Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rio mengumumkan keadaan darurat demam berdarah saat Brasil bersiap untuk Karnaval

Rio mengumumkan keadaan darurat demam berdarah saat Brasil bersiap untuk Karnaval

Pilar Olivares – Reuters

Perawat merawat pasien di unit perawatan medis darurat demam berdarah di Rio de Janeiro pada 6 Februari.


Sao Paulo, Brasil
CNN

Kota Rio de Janeiro mengumumkan darurat kesehatan masyarakat karena merebaknya epidemi Demam berdarahBeberapa hari yang lalu Perayaan karnaval Ini dijadwalkan berlangsung di seluruh Brasil.

Walikota Eduardo Paes mengumumkan langkah tersebut pada hari Senin, menurut afiliasi CNN CNN Brasil, dalam upaya untuk menahan penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, yang menyebabkan gejala mirip flu dan dapat menyebabkan kematian dalam kasus yang ekstrim.

Ledakan di Demam berdarah Kasus-kasus tersebut menambah urgensi pada kampanye vaksinasi nasional yang direncanakan, dan juga terjadi saat Rio mempersiapkan Karnavalnya yang terkenal di dunia, yang secara resmi dimulai pada hari Jumat. Perayaan menjelang Prapaskah berlangsung di seluruh Brasil, dengan parade warna-warni dan pesta blok di Rio yang terkenal sebagai salah satu pesta terbesar di dunia dengan jutaan orang yang bersuka ria turun ke jalan.

Tahun ini, Rio telah mencatat lebih dari 11.200 kasus demam berdarah, menurut komite pemantauan epidemiologi dewan kota, dibandingkan dengan sekitar 23.000 kasus pada tahun 2023.

Pada bulan Januari saja, 362 orang dirawat di rumah sakit di Rio karena demam berdarah – suatu jumlah rekor yang melampaui rekor sebelumnya pada tahun 2008, CNN Brasil melaporkan.

“Dalam satu bulan di tahun 2024, kita sudah mencatat hampir separuh kasus yang tercatat sepanjang tahun sebelumnya, dan hal ini menimbulkan kekhawatiran serius,” kata Daniel Sorans, menteri kesehatan kota Rio, Jumat lalu.

Untuk membatasi penyebaran penyakit ini, pemerintah kota mengatakan akan membuka 10 pusat perawatan di seluruh Rio dan Kementerian Kesehatan mendirikan pusat darurat untuk mengoordinasikan operasi, menurut laporan Reuters.

READ  China mengembangkan Megaship 'Ultra Huge' senilai $2,3 Juta dengan panjang mil

Rio adalah salah satu dari tiga negara bagian yang mengumumkan darurat kesehatan masyarakat karena meningkatnya kasus demam berdarah, termasuk Minas Gerais, negara bagian terpadat kedua, dan distrik federal tempat ibu kota Brasilia berada, menurut Reuters.

Dalam lima minggu pertama tahun ini, hampir 365.000 kasus demam berdarah dilaporkan di seluruh negeri, empat kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu, lapor Reuters, mengutip Kementerian Kesehatan. Kementerian mengatakan bahwa empat puluh kematian telah dikonfirmasi.

“Banyak kota di Brasil menghadapi keadaan darurat karena peningkatan signifikan kasus demam berdarah,” kata Menteri Kesehatan Brasil Nicia Trindade dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

“Suhu yang mencapai rekor dan curah hujan di atas rata-rata sejak tahun lalu telah meningkatkan wabah nyamuk yang ditularkan melalui nyamuk… Ini adalah waktu untuk meningkatkan perawatan dan pencegahan. Sekarang adalah waktu bagi seluruh Brasil untuk bersatu melawan demam berdarah.”

Demam berdarah adalah Infeksi virus ditularkan Melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, serangga yang sama yang menyebabkan penyebaran Zika, chikungunya, dan demam kuning.

Penyakit ini menyebabkan sakit kepala parah, nyeri otot dan sendi, demam dan ruam, meskipun hanya 25% dari mereka yang terinfeksi menunjukkan gejala. Kasus yang ekstrim dapat menyebabkan pendarahan, syok, kegagalan organ, dan mungkin kematian.

Demam berdarah adalah virus paling umum yang ditularkan melalui nyamuk, menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia setiap tahunnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Meskipun tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini, Brasil berencana meluncurkan kampanye vaksinasi skala besar terhadap demam berdarah.

Brasil menyetujui vaksin tersebut pada bulan Maret 2023, dan menjadi negara pertama yang memperkenalkan vaksin demam berdarah ke dalam sistem kesehatan masyarakat, menurut Kementerian Kesehatan.

READ  SpaceX meluncurkan pemimpin armada Falcon 9 dengan lebih banyak satelit Starlink – Spaceflight Now

Rencana kementerian adalah memvaksinasi 3,2 juta orang pada tahun 2024, dimulai dengan anak-anak berusia 10 hingga 14 tahun, dengan vaksin Qdenga dari perusahaan farmasi Jepang Takeda.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap mengingat terbatasnya jumlah dosis yang dihasilkan laboratorium pembuatnya, kata Nisia dalam keterangannya. “Pada saat yang sama, Kementerian Kesehatan akan mengoordinasikan upaya nasional untuk memperluas produksi dan akses terhadap vaksin demam berdarah.”

Reuters melaporkan bahwa Brasilia akan memulai vaksinasi pada Jumat pagi.

Departemen kesehatan kota Rio mengatakan pihaknya juga berencana untuk memvaksinasi anak-anak setelah dosis vaksin dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, CNN Brasil melaporkan.

Uji klinis menunjukkan bahwa vaksin tersebut mengurangi risiko demam berdarah parah yang memerlukan rawat inap sebesar 80-90%. Berdasarkan Untuk artikel yang diterbitkan di The Lancet bulan lalu.

Berbicara di Brasilia Wabah demam berdarah yang terjadi saat ini di Brazil “dipicu oleh El Niño,” sebuah pola cuaca alami yang berasal dari Samudera Pasifik dan mempengaruhi cuaca global, kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada hari Rabu. Fenomena El Niño saat ini Menjadi salah satu yang terkuat yang pernah adaMenurut data baru dari Pusat Prediksi Iklim National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Faktanya, wabah demam berdarah ini merupakan bagian dari lonjakan demam berdarah global dengan lebih dari 5 juta kasus dan 5.000 kasus dilaporkan tahun lalu di 80 negara di setiap kawasan di dunia, kecuali kawasan Eropa, kata Tedros.

Dari lima juta kasus yang dilaporkan secara global, hampir tiga juta terjadi di Brasil, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia.

Jumlah kasus demam berdarah global telah meningkat delapan kali dalam dua dekade terakhir, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Didorong oleh Suhu tinggi dan musim hujan berkepanjangan.

READ  Pejabat kesehatan masyarakat mengungkapkan sebagian besar bagian yang kurang divaksinasi di Dane County dalam cuplikan data

Hal ini juga disebabkan oleh manusia Krisis iklim semakin parahPenyakit yang ditularkan oleh nyamuk kemungkinan besar akan menyebar lebih luas dan mempunyai dampak yang lebih besar terhadap kesehatan manusia.

Cerita ini telah diperbarui dengan perkembangan tambahan. Laporan tambahan dari Reuters.