Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Studi mengatakan Gulfstream bisa runtuh

Sebuah studi yang diterbitkan Kamis di jurnal mengungkapkan manifestasi baru dari perubahan iklim, menunjukkan tanda-tanda kelemahan di Gulf Stream Sifat perubahan iklim. Perlambatan arus laut ini dapat menyebabkan keruntuhannya, yang akan memiliki konsekuensi mengerikan bagi iklim.


paduan suara

paduan suara
Jurnalistik

Apa itu Arus Teluk?

Gulf Stream (kadang-kadang disebut “North Atlantic Drift”) adalah arus yang berasal dari Samudra Atlantik, tidak jauh dari Florida dan Bahama. Kemudian naik menuju Atlantik Utara, sebelum bercabang ke arah Eropa. Ini adalah salah satu arus terpenting dalam sistem eponim Rotasi inversi meridian Atlantik (AMOC), yang diterjemahkan dalam bahasa Prancis sebagai “rotasi meridian Atlantik terbalik”. “Ini seperti pompa panas. Bumi dialiri oleh arus laut yang terutama memanaskan wilayah utara. […] Di sisi Atlantik, kami memiliki Arus Teluk,” jelas Jean-Pierre Blanchet, profesor di Departemen Ilmu Bumi dan Atmosfer di Universitas Quebec di Montreal (UQAM). “Ini mengangkut air panas di permukaan, yang akan tenggelam ke Atlantik Utara, dan kemudian kembali Membawa air terdingin, terpadat, dan paling asin di daerah tropis,” dalam satu putaran.

Sistem dua kecepatan menurut penelitian

Sistem AMOC adalah sistem dua kecepatan, baik dalam mode “kuat” dan dalam mode “lemah”, rincian studi di Sifat perubahan iklim, diproduksi oleh Niklas Bowers, Profesor di Departemen Matematika dan Ilmu Komputer di Free University of Berlin. Mencairnya es Atlantik Utara yang disebabkan oleh perubahan iklim mempengaruhi Arus Teluk dengan mengurangi salinitas air. Penurunan konsentrasi garam mengurangi kepadatan air dan, karenanya, merusak pembentukannya di perairan yang lebih dalam. Fenomena yang dapat menyebabkan AMOC beralih dari mode kuat ke mode lemah. Berbagai sumber informasi […] menunjukkan bahwa suhu di Belahan Bumi Utara telah berubah tajam pada skala waktu milenarian, selama zaman es sebelumnya, dengan perubahan yang sesuai dalam AMOC antara mode lemah dan kuatnya, “peringatan studi Boers. Terlalu banyak air tawar dapat menyebabkan runtuhnya AMOC.

READ  Pendukung konsumen memperingatkan: Berhati-hatilah saat membuat kontrak di tablet

Apa faktor lain yang melemahkan Arus Teluk?

Secara keseluruhan, delapan tanda perlambatan diamati di Gulf Stream. Diantaranya adalah peningkatan suhu tanah dan air yang disebabkan oleh peningkatan emisi karbon dioksida.2. Selain mencairnya es di Kutub Utara dan lapisan es Greenland, mengurangi salinitas air, “lubang pemanasan global” di Greenland selatan mengkhawatirkan para ilmuwan. Salah satu kadar garam terendah ditemukan di sana. Studi tersebut menyimpulkan bahwa “hasil yang disajikan menunjukkan bahwa penurunan ini mungkin terkait dengan hilangnya stabilitas AMOC yang hampir sempurna selama abad terakhir, dan bahwa AMOC mungkin mendekati transisi kritis ke pola sirkulasi yang lemah”, mengingat semua perlambatan. . Faktor.

Apa konsekuensinya?

Studi ini memprediksi bahwa efek dari runtuhnya AMOC akan “mengalir”. Musim hujan, hutan hujan Amazon, dan lapisan es Antartika akan menanggung akibatnya. Arus Teluk juga memainkan peran besar dalam mengatur suhu bumi. Kekhawatiran yang kita miliki saat ini adalah bahwa jika putaran ini melambat, itu akan mentransfer lebih sedikit panas ke utara. “Ini akan mempengaruhi Eropa khususnya, terutama Eropa Utara,” jelas Jean-Pierre Blanchet. Fenomena ini bisa membantu mengimbangi efek rumah kaca. ” [Les systèmes ne] tidak independen satu sama lain. Efek rumah kaca menghangatkan wilayah utara, dan ini mendukung perlambatan cincin konveyor [Gulf Stream], yang dapat menyebabkan zaman es,” jelas Prof.

Apa yang bisa kita harapkan di Quebec?

Arus Teluk mempengaruhi pantai Kanada, tetapi “pada tingkat yang lebih rendah,” jelas Jean-Pierre Blanchett. Kami lebih terpengaruh [au Québec] Oleh Arus Labrador, yang dingin dan rendah,” tambahnya. Jadi, pantai timur Kanada dapat terkena sedikit pendinginan dalam iklim. “Pilihan kita tentang konsumsi produk minyak bumi dan emisi gas rumah kaca, itulah yang dilakukannya: Ini mengganggu iklim dengan mengubah rezim dinamis,” kata Blanchett, meringkas pergolakan lingkungan, Gulf Stream.

READ  Superliminal, SkateBird, dan I Am Fish tersedia di Xbox Game Pass

Kesimpulannya tidak bulat

Hipotesis runtuhnya Arus Teluk tidak bulat dalam komunitas ilmiah. Beberapa melihat penurunan AMOC sebagai gantinya. “Ibumu kemungkinan besar akan melemah selama abad kedua puluh satuNS kontrak [confiance élevée en la justesse de cette prévision], meskipun keruntuhan sangat tidak mungkin (kepercayaan sedang),” Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) menyimpulkan dalam laporannya tentang lautan sebagai gantinya. AMOC yang lebih rendah juga akan memiliki konsekuensi bencana bagi iklim.

dalam angka

300 m

Kedalaman di mana angin tidak mempengaruhi arus laut.

10%

Persentase lautan yang dipengaruhi oleh arus permukaan (didorong oleh angin).

500 tahun

Diperkirakan bahwa air permukaan diisi ulang setiap 50 tahun. Di kedalaman laut, dibutuhkan 500 tahun agar air benar-benar bergejolak.

Sumber: Science Press Agency