Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tim Voyager NASA fokus pada perbaikan perangkat lunak dan pertahanan

Tim Voyager NASA fokus pada perbaikan perangkat lunak dan pertahanan

Pada tahun 2022, komputer terpasang yang memandu pesawat ruang angkasa Voyager 1 dengan Bumi mulai mengirimkan laporan status yang kacau, meskipun tetap berfungsi normal. Insinyur misi membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menemukan masalahnya. Sistem Kontrol dan Ekspresi Sikap (AACS) salah mengarahkan perintah, menuliskannya ke dalam memori komputer alih-alih menjalankannya. Salah satu perintah yang hilang tersebut akhirnya mendistorsi laporan status AACS sebelum dapat sampai ke teknisi di lapangan.

Tim menentukan bahwa AACS telah memasuki mode yang salah; Namun, mereka tidak dapat menentukan penyebabnya dan karenanya tidak yakin apakah masalah tersebut dapat terulang kembali. Patch perangkat lunak harus mencegah hal ini.

“Patch ini seperti polis asuransi yang akan melindungi kami di masa depan dan membantu kami mempertahankan penyelidikan ini selama mungkin,” kata manajer proyek Voyager Susan Dodd dari JPL. “Ini adalah satu-satunya pesawat ruang angkasa yang beroperasi di ruang antarbintang, sehingga data yang dikirimkan kembali memiliki nilai unik bagi pemahaman kita tentang alam semesta lokal kita.”

Voyager 1 dan Voyager 2 Bepergian Masing-masing lebih dari 15 miliar dan 12 miliar mil dari Bumi. Pada jarak tersebut, instruksi koreksi akan memakan waktu lebih dari 18 jam untuk sampai ke pesawat ruang angkasa. Mengingat usia pesawat ruang angkasa dan penundaan komunikasi, terdapat risiko bahwa patch tersebut dapat menggantikan kode inti atau menimbulkan efek lain yang tidak diinginkan pada pesawat ruang angkasa. Untuk memitigasi risiko ini, tim menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menulis, meninjau, dan memverifikasi kode. Sebagai tindakan pencegahan ekstra, Voyager 2 akan menerima patch terlebih dahulu dan berfungsi sebagai uji coba untuk kembarannya. Voyager 1 terletak lebih jauh dari Bumi dibandingkan pesawat ruang angkasa lainnya, sehingga datanya lebih berharga.

READ  CAPSTONE meninggalkan orbit Bumi menuju Bulan

Tim akan mengunduh patch dan melakukan pembacaan memori AACS untuk memastikan patch berada di tempat yang tepat pada hari Jumat, 20 Oktober. Jika tidak ada masalah yang muncul, tim akan merilis perintah pada hari Sabtu, 28 Oktober untuk melihat apakah patch berfungsi sebagaimana mestinya.