Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

1,2 juta euro, termasuk 134.000 lukisan karya Gainsbourg

Lukisan musisi ini, salah satu dari sedikit yang tidak dia hancurkan, terjual lebih dari perkiraan tingginya (50.000 euro).

Suvenir Juliette Greco dijual di lelang dengan total 1,2 juta euro (dengan biaya), termasuk 134.400 euro untuk lukisan karya Serge Gainsbourg yang ditawarkan kepadanya oleh yang terakhir, kata rumah lelang Krit Müller.

Minyak di atas kanvas ini berjudul Anak-anak di arena, yang mewakili Gainsbourg dan saudara perempuannya, dijual pada hari Jumat dengan harga jauh di atas perkiraan tingginya (50.000 euro).

Seorang mahasiswa di Beaux-Arts, Gainsbourg (Lucian Ginsburg dari nama aslinya) awalnya didedikasikan untuk menggambar dan melukis sebelum menjadi penyanyi. Dia telah mempersembahkan lukisan ini kepada Gréco pada tahun 1959, setelah mengatakan kepadanya dalam sebuah program bahwa “lukisan adalah (dia) satu-satunya cinta sejati”.

“Beberapa hari kemudian, Serge datang ke rumah saya dan berkata, ‘Saya telah membakar semuanya, saya telah menghancurkan segalanya, dan saya akan memberikan ini kepada Anda. Ini satu-satunya yang tersisa…’ Ini adalah kanvas yang sangat menyentuh. (…) Saya suka lukisan ini. Itu di atas tempat tidur saya Tapi saya bawa ke sekeliling rumah. Ini lebih dari sebuah lukisan, itu bagian darinya.” Itu milik saya. Akan sangat menyakitkan bagiku jika menghilang…”, kata penyanyi dan aktris itu kemudian.

Menurut orang-orang di sekitar Ginsburg, yang meninggal pada tahun 1991, hanya lima lukisannya yang masih beredar, termasuk yang satu ini.

Hilang sebentar di tahun 2015

Baru-baru ini menjadi subyek cerita yang luar biasa: Pada tahun 2015, Juliette Greco mengajukan banding kepada AFP setelah dia menghilang dari rumahnya.

“Saya sangat tidak bahagia, saya mendapat kesan bahwa sebagian kecil dari hidup saya telah direnggut dari saya. Saya memberi pencuri saya beberapa hari untuk membawanya kembali ke tempat mereka menemukannya, dan kemudian saya menghidupkan mesinnya. Perang!” Dia berkata. Kain itu muncul dengan cepat …

Antara Kamis dan Sabtu, sekitar 750 item, pernak-pernik, furnitur, karya seni, piring, perhiasan, dan pakaian, dibubarkan oleh Juliette Greco, lebih dari setahun setelah kematiannya pada September 2020. Kerumunan besar kolektor dan penasaran datang untuk melihat. mereka di Hotel Drouot di Paris.

READ  Claudia Norberg bercerai sebanyak ini dari Wendler

Di antara potongan-potongan yang lebih tidak biasa adalah manual Van Cleef & Arpels dengan nomor telepon beberapa selebritas dari tahun-tahun Saint-Germain-des-Prés, oleh Gréco. Itu dijual seharga € 12.160 (dengan biaya). Penjualan tersebut diselenggarakan oleh Julie Amore Rossini, cucu dari penyanyi dan aktris.