Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pawai pengawal presiden di Yunani sangat populer karena gayanya yang unik

Pawai pengawal presiden di Yunani sangat populer karena gayanya yang unik

Evzones langsung dikenali dari seragam uniknya.

Sebuah video YouTube lama yang menampilkan kiper elit Yunani, Evzones, mengalami kebangkitan popularitas di media sosial. Video tersebut, yang kini telah ditonton lebih dari 178.000 kali di YouTube saja, menampilkan gaya berbaris unik Evzones dalam gerakan lambat. Tendangan tinggi dan gerakan presisi mereka, yang oleh sebagian penonton disebut sebagai “balet kaki di udara”, pasti akan menarik perhatian. Tapi adegannya tidak berhenti di situ. Pakaian tradisional Evzones, termasuk rok putih dengan 400 lipatan simbolis yang mewakili 400 tahun pemerintahan Ottoman dan sepatu hiasan besar dengan berat lebih dari 3 kilogram, menambah lapisan pesona lainnya.

Video tersebut memicu hiburan dan keingintahuan di dunia maya, dan banyak yang mengomentari gerakan penjaga yang menyimpang. Namun, pawai yang rumit ini memiliki makna yang lebih dalam. Evzones, yang ditempatkan di Parlemen Yunani, bertugas jaga selama satu jam, tiga kali dalam 48 jam.

Tonton videonya di sini:

Gerakan mereka yang sinkron dan suara gemeretak yang dihasilkan oleh 60 paku di sepatu mereka, yang disebut tsaroshi, konon meniru suara kuda. Legenda mengatakan bahwa Raja Otto yang rindu kampung halamannya, yang merindukan suara kampung halamannya, Bavaria, menyuruh para pengawalnya menirukan dentingan sepatu kuda untuk menenangkannya.

Entah itu makna historis dari seragamnya atau gaya berjalannya yang menarik, Evzones telah menarik perhatian internet, membuktikan bahwa upacara pergantian penjaga pun bisa menjadi sensasi.

Siapakah Evzones?

Evzones adalah tentara elit Yunani dengan sejarah yang kaya. Awalnya, mereka adalah unit infanteri ringan dan gunung dalam Angkatan Darat Yunani. Saat ini, istilah tersebut merujuk secara khusus pada anggota Pengawal Presiden, sebuah unit seremonial yang ditempatkan di Makam Prajurit Tak Dikenal di Lapangan Syntagma di Athena, di depan Parlemen Yunani.

READ  Di depan kamera, pencuri masuk ke toko perhiasan di New York, dan menyelundupkan lebih dari 500 ribu dolar perhiasan

Meskipun tugas mereka terutama bersifat seremonial, semua Evzones ini adalah sukarelawan yang dipilih dengan cermat dari Korps Infanteri Angkatan Darat Hellenic. Menariknya, potensi Evzones diidentifikasi sejak awal pelatihan dasar, dengan persyaratan tinggi badan minimum 1,95 meter (6' 5 inci).

Evzones langsung dikenali dari seragam unik mereka, yang berakar pada pakaian yang dikenakan oleh klephts, pejuang perlawanan Yunani yang melawan pendudukan Ottoman. Ciri yang paling menonjol dari pakaian ini adalah fustanella, yaitu pakaian yang mirip rok. Pakaian khas ini menjadikan Evzones sebagai gambaran populer tentara Yunani, terutama di kalangan khalayak internasional.

Klik untuk berita trending lainnya