Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sekilas tentang kekuatan militer mereka

Sekilas tentang kekuatan militer mereka

Para penumpang berjalan di sepanjang jalan di distrik Panjgur, provinsi Balochistan.

Perselisihan antara Pakistan dan Iran kembali meletus setelah kedua negara menyerang tempat persembunyian militan di wilayah masing-masing dalam waktu 48 jam. Pakistan pada hari Kamis menargetkan militan separatis Baloch di provinsi Sistan dan Baluchestan di Iran, menewaskan sedikitnya sembilan orang, Reuters melaporkan. Hal ini terjadi setelah Teheran mengumumkan, pada hari Selasa, bahwa mereka telah menyerang pangkalan kelompok ekstremis lain di wilayah Pakistan.

Pakistan melawan Iran

Kedua negara bertetangga ini mempunyai sejarah tuduhan menyembunyikan kelompok-kelompok bersenjata yang beroperasi dari daerah-daerah di sepanjang perbatasan mereka.

Pakistan menduduki peringkat kesembilan tentara terkuat di dunia dalam penilaian terbaru Yayasan tersebut Indeks daya tembak global. Sedangkan Iran menempati peringkat ke-14 dalam indeks yang sama.

Pakistan vs Iran: Perbandingan militer

Pakistan bangga dengan angkatan bersenjatanya yang sangat besar, yang mencakup angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan lautnya. Angkatan Darat Pakistan dilengkapi dengan berbagai tank tempur utama, termasuk Al Khalid dan Tipe 90-II, serta serangkaian kendaraan tempur lapis baja. Jumlah personelnya sekitar 650.000 personel aktif dan 550.000 personel cadangan, sehingga jumlah totalnya menjadi kurang lebih 1.200.000 orang.

Pakistan memiliki 1.434 pesawat, termasuk pesawat tempur populer seperti F-16 dan JF-17 Thunder, dan merupakan pesaing yang tangguh. Angkatan Laut Pakistan, yang memiliki sekitar 30.000 personel aktif, memiliki armada angkatan laut serbaguna yang mencakup fregat, kapal selam, dan kapal patroli.

Sementara itu, angkatan bersenjata Iran dianggap yang terbesar di Timur Tengah dalam hal kekuatan aktif. Dengan struktur militer yang mengesankan, Angkatan Bersenjata Iran memiliki sekitar 610.000 personel aktif. Negara juga mempunyai cadangan yang besar, termasuk 350.000 personel terlatih yang siap untuk mobilisasi.

READ  Penjelasan: Bagaimana Kuba mengembangkan lima vaksin asli untuk Covid-19

Iran memiliki kekuatan militer yang signifikan, terdiri dari Angkatan Darat Republik Islam Iran, Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF) dan Angkatan Laut Republik Islam Iran. Angkatan Udara Iran, yang memiliki lebih dari 500 pesawat, termasuk pesawat Saeqeh yang diproduksi di dalam negeri dan F-4 Phantom yang lebih tua, adalah pemain utama dalam pertahanan Iran. Angkatan Laut Iran, yang memiliki hampir 20.000 personel aktif, memiliki armada beragam sebanyak 67 unit, termasuk fregat, korvet, dan kapal selam.