SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pendapatan Rusun BP Batam Rp4,7 Miliar

  • Reporter:
  • Sabtu, 31 Agustus 2019 | 15:01
  • Dibaca : 133 kali
Pendapatan Rusun BP Batam Rp4,7 Miliar
Ilustrasi DOK KORAN SINDO BATAM.

SEIBEDUK – Tingkat hunian di beberapa rumah susun sewa (Rusunawa) milik BP Batam meningkat sejak awal tahun lalu. Tahun ini ditargetkan pendapatan dari rusun bisa di atas Rp9,4 miliar. Badan Pengusahaan (BP) Batam terus berupaya mengoptimalkan pendapatan dari sejumlah aset yang dikelolanya, termasuk rusunawa.

Kasubdit Pemanfaatan Hunian Direktorat Pemanfaatan Aset BP Batam, Chandra Syamsir mengatakan, pihaknya juga tengah menigkatkan fasilitas rusunawa. Sehingga para penghuni rusun bisa lebih nyaman tinggal di rumah susun tingkat empat tersebut.

“Sasaran kami tak hanya masyarakat berpenghasilan rendah saja, tapi juga masyarakat-masyarakat menengah. Sehingga konsep rusun sendiri sedang kami benahi seperti apartemen,” kata Chandra, Kamis (29/8).

BP Batam akan menyediakan kamar ultimate (luxury) lengkap dengan fasilitas berkualitas di rumah susun sewa (rusunawa) miliknya. Salah satu bentuknya, dengan pemasangan air conditioner (AC). Kemudian juga sudah menaikan daya listrik dari 6A menjadi 10A.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hunian di rusun BP Batam. Terutama untuk menjangkau masyarakat berpenghasilan lebih. Dari tahun lalu, ujicoba pemasangan AC sudah dilakukan. Ada beberapa kamar di satu blok rusun yang dipasang AC.

“Setelah dipasang, ternyata respons mereka (penghuni rusun) baik, ada beberapa yang malah minta,” katanya.

Karena itu ke depan BP Batam akan menganggarkan tambahan unit AC. Nantinya ada 2 twin blok dengan jumlah kamar 128, akan dipasang AC. Menyusul pemasangan AC di rusun lainnya, dan tergantung permintaan penghuni rusun.

Untuk selisih harganya dengan tarif kamar biasa masih terjangkau. Selisihnya sekitar Rp 200 ribuan. Tidak sampai di situ, untuk rusun di Sekupang tipe 36, akan dijadikan model layaknya apartemen. Satu ruangan kamar itu akan dijadikan dua kamar. Ada kamar anak, orangtua, selain itu juga ada ruang tamu.

“Intinya kami akan terus meningkatakan fasilitas rusunawa yang dikelola BP Batam. Ada lima rusun yang dikelola BP Batam saat ini. Yakni di Mukakuning, Batuampar, Sekupang, Kabil dan Tanjunguncang,” katanya,

Sedangkan untuk pendapatan sampai Agustus sudah mencapai Rp4,7 miliar, pihaknya mengaku dengan tren ada peningkatan jumlah penghuni rusunawa BP Batam pedapatan akan dapat malampaui dari target dan meningkat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Target kita tahun ini Rp9,4 miliar, kalau sekarang sudah Rp4,7 miliar kami sangat optimitis tercapai,” katanya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com