adalah paket materi yang dikeluarkan dari suatu benda astronomi.

Hamden menambahkan bahwa lubang hitam “mengeluarkan jet secara simetris… jadi pasti ada sepasang”. “Salah satu cara untuk memastikan bahwa struktur (berfilamen) diciptakan oleh sesuatu seperti pengaliran adalah dengan menemukan kedua sisinya.”

Ini, katanya, akan menambah “gambaran Bima Sakti kita yang rumit dan kuat”.

Yousefzadeh mengatakan dia yakin pekerjaan mereka “tidak pernah selesai”.

“Kita selalu perlu melakukan pengamatan baru, terus menantang ide-ide kita dan mempertajam analisis kita,” katanya.

Cerita sains terbaru

Lebih banyak cerita yang mungkin menarik bagi Anda