Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pesepakbola dan peneliti Marc Belloud (Le Monde Diplomatique, Oktober 2021)

Hirarki prioritas selama pandemi

Empat puluh juta euro per tahun, 110 ribu euro per hari atau 4.500 euro per jam, bahkan saat tidur: Gaji pesepakbola Lionel Messi di Paris Saint-Germain telah mencapai tingkat yang sangat tinggi sehingga sulit untuk diklaim. Membandingkan hadiah ini dengan uang yang diinvestasikan dalam penelitian biologi dan kesehatan menyoroti prioritas yang membentuk masyarakat, terlepas dari pandemi.

Pria Ray. – « objek non-Euclidean dari Liga Italia Objek Lain-Lain » (Berbagai hal), sekitar tahun 1932-1933

Foto: Centre Pompidou, RMN-Grand Palais © Man Ray 2015 Trust-Adagp, Paris 2021

NSdia adalah Kebetulan terkadang berguna. 10 Agustus, setiap hari para ilmuwan Ini memberi tahu kita bahwa gaji pesepakbola Lionel Messi di Paris Saint-Germain (Paris Saint-Germain) akan menjadi 40 juta euro per tahun, dan bahwa gaji rata-rata manajer CAC 40 akan naik dari 3,8 juta euro pada 2020 menjadi 5,3 juta pada 2021. Setelah beberapa halaman, kami menemukan bahwa Anggaran tahunan Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) adalah €6 juta per tahun. Dengan demikian, gaji bintang sepak bola sesuai dengan sumber daya hampir tujuh tahun dari sebuah lembaga dari 195 negara anggota, mengoordinasikan pekerjaan ratusan ilmuwan internasional dan melakukan fungsi penting dalam memahami penyebab dan konsekuensi dari pemanasan global.

Kami menyarankan menggunakan jumlah gaji Messi sebagai unit ukuran baru. Kami akan menyebutnya Umum- GF “, NS” Setahun keberuntungan besar Angka 40 juta euro ini tidak diragukan lagi jauh lebih rendah dari kenyataan sejak perkiraan majalah Forbes Pendapatan pemain ini pada tahun 2020, termasuk kontrak iklan, berjumlah 126 juta dolar (103 juta euro). Tapi mari kita simpan 40 juta, atau 110.000 euro pendapatan per hari, atau cukup untuk membayar, selama setahun, 1.500 orang Prancis dengan gaji rata-rata.

Gaji standar ini layak dimasukkan dalam anggaran riset biologi dan kesehatan, yang mungkin dianggap pemerintah pada saat krisis kesehatan menjadi prioritas. Dua laporan terbaru memberikan informasi rinci tentang topik ini. Pengamatan pertama, bahwa porsi anggaran Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi yang dikhususkan untuk biologi dan kesehatan menurun 400 juta euro antara tahun 2015 dan 2020. Pengamatan kedua, dukungan yang dibayarkan oleh negara kepada Institut Kesehatan Nasional dan Penelitian Medis (Inserm) dan Institut Ilmu Biologi Pusat Penelitian Nasional (… ]

Ukuran barang lengkap: 1563 Lirik.

Artikel ini hanya untuk pelanggan

Sekolah menengah, perpustakaan, departemen dan bisnis,
Akses ke database online semua artikel dari Dunia diplomatik Dari tahun 1954 sampai sekarang. Cari penawaran khusus itu.

Mark Bellud

Direktur Penelitian di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional (CNRS), melekat pada Pusat Penelitian Kanker di Lyon. Penulis berbicara atas namanya sendiri, bukan atas nama CNRS.

READ  Rekor dunia Sydney McLaughlin lebih dari 400m rintangan: yang pertama di bawah 52 detik