Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pemegang paspor Amerika dan Inggris mungkin akan segera membutuhkan visa untuk bepergian ke Eropa

Pemegang paspor Amerika dan Inggris mungkin akan segera membutuhkan visa untuk bepergian ke Eropa

Uni Eropa dapat menerapkan Sistem Informasi dan Otorisasi Perjalanan Eropa (ETIAS), yang mengharuskan pemegang paspor AS dan Inggris untuk mengajukan visa sebelum bepergian ke negara Eropa mana pun.

Uni Eropa ingin menerapkan Sistem Informasi dan Otorisasi Perjalanan Eropa (ETIAS), yang setelah diterapkan akan berlaku untuk pelancong dari negara-negara bebas visa, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, yang akan memerlukan visa ke salah satu negara Eropa, menurut laporan tersebut.

Untuk mengajukan ETIAS, pelancong AS dan Inggris perlu mengisi aplikasi online serta informasi biografi, rencana perjalanan, riwayat perjalanan, dan pertanyaan keamanan. Proses persetujuan diharapkan cepat dan sebagian besar pelamar akan menerima persetujuan mereka dalam waktu satu jam. Namun, pemeriksaan tambahan mungkin diperlukan dalam kasus tertentu, dan kemudian prosesnya bisa memakan waktu hingga empat hari untuk diselesaikan.

Biaya untuk mendapatkan izin perjalanan adalah $8 USD untuk pelancong dan £6 untuk pelancong dari Inggris. Setelah disetujui, ETIAS akan berlaku untuk beberapa kali masuk selama tiga tahun atau hingga paspor pelancong kedaluwarsa.

Semula dijadwalkan untuk diterapkan pada tahun 2022, peluncuran ETIAS telah ditunda hingga tahun 2024 karena pembaruan infrastruktur perjalanan.

Tujuan utama memperkenalkan ETIAS adalah untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan sambil memastikan kelancaran perjalanan bagi pengunjung ke Eropa. Dengan mengumpulkan informasi dasar tentang pelancong sebelum mereka tiba, otoritas Eropa dapat menilai potensi risiko dan memastikan keamanan turis dan penduduk UE.

Izin ETIAS akan tersedia untuk 1,4 miliar orang dari 60 negara bebas visa, memberikan warga Inggris hak untuk tinggal di Eropa hingga 90 hari dalam periode 18 hari. Otorisasi akan berlaku selama tiga tahun, memungkinkan para pelancong untuk melakukan beberapa kunjungan ke Eropa selama waktu ini.

READ  Hari Libur Bank di Januari 2022: Berikut daftar lengkapnya

Baca juga: