SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Angela Merkel Kembali Pimpin Jerman

  • Reporter:
  • Senin, 25 September 2017 | 10:45
  • Dibaca : 102 kali
Angela Merkel Kembali Pimpin Jerman

BERLIN –Angela Merkel kembali memimpin Jerman setelah dalam perhitungan suara pemilihan umum nasional sementara unggul atas pe saingnya, Martin Schulz.

Merkel akan memimpin Jerman untuk keempat kalinya secara beruntun. Hingga tadi malam partai konservatif Uni Demokratik Kristen (CDU) yang mengusung Merkel unggul 32,5%. Sedangkan Partai Sosialis Demokrat (SPD) meraih 20%. Partai kecil seperti Alternatif untuk Jerman (AfD) meraih 13,5%. Dalam berbagai kampanyenya, Merkel juga menggaungkan ekonomi untuk per kem – bangan digital. Dia juga me ne – gas kan bahwa krisis migran akan segera berakhir.

Dia juga membela tatanan Barat yang di – guncang kemenangan Donald Trump pada akhir pemilu AS . Merkel menyarankan para pendukungnya fokus berkam pa – nye untuk kemenangan kon – servatif. Dia tetap menjanjikan penurunan pajak dan menekankan keamanan bagi rakyat Jer – man. Pemimpin CDU itu me muji peranan Uni Eropa dalam men ja – ga stabilitas dunia yang ber ma – salah. “Kita ingin me ning katkan motivasi kalian se hingga kita bisa mendapatkan dukungan dari banyak orang,” ujar Merkel, dilansir Reuters .

“Masih banyak rak yat Jerman yang belum mem – berikan kepu tusan,” imbuh dia. Jika Merkel memenangkan pemilu nasional kali ini, dia akan bergabung bersama Hel – mut Kohl, mentornya yang mem persatukan Jerman, kare – na berkuasa selama empat pe – riode. Kemudian, prestasi Mer – kel juga akan disamakan de – ngan Konrad Adenauer, yang me mim pin kelahiran kembali Jer man selepas Perang Dunia II. Sebanyak 61,5 juta warga Jerman berhak memberikan suara. Sebanyak 42 partai ikut dalam kontestasi politik. Na – mun, hanya enam partai yang diperkirakan akan mendapat – kan suara yang cukup di par le – men.

Sebanyak 650.000 suka re – lawan ditempatkan di 73.500 tempat pemungutan suara di seluruh Jerman untuk men ja – min pemilu berlangsung aman. Menariknya, sepertiga rak – yat Jerman belum menentukan pilihan sebelum mereka me ma – suki tempat pemungutan sua – ra. Itu menguntungkan AfD. Dalam jajak pen dapat terakhir, partai anti mi gran sempat di – pre diksi meraih 13%. Pemilu kali ini juga dibayangi partai kanan-jauh AfD yang di – kenal antimigran yang untuk per tama kali akan masuk par le – men dalam kurun waktu se te – ngah abad terakhir.

Selain itu, Britain Exit (Brexit) juga mem ba – yangi pemilu Jerman di sam ping kemenangan Donald Trump pada pemilu presiden AS. Sentimen antikemapanan mewarnai pemilu Jerman kali ini. “Rakyat Jerman me nen – tang saling menyalahkan untuk me nentukan masa depan me – reka,” ujar Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, di – lansir Bild am Sonntag. “Pemilu kali ini ada lah masa depan de – mokrasi dan Eropa,” ujar dia.

Frank-Walter menegaskan, jika rakyat Jer man tidak memberi – kan suara, pihak lain yang akan memberi kan suara. Pemilu Jerman meng gu nakan sistem proporsional. Pe nu – runan tingkat partisipasi akan menguntungkan partai kecil seperti AfD. Pada pemilu regional tahun lalu partai konservatif yang men dukung Merkel mengalami banyak kekalahan oleh AfD. Itu disebabkan kekecewaan seba gi – an masyarakat Jerman dengan kebijakan pembukaan perba tasan Jerman bagi satu juta peng – ungsi yang diusung Mer kel.  (KORAN SINDO)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com