Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

“Time bomb”: Bagaimana dengan pesan peringatan Playstation

Playstation 3 dan 4 adalah bom waktu, berita utama di banyak media, topik media sosial, dan video YouTube: game yang diunduh atau dibeli mungkin tidak dapat diputar di CD di masa mendatang. Tetapi agar ini terjadi, beberapa hal harus terjadi.

Masalahnya memengaruhi chip CMOS yang terpasang di setiap PlayStation untuk menghemat waktu. Jika baterainya kosong, Playstation akan menolak untuk bekerja. Ini adalah masalah umum pada konsol game dan perangkat lain. Di Playstation 3 dan Playstation 4, ini diperketat: pertukaran chip memerlukan informasi waktu baru, yang hanya tersedia saat menghubungkan ke server Sony di Playstation Network (PSN). Hingga waktu dikonfirmasi oleh server, video game tidak dapat dimulai di konsol.

Sony telah membuat keputusan yang dipertanyakan ini dengan PS4 karena pencapaian yang dapat dibuka di game Playstation. PSN Time Sync bertujuan untuk mencegah pemain menyontek tantangan dengan mengubah waktu secara manual.

Desain ini mengarah pada masalah teoretis yang sekarang dihadapi perangkat Playstation di banyak tempat Predikat “bom waktu” Peminjaman: Jika Sony mematikan PSN untuk Playstation 3 dan 4 di masa mendatang, baterai CMOS masih dapat diganti, tetapi tidak lagi terhubung ke PSN yang sekarang sudah mati. Maka tidak akan ada cara bagi pengontrol untuk mengonfirmasi waktu – pengaturan manual tidak akan diterima. Jika Anda memiliki PS3 atau PS4, Anda tidak akan dapat memainkan game Anda sendiri setelah baterai internal tidak lagi berfungsi.

Bagi banyak penggemar game, ini adalah ide yang buruk. Tapi seberapa realistis itu? Skenario mengasumsikan dua perkembangan. Pertama, PSN harus dimatikan untuk konsol yang terpengaruh. Namun, sejauh ini tidak ada indikasi bahwa Sony merencanakan langkah seperti itu di masa mendatang. PSN-Aus untuk kedua konsol tersebut diperkirakan akan bertahan bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun ke depan.

Kedua, skenario terburuk mengasumsikan bahwa Sony tidak hanya menonaktifkan waktu check-in balik PSN sebelum server dimatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan relatif mudah dengan memperbarui firmware: Sony, misalnya, dapat mengizinkan konsol untuk menjalankan game meskipun waktunya tidak pasti. Tujuan sebenarnya dari memeriksa waktu, yaitu mencegah penipuan pencapaian, akan kedaluwarsa dengan PSN dimatikan – tidak ada hadiah tanpa server. Dalam hal ini, pemain tidak lagi dapat menyelesaikan tantangan apa pun, tetapi masih dapat memainkan game favorit mereka di konsol lama.

Atau, Sony setidaknya dapat menjaga server otentikasi PS3 dan PS4 tetap aktif dan berjalan ketika server PSN yang sebenarnya sedang offline. Tidak jelas apakah Sony akan menerapkan salah satu solusi ini di masa mendatang. Perusahaan belum mengomentari masalah ini – selama PSN aktif dan berjalan, tidak ada alasan nyata untuk melakukannya.

Dalam beberapa hari terakhir, masalah desain yang diketahui untuk konsol Playstation, yang dikatakan juga mempengaruhi PS5, telah mendapat perhatian baru. Sony mengumumkan bahwa Playstation Store di PS3 akan ditutup pada musim panas sehingga game baru tidak dapat dibeli. Tetapi ini tidak ada hubungannya dengan “masalah bom berdetak”: selain itu, PS3 akan dapat terhubung ke Jaringan Playstation tanpa masalah apa pun, memindahkan waktu ke baterai CMOS.

Fakta bahwa Sony mengecewakan komunitasnya dengan cara ini patut dikritik – ada solusi yang lebih cerdas untuk melindungi integritas pencapaian tersebut. Saat ini, ada sedikit alasan untuk takut pada jajaran game Anda: Jika PSN benar-benar dimatikan pada suatu saat, Sony dapat dengan relatif mudah menyelamatkan konsol lama dari pemborosan elektronik. Dan bahkan jika Sony memutuskan untuk menentangnya, penggemar teknologi lama masih akan melakukan jailbreak sebagai jalan keluarnya.


(Duha)

Ke halaman rumah

READ  Pengembang berbicara tentang peningkatan Xbox Series X / S.