SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelaku Usaha Mikro Dapat Pinjaman Tanpa Agunan

  • Reporter:
  • Minggu, 14 Januari 2018 | 09:32
  • Dibaca : 158 kali
Pelaku Usaha Mikro Dapat Pinjaman Tanpa Agunan
Ilustrasi Foto Arrazy Aditya.

PINANG – Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI meluncurkan program Kredit Ultra Mikro (UMi) bagi pelaku usaha mikro dan kecil sejak 2017, dengan anggaran dari APBN sebesar Rp1 triliun lebih.

Kepala Kanwil Dirjend Perbendaharaan Negara Provinsi Kepri Heru Pudyo Nugroho mengatakan, tahun ini, anggaran program UMi dinaikkan menjadi Rp2,5 triliun untuk seluruh pelaku usaha mikro dan kecil di Indonesia. Setiap provinsi tidak dibatasi kuota bagi peminjam, pelaku usaha di daerah yang banyak mengajukan peminjaman akan mendapatkan kuota lebih besar. Anggaran program UMi di Kepri pada 2017, terserap sebesar Rp1,2 miliar untuk 184 pelaku usaha mikro dan kecil.

“Memang program ini belum banyak diketahui masyarakat, sehingga serapannya masih sangat kecil. Tahun ini kami akan mensosialisasikan, supaya banyak masyarakat mengajukan modal untuk usaha,” kata Heru di kantornya belum lama ini.

Menurut dia, angka penyerapan program UMI di Kepri dinilai kecil, dibandingkan pinjaman ke bank melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mencapai Rp351,69 miliar untuk 13.067 pelaku Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) di Kepri. Pinjamanan lunak melalui peogram UMi tidak ditangani perbankan, melainkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). “Saat ini, Kemenkeu kerja sama dengan Pegadaian,” ujar Heru.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com