Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

20 tahun yang lalu: Alessandro Zanardi mengalami kecelakaan di Lausitzring

20 tahun yang lalu: kecelakaan di Lausitzring

Ketika Alex Zanardi hampir mati

gambar: dp / m. struktur

Sedikit yang terdengar tentang kesehatan Alessandro Zanardi. Mantan pebalap Formula 1 ini berjuang untuk hidup kembali setelah mengalami kecelakaan serius – seperti yang dia alami 20 tahun lalu. Saat itu dia mengalami kecelakaan di Lausitzring. Oleh Andreas Frebel

Ada antisipasi yang menegangkan pada tanggal 15 September 2001 di Lausitzring: Hampir 100.000 penonton ingin merasakan balapan American Champ Cars pertama di Eropa. Empat hari setelah serangan teroris di New York dan Washington – dan sampai akhir tidak jelas apakah pertunjukan tamu seharusnya diadakan.

Tapi Champ Cars tidak mau menyerah pada kengerian – balapan telah dimulai. Semuanya berjalan sesuai rencana, bahkan sesaat sebelum akhir, Alessandro Zanardi mengalami kecelakaan yang mengerikan: ketika keluar dari pit, pembalap Italia itu keluar di tepi rumput sejenak – mobilnya terlempar ke lintasan dan bertabrakan dengan mobil balap lain dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam. Mobil Zanardi terbelah dua.

Zanardi dihidupkan kembali tujuh kali

Zanardi mengatakan bertahun-tahun kemudian dalam sebuah wawancara, “Ketika dokter balapan masuk, dia terpeleset di aspal. Seperti yang saya dengar kemudian, dia mengira itu oli motor. Tapi itu adalah darah saya.”

Saat ARD menghentikan siaran langsungnya setelah gambar-gambar mengerikan itu, para dokter berjuang untuk nyawa orang Italia itu. Zanardi harus dihidupkan kembali tujuh kali. Dia dibawa ke klinik kecelakaan di Berlin – Marzan dengan helikopter. Di sana Profesor Walter Shavarczyk mengambil alih – dan kemudian dia harus membawa kabar buruk kepada publik: “Kedua kakinya harus diamputasi. Tidak ada cara medis untuk mengawetkannya. Mereka benar-benar hancur.”

Enam minggu setelah kecelakaan itu, Zanardi meninggalkan rumah sakit dengan kursi roda dan membuat rencana untuk masa depannya: dia ingin melanjutkan balapan! Inilah yang dilakukan orang Italia. Pada tahun 2003, ia kembali ke sirkuit Lausitzring dan terjebak dengan mobil balap yang diubah secara khusus selama tiga belas lap yang ia lewatkan sampai hari kecelakaan itu berakhir. “Saya merinding ketika memikirkan apa yang terjadi di sini,” aku Zanardi kemudian dalam sebuah wawancara.

“Aku takut hiu”

tabrakan serius

Sayangnya, kisah tentang orang Italia yang mencintai olahraga ini juga termasuk kecelakaan buruk lainnya: Pada Juni 2020, Zanardi menabrak truk saat melatih sepeda tangan di Tuscany. Dia sedang dalam proses persiapan untuk Paralimpiade Tokyo.

Kemudian dia menghabiskan waktu berbulan-bulan di rumah sakit dengan cedera kepala yang serius, terkadang dalam keadaan koma.

Hampir tidak ada informasi tentang kesehatannya. Istrinya Daniela dengan enggan mengatakan pada awal Juli bahwa dia stabil. Dia berbicara tentang kekambuhan dan intervensi bedah saraf lainnya yang diperlukan. Alex sekarang melakukan program pelatihan untuk otak dan tubuhnya. Sampai sekarang belum bisa bicara lagi, pita suaranya harus dilatih.

Olahraga tampaknya juga menyelamatkan nyawa Alessandro Zanardi kali ini. “Dia masih memiliki banyak kekuatan di lengan dan tangannya, dan dia banyak berlatih dengan mesin,” kata istrinya.

Tayang: Inforadio, 15 September 2021, 07.15

READ  Nike berpisah dari Neymar karena tuduhan pelecehan seksual