Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

SpaceX meluncurkan misi berbagi penerbangan satelit kecil kedelapan

SpaceX meluncurkan misi berbagi penerbangan satelit kecil kedelapan

NEW YORK — SpaceX’s Falcon 9 meluncurkan lusinan satelit kecil dalam misi berbagi penerbangan khusus pada 12 Juni, dengan klien mulai dari Angkatan Luar Angkasa AS hingga perusahaan rintisan yang mengerahkan satelit pertama mereka.

Falcon 9 lepas landas dari Vandenberg Space Force Base pada pukul 17:35 ET dalam misi Transporter-8. Itu adalah peluncuran kedua hari itu untuk SpaceX, setelah peluncuran Falcon 9 lainnya lebih dari 14 jam sebelumnya dari Cape Canaveral yang membawa konstelasi satelit Starlink.

SpaceX mengatakan Transporter-8, yang kedelapan dalam misi berbagi penerbangan kecilnya, membawa 72 muatan, jumlah yang mencakup kendaraan pengangkut orbit dengan satelit yang akan dikerahkan nanti. Satelit dikerahkan ke orbit sinkron matahari sepanjang 525 kilometer mulai satu jam setelah lepas landas.

Misi tersebut menampilkan campuran pengembang satelit yang sudah mapan dan baru. Spire mengerahkan tiga satelit Kubik untuk pengumpulan dan pelacakan data cuaca, empat satelit pencitraan radar Iceye, dan empat satelit pencitraan optik dan hiperspektral. Ketiga perusahaan menggunakan peluncuran untuk menambah koleksi mereka yang sudah ada.

Meskipun demikian, beberapa perusahaan menerbangkan pesawat ruang angkasa pertama mereka di Transporter-8. Ini termasuk Varda Space Industries, yang meluncurkan pesawat ruang angkasa W-Series 1, yang dibuat oleh Rocket Lab. Pesawat ruang angkasa akan menguji pembuatan produk bernilai tinggi, seperti obat-obatan, di lingkungan luar angkasa. Produk-produk ini akan dikembalikan ke Bumi dalam kapsul kembali di pesawat ruang angkasa.

Transporter-8 memiliki muatan lusinan satelit kecil. Kredit: SpaceX

Satelit Vu meluncurkan satelit pertamanya, HotSat-1, untuk mendemonstrasikan teknologi pencitraan termal untuk planet yang direncanakannya. Muon Space, yang mengoperasikan konstelasi satelit pemantau iklim, menerbangkan MuSat-1 pada peluncuran ini. Turion Space telah meluncurkan pesawat luar angkasa pertamanya, Droid.001, untuk mengumpulkan data kesadaran situasi ruang angkasa.

READ  Berinvestasi dalam Jurnalisme yang Berani dan Progresif

Starfish Space, yang mengembangkan teknologi layanan satelit, meluncurkan prototipe pertamanya, Otter Pup, di Transporter-8. Pesawat ruang angkasa, yang dibawa dengan kapal tunda Orbiter SN3 Peluncur, akan terpisah dari kapal tunda dan kemudian berusaha untuk bertemu dengannya.

Beberapa muatan lain juga ada di Orbiter SN3. D-Orbit memiliki lokomotif ION terbaru di Transporter-8, tetapi perusahaan tidak segera mengungkapkan muatan pada kendaraan tersebut.

Selain perusahaan yang mengoperasikan satelit pertama mereka, perusahaan lain menerbangkan sistem propulsi pertamanya di satelit lain. Neumann Space Australia mengatakan motor listrik pertamanya, Neumann Drive, yang menggunakan batang logam padat sebagai bahan bakar, adalah bagian dari satelit yang dibangun oleh Skykraft, perusahaan Australia lainnya yang mengembangkan konstelasi satelit untuk mendukung layanan manajemen lalu lintas udara.

“Kami telah membawa pekerjaan kami hari ini dari lab ke luar angkasa,” kata Herve Astaire, CEO Neumann Space, dalam pernyataan pascapeluncuran. “Warisan penerbangan kami akan memungkinkan kami untuk memberi pelanggan lebih banyak detail tentang kinerja operasional produk kami dan pada akhirnya mengisi celah yang ada di pasar saat ini.”

Militer AS menggunakan misi Transporter-8 untuk meluncurkan beberapa satelit. Empat satelit dari program Blackjack DARPA telah diluncurkan untuk menguji teknologi konstelasi, serta tiga satelit dari Komando Sistem Luar Angkasa Angkatan Luar Angkasa yang merupakan bagian dari program uji ruang angkasa Departemen Pertahanan. Dua satelit, yang disebut Unit Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian, adalah satelit pencitraan kubus, sedangkan yang ketiga, yang ke-16, akan menguji penggunaan komunikasi militer Link-16 di luar angkasa.

SpaceX telah menarik permintaan besar untuk misi kapal induk, yang menawarkan peluncuran tiga hingga empat kali setahun dengan harga yang jauh lebih rendah daripada peluncuran khusus pada kendaraan peluncuran kecil. Situs web perusahaan, yang mencantumkan slot dan harga peluncuran yang tersedia, mencatat bahwa misi Transporter telah dipesan penuh hingga kuartal kedua tahun 2025.

READ  Peran penting vitamin D dalam fungsi dopaminergik dan skizofrenia

Peluncuran itu sendiri merupakan tonggak penting bagi SpaceX. Tahap pertama, pada penerbangan kesembilannya, kembali ke lokasi peluncuran Vandenberg. Ini adalah yang ke-200y Falcon booster belum mendarat.