SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

67 RibuWisman Kunjungi Tanjungpinang di 2018

  • Reporter:
  • Senin, 24 September 2018 | 09:39
  • Dibaca : 95 kali
67 RibuWisman Kunjungi Tanjungpinang di 2018
Ilustrasi foto TEGUH PRIHATNA

PINANG – Dinas Pariwisata (Dispar) Tanjungpinang mencatat sebanyak 67 ribu orang wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Tanjungpinang hingga Juli 2018, . Jumlah itu menandakan minat wisman ke Tanjungpinang semakin tinggi. Perekonomian Tanjungpinang diharapkan membaik karena dampak sektor pariwisata.

Kepala Dispar Tanjungpinang Raja Kholidin mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan di periode yang sama dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama di 2017 kunjungan wisman masih di bawah angka 60 ribu.

“Alhamdulillah, kunjungan wisman tahun ini meningkat kalau dilihat sampai Juli. Untuk Agustus dan bulan ini datanya belum masuk,” kata Kholidin, Minggu (23/9).

Kholidin menyebut wisman tersebut tak lagi didominasi warga Singapura, Malaysia dan China saja, tapi juga banyak dari negara lain, seperti Belanda, Australia, Polandia dan lain-lain. Wisman tersebut dinilainya tertarik untuk berkunjung karena melihat banyak titik spot foto di Tanjungpinang, terutama di Pulau Penyengat.

Kendati mengalami peningkatan, namun target kunjungan wisman tahun ini cukup tinggi yaitu sebanyak 150 ribu orang. Target itu lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 102 ribu wisman.

“Kita percaya target akan tercapai, tahun lalu kita malah di atas target sebanyak 7 ribu orang,” ujar dia.

Untuk mencapai target itu, pemerintah akan gencar mempromosikan tempat wisata dan menggelar event pariwisata di Tanjungpinang. Menurutnya, kunjungan akan meningkat apabila kegiatan banyak terlaksana.

“Seperti Festival Bahari Kepri, dampaknya kepada Tanjungpinang sangat luar biasa. Kegiatan itu juga menyedot wisawatan ke Tanjungpinang karena sudah dipromosikan jauh-jauh hari,” ujarnya.

Festival Bahari Kepri merupakan event yang diluncurkan Kementerian Pariwista dan diketahui banyak negara. Festival Bahari Kepri adalah gerbang wisata bahari Indonesia yang sudah diagendakan tiap tahun.

“Ada yang datang dari Singapura dan Malaysia ke Tanjungpinang,” ujar dia.

Terpisah, Humas Kantor Imigrasi Tanjungpinang Said Noviansyah mengatakan Festival Bahari Kepri mampu mendatangkan wisman dengan jumlah yang cukup banyak.

“Kalau kita amati ada sekitar 300 orang yang datang dari Singapura dan Malaysia,” kata Said.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com