Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Wild Godzilla Party: Nissan GT-R50 – dari monster ke monster

Pesta liar Godzillas
Nissan GT-R50 – dari binatang ke binatang

Ada mobil sport yang lebih bertenaga dari Jepang dan ada juga yang lebih cepat. Tapi tidak ada yang memiliki reputasi seperti Nissan GT-R. Karena Godzilla sama-sama ditakuti dan dicintai, dia menjadi liar pada ulang tahunnya yang kelima puluh.

Tidak, penggemar Nissan harus menunggu berita terhangat. Karena meski memang ada sesuatu yang baru untuk diberitakan tentang GT-R, tetap tidak ada GT-R baru. Meskipun versi saat ini mungkin yang paling penting, tetapi yang terpenting, mobil sport Jepang yang paling lama berjalan, telah melewati 14 tahun, masih belum ada pembicaraan tentang penerus yang telah lama ditunggu-tunggu. Tapi Jepang sekarang menghadapi celah lain dalam rantai saat ini.

Hanya 50 salinan Nissan GT-R50 yang akan dibuat.

(Foto: Nissan)

Tepat pada waktunya untuk merayakan ulang tahun kelima puluh Godzilla, yang sama dihormati seperti yang dikhawatirkan, mereka meluncurkan edisi ulang tahun yang mengesankan dengan penyedia layanan desain dan teknik yang berbasis di Turin, Italdesign – terutama karena orang Italia baru berusia setengah abad. Dibangun kembali dalam beberapa bulan, sepenuhnya dilapisi kembali dengan bodi karbon, dilengkapi dengan banyak teknologi balap dan dirancang untuk – yang mengejutkan – maksimal 50 eksemplar, GT-R50 dengan harga dasar 1,2 juta euro telah menjadi yang paling mahal. Nissan dalam sejarah otomotif. Tak heran tidak semua eksemplar laku dalam waktu yang lama.

Didesain sebagai mobil sport super

GT-R di Turin terlihat seperti mobil sport super: bagian depan menjadi lebih agresif, sayap menjadi lebih bertenaga, kurva atap lebih datar dan yang dapat disesuaikan secara hidrolik duduk di atas buritan yang membulat dengan spoiler bawah yang dapat berfungsi sebagai bar untuk beberapa pemilik. Selain itu, ada lampu depan LED di bagian depan dengan tampilan sekilas seperti meriam laser dan cincin cahaya yang bersinar di bagian belakang yang tampak benar-benar melayang – jadi pasti akan menarik perhatian.

GT-R50by_Italdesign_int.jpg

Pada Nissan GT-R50, kulit lembut menutupi plastik yang mengganggu di bagian dalam.

(Foto: Nissan)

Tapi mereka juga membantu di dalam, menjahit kulit dengan rapi atau memasang konsol karbon di tempat yang lebih murah dari plastik. Anda benar-benar berhutang harga itu. Tetapi karena kokpitnya tidak berubah dan dengan itu layar sentuh besar yang berisi cukup banyak layar, GT-R masih terasa seperti simulator mengemudi untuk PlayStation. Setidaknya sampai Anda menghidupkan mesin, gemuruh pipa knalpot yang tebal memanggil Anda ke sini dan saat ini.

Benar bahwa natal besar terjadi tiga tahun lalu. Tapi pertama-tama, orang Italia melakukan pekerjaan yang sangat teliti, mengembangkan mobil dari awal dan mengujinya sesuai dengan itu. Kedua, kerja sama ini juga menderita akibat Corona sehingga memakan waktu sedikit lebih lama. Tapi sekarang semua ini dilupakan, dan hari-hari ini, kendaraan donor pertama tiba di Moncalieri di gerbang Turin.

Godzilla serius dengan hiruk pikuk itu

GTR50_3017.jpg

Nissan GT-R50 sangat bertenaga dan sangat cepat.

(Foto: Nissan)

Saat mobil baru dari Jepang dibongkar dengan tangan dan dipasang kembali seperti puzzle PS raksasa dengan ratusan bagian baru, salah satu dari dua prototipe di depan aula menunggu pintu keluar pertama mereka. Bahkan GT-R biasa adalah mobil sport super sejati yang terlihat luar biasa, kuat seperti beruang dan melaju dengan kecepatan sangat tinggi. Tetapi sementara model dasarnya masih terlihat seperti lahir di Playstation dan memiliki karakter yang hampir virtual, Italdesign membuktikan betapa seriusnya Godzilla mengambil kegilaan: para pengembang berjuang untuk setiap gram dan menggunakan jumlah karbon yang sama, mereka sebenarnya bahkan Bodywork baja telah selesai disetel lebih kencang dan ban dioptimalkan, perangkat elektronik dan trim mobil telah diprogram ulang untuk performa maksimal dengan setiap sekrup, setiap bit, dan setiap byte.

Fokusnya ada pada mesin V6 Turbo 3,8 liter yang terkenal. Tetapi karena Italdesign tidak hanya melihat dirinya sebagai studio desain, tetapi sebagai penyedia layanan pengembangan yang komprehensif, orang Italia juga telah sedikit meningkatkan mesin, memprogram ulang perangkat lunak dan pengisi daya yang lebih besar dari mobil balap GT3. Sementara model produksi dalam versi paling bertenaga adalah 600 hp, dokumen registrasi kendaraan adalah 720 hp dan torsi maksimum 652 hingga 780 Nm.

Seorang atlet super sejati pada usia lima puluh tahun

GTR50_1136.jpg

Bahkan setelah 14 tahun, GT-R bisa mencuri perhatian.

(Foto: Nissan)

Ini bekerja: Ketika Michelin Pilot Super Sport yang dikembangkan secara khusus mencapai 255 mm di depan dan 285 mm di belakang, GT-R pada roda 21 inci yang mengesankan dapat berakselerasi hingga 100 km / jam dalam waktu kurang dari tiga detik – sama seperti Perasaan itu selama perjalanan singkat di jalan raya Alpine – tenaga yang cukup untuk lebih dari 315 km / jam di mana perangkat elektronik menarik kabel rip. Tambahkan ke pengaturan all-wheel-drive baru, lebih menyengat untuk rel besar dan kopling ganda pada staccato, maka GT-R tidak dapat memutar kembali dan menyapu pegunungan Turin sampai salju mencairkan semuanya, itu seberapa panas drive itu. Karena pensiunan – bahkan di usia 50, GT-R adalah mobil yang sangat cepat yang akan membuat Anda ingin segera pergi ke arena pacuan kuda.

Meskipun Anda benar-benar dapat mendengar pendingin penghisap udara yang besar, turbocharger mulai menyanyikan lagu terpanas mereka dan pipa knalpot meniup pawai mereka begitu keras sehingga celana penonton mengepak, dan GT-R menerobos ke lokasi tiang. Ban-ban berdecit sesaat, sentakan satu menit menembus tubuh, seolah-olah dari gempa bumi yang jauh, dan sepertinya waktu berhenti beberapa saat. Kemudian semua neraka meledak: mata berusaha untuk mendominasi cakrawala, telinga mendengar soundtrack Inferno Inferno Dante dan tangan dengan kuat mencengkeram setir saat ia mengemudikan dengan nada datar seolah tidak ada lagi hari esok.

Nafsu sementara

GTR50_3255.jpg

Pada akhirnya, Nissan GT-R50 hanya berhenti sejenak.

(Foto: Nissan)

Tapi akselerasi longitudinal yang mengesankan saja akan seperti garam tanpa merica. Dengan hanya outlet yang mendapatkan rasa yang dibutuhkan dalam hubungannya dengan akselerasi lateral yang tepat, Italdesign menyeimbangkan mobil dengan baik, menyetelnya dengan erat dan memasang kemudi yang sangat presisi. Setelah penggerak semua roda, sasis, dan rentang toleransi ESP diprogram di trek balap, GT-R tidak akan berhenti bahkan di tikungan. Seolah-olah berjalan di atas rel, ia menembus tepi ring dengan presisi dan presisi. Anda hanya bisa mengemudikan mobil dengan pedal gas saat basah.

Ketika GT-R biasa adalah monster, dalam versi Natal itu menjadi monster yang makan sudut dan pesaing tanpa pernah menyentuh kelopak mata. Setidaknya dalam teori. Namun, dalam praktiknya, tidak ada pelanggan yang akan mencobanya. Sebagai kelangkaan yang sangat langka, Anda lebih cenderung melihat GT-R50 di garasi ber-AC daripada di jalan masuk ekspres atau bahkan di pit lane, dan hanya penggemar Nissan yang akan melihatnya di pameran atau lelang.

Di sinilah letak masalah besar bagi pensiunan pelacak balapan. Karena mungkin terlihat luar biasa dan mengemudi seperti itu. Tapi meski GT-R50 sukses sebagai hadiah ulang tahun untuk para penggemarnya yang paling setia, itu hanya hiatus sementara. Apa yang sebenarnya diharapkan oleh faksi berkaki dua dari Jepang bukanlah hal yang aneh bagi para speedster kaya. Tapi hampir 15 tahun setelah GT-R saat ini debut, tibalah waktunya untuk penggantinya.

READ  Investasi industri yang besar dimulai di dekat Wroclaw. Mereka benar-benar mencari karyawan