Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tim CASTONE mengambil kembali kendali situasi dari pesawat ruang angkasa – tidak lagi terjebak di luar angkasa

Tim CASTONE mengambil kembali kendali situasi dari pesawat ruang angkasa – tidak lagi terjebak di luar angkasa

Cislunar Autonomous Positioning System Technology Operations and Navigation Experience, atau CAPSTONE, adalah CubeSat yang akan terbang dalam orbit bulan unik yang ditujukan untuk gerbang pos bulan Artemis NASA di masa depan. Misi enam bulannya akan membantu meluncurkan era baru eksplorasi luar angkasa. Kredit: Pusat Penelitian Ames NASA

Pada hari Jumat, 7 Oktober, anggota tim CAPSTONE berhasil melakukan operasi untuk menghentikan rotasi pesawat ruang angkasa. Ini menghilangkan rintangan yang signifikan dalam mengembalikan pesawat ruang angkasa ke operasi normal.

Setelah manuver koreksi arah yang direncanakan pada 8 September, CAPSTONE MEMILIKI MASALAH Itu menempatkan pesawat ruang angkasa ke mode aman. Segera menemukan bahwa file Pesawat ruang angkasa itu berputar Ini melebihi kemampuan roda reaksi di papan untuk mengontrol dan menolak. Menurut data pesawat ruang angkasa, penyebab yang paling mungkin adalah masalah terkait katup di salah satu dari delapan pendorong pesawat ruang angkasa. Katup terbuka sebagian berarti bahwa impeler yang rusak menghasilkan gaya dorong setiap kali sistem propulsi berada di bawah tekanan. Setelah tinjauan ekstensif data telemetri dan simulasi, tim misi melakukan beberapa tes pada pesawat ruang angkasa untuk merumuskan rencana untuk menghentikan rotasi pesawat ruang angkasa meskipun ada masalah ini.

Pada Jumat pagi, perintah penarikan kembali dilaksanakan. Manuver tersebut tampaknya berhasil, menurut telemetri awal dari CAPSTONE dan data pengamatan, yang menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa menghentikan rotasinya dan mendapatkan kembali kendali penuh dari posisi tiga sumbu. Artinya posisi CAPSTONE dapat dikontrol tanpa rotasi yang tidak direncanakan. CAPSTONE kini telah mengubah susunan suryanya ke arah matahari untuk memaksimalkan pembangkit listrik. Ia juga telah memodifikasi penunjuk antenanya untuk menyediakan komunikasi data yang lebih baik dengan tanah.

Risiko anomali ini dan proses pemulihannya signifikan, dan tim bekerja secara intens dan kolaboratif untuk mengurangi risiko ini. Selama beberapa hari mendatang, tim akan terus memantau kondisi pesawat ruang angkasa dan membuat penyesuaian yang diperlukan pada prosedur untuk memperhitungkan dan mengurangi efek dari katup dorong yang terbuka sebagian. Untuk mengurangi risiko manuver di masa depan, tim misi juga akan berusaha merancang solusi yang mungkin untuk masalah katup ini.

CAPSTONE tetap berada di jalur untuk memasuki orbit korona target di dekat Bulan pada 13 November.

CAPSTONE – kependekan dari Cislunar Autonomous Positioning System Technology Operations and Navigation Experience – dimiliki oleh Advanced Space atas nama[{” attribute=””>NASA. The spacecraft was designed and built by Terran Orbital. Operations are performed jointly by teams at Advanced Space and Terran Orbital.

Read the full update from Advanced Space. Additional updates will be provided, as available.

READ  Dinosaurus baru ditemukan beberapa dekade setelah tulang ditemukan