Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perdana Menteri Modi akan melakukan kunjungan singkat ke india besok untuk menghadiri KTT ASEAN-India |  berita terkini india

Perdana Menteri Modi akan melakukan kunjungan singkat ke india besok untuk menghadiri KTT ASEAN-India | berita terkini india

New Delhi: Para pemimpin India dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan meninjau hubungan mereka di berbagai bidang mulai dari keamanan maritim hingga ekonomi digital dan memberikan arahan untuk kerja sama di masa depan pada pertemuan puncak di india pada tanggal 7 September.

Perdana Menteri Narendra Modi akan berangkat ke Indonesia pada malam 6 September dan kembali ke New Delhi pada malam berikutnya (melalui Reuters)

Sebuah inisiatif baru mengenai keamanan maritim diharapkan menjadi salah satu hasil utama KTT ASEAN-India yang akan diadakan di Jakarta pada hari Kamis, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Beberapa hari menjelang KTT G-20 di New Delhi, Perdana Menteri Narendra Modi melakukan kunjungan singkat ke india untuk menghadiri KTT India-ASEAN dan KTT Asia Timur.

Modi dijadwalkan berangkat ke Indonesia pada malam 6 September dan kembali ke New Delhi pada malam berikutnya. Indonesia, ketua ASEAN saat ini, melakukan penyesuaian terhadap jadwal kedua KTT tersebut untuk memfasilitasi kepulangan Modi lebih awal. Para pejabat mengatakan Modi tidak akan mengadakan pertemuan bilateral apa pun di sela-sela KTT karena jadwalnya yang padat.

Ini akan menjadi pertemuan puncak pertama antara ASEAN dan India sejak kedua belah pihak meningkatkan hubungan mereka menjadi kemitraan strategis yang komprehensif pada tahun 2022, dan sejak saat itu fokusnya adalah pada keamanan maritim, keamanan siber, ekonomi digital, dan bidang kerja sama yang sedang berkembang. Pertemuan para menteri pertahanan ASEAN dan India berlangsung pada bulan November lalu dan kedua belah pihak melakukan latihan angkatan laut pertama mereka pada bulan Mei.

Saurabh Kumar, Sekretaris Urusan Timur di Kementerian Luar Negeri, mengatakan KTT ASEAN akan menjadi kesempatan bagi para pemimpin untuk meninjau kemajuan hubungan dan memberikan panduan lebih lanjut untuk kerja sama. Beliau mengatakan pada konferensi pers bahwa hubungan dengan ASEAN merupakan pilar utama kebijakan India di Timur dan visi untuk kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas.

READ  Penyerang gedung konser Moskow sempat memasuki Turki sebelum menyerang | berita Dunia

Kumar mengatakan kedua belah pihak juga memiliki visi serupa untuk kawasan Indo-Pasifik, dan berkomitmen untuk membangun sinergi antara visi Indo-Pasifik ASEAN dan inisiatif Indo-Pasifik India.

Saat India dan ASEAN merayakan ulang tahun ke-30 kemitraan mereka pada tahun 2022, pihak India berfokus pada peningkatan konektivitas di bidang fisik, digital, dan ekonomi. India dan india meluncurkan penerbangan langsung melalui maskapai swasta pada bulan Agustus, dan India juga memulai penerbangan langsung ke Vietnam.

Setelah menghubungkan sistem pembayaran lintas batas real-time di India dan Singapura pada bulan Februari, Kumar mengatakan pihak India sedang “mencari cara untuk memperluas sistem ini ke negara-negara ASEAN lainnya.”

Perdagangan antara India dan ASEAN bernilai $131,5 miliar selama periode 2022-2023, dengan 10 anggota blok tersebut menyumbang lebih dari 11% total perdagangan India pada periode tersebut. Kedua belah pihak juga mulai merevisi Perjanjian Perdagangan Komoditas India-ASEAN agar lebih ramah perdagangan dan fasilitatif, mendorong dan mendiversifikasi perdagangan, serta mengatasi asimetri yang ada. Kumar mengatakan peninjauan tersebut diharapkan selesai pada tahun 2025.

KTT Asia Timur, yang mempertemukan sepuluh negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan delapan mitra dialog (Australia, India, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, dan Amerika Serikat), merupakan sebuah pertemuan yang mekanisme kunci untuk dialog mengenai isu-isu strategis. Kumar mengatakan India berkomitmen untuk meningkatkan platform ini dan menjadikannya lebih efektif dalam menghadapi tantangan kontemporer.