Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Taliban di dekat benteng perlawanan, Panjshir, setelah merebut kembali 3 daerah tetangga

Afghanistan: Pasukan yang setia kepada Ahmed Masoud telah menetap di benteng Panjshir. (file)

Pada hari Senin, seorang juru bicara mengatakan Taliban berada di posisi dekat Lembah Panjshir dan merebut kembali tiga distrik di Afghanistan utara yang jatuh ke tangan kelompok milisi lokal pekan lalu, meskipun tidak ada laporan yang dikonfirmasi tentang pertempuran lebih lanjut.

Pekan lalu, kelompok milisi lokal menguasai distrik Banu, Deh Saleh dan Bul Hesar di provinsi Baghlan utara, dalam salah satu tanda pertama perlawanan bersenjata terhadap Taliban sejak mereka merebut ibu kota, Kabul pada 15 Agustus.

Pada hari Senin, pasukan Taliban telah membersihkan distrik dan didirikan di Badakhshan, Takhar dan Andarab dekat Lembah Panjshir, menurut akun Twitter juru bicara Zabihullah Mujahid.

Pasukan yang setia kepada Ahmed Masoud, putra mendiang pemimpin Mujahidin Ahmed Shah Masoud, menetap di benteng Panjshir yang melawan Soviet dan Taliban sebelum 2001.

Massoud, yang pasukannya termasuk sisa-sisa unit tentara reguler dan pasukan khusus, menyerukan negosiasi untuk membentuk pemerintahan inklusif untuk Afghanistan, tetapi menjanjikan perlawanan jika pasukan Taliban mencoba memasuki lembah di utara Kabul.

Minggu malam, layanan media Taliban mengatakan ratusan pejuang sedang menuju Panjshir. Tidak ada konfirmasi tentang pertempuran apa pun, tetapi salah satu pembantu Massoud mengatakan kedua belah pihak siap untuk mengambil tindakan militer.

Zabihullah Mujahid mengatakan Salang Pass, di jalan raya utama yang membentang dari Afghanistan selatan ke utara, terbuka dan pasukan musuh telah dikepung di Lembah Panjshir. Tetapi pernyataannya menunjukkan bahwa tidak ada pertempuran saat ini.

“Imarah Islam sedang mencoba menyelesaikan masalah dengan cara damai,” kata Zabihullah.

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)

READ  Pengembang Cina membangun gedung 10 lantai di Changsha hanya dalam 28 jam