Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

5 Orang Terkaya yang Kekayaannya Meningkat Dua Kali Lipat Sejak 2020;  Triliuner pertama dalam satu dekade: Oxfam |  berita Dunia

5 Orang Terkaya yang Kekayaannya Meningkat Dua Kali Lipat Sejak 2020; Triliuner pertama dalam satu dekade: Oxfam | berita Dunia

Laporan Oxfam mengungkapkan bahwa kekayaan bersih lima orang terkaya meningkat lebih dari dua kali lipat sejak tahun 2020, sementara hampir lima miliar orang menjadi lebih miskin. Ketimpangan ekonomi yang mendalam terlihat jelas dalam kenyataan bahwa meskipun 148 perusahaan besar memperoleh keuntungan yang mengejutkan sebesar $1,8 triliun, yang merupakan peningkatan sebesar 52% dibandingkan rata-rata tiga tahun, ratusan juta perusahaan menghadapi pemotongan upah riil.

Pertemuan tahunan para pemimpin politik, eksekutif senior, dan selebriti di Davos berlangsung dari 15 hingga 19 Januari. (Bloomberg)

Laporan tersebut diberi judul “Inequality Inc.” Laporan ini diterbitkan pada hari Senin ketika para elit global memulai Forum Ekonomi Dunia di Davos minggu ini.

Musim penjualan Amazon telah tiba! Berbelanja secara Royal dan hemat sekarang! klik disini

Salah satu statistik yang mengkhawatirkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk setiap $100 laba yang dihasilkan oleh 96 perusahaan besar antara Juli 2022 dan Juni 2023, sejumlah $82 dibagikan kepada pemegang saham kaya.

Laporan ini juga memperkirakan kemunculan triliuner pertama di dunia dalam waktu dekat pada dekade mendatang, berlawanan dengan ekspektasi yang terlalu besar bahwa diperlukan waktu lebih dari dua abad untuk memberantas kemiskinan global.

“Kita menyaksikan awal dari satu dekade perpecahan, ketika miliaran orang menanggung guncangan ekonomi akibat pandemi, inflasi, dan perang, sementara kekayaan para miliarder terus meningkat. Kesenjangan ini bukanlah suatu kebetulan; kelompok miliarder memastikan bahwa perusahaan-perusahaan memberikan hasil yang lebih baik. kekayaan bagi mereka dengan mengorbankan orang lain.

Kekuasaan korporasi yang tidak terkendali dan monopoli adalah mesin yang menghasilkan kesenjangan: dengan menekan pekerja, menghindari pajak, melakukan privatisasi negara, dan mendorong kerusakan iklim, korporasi menyalurkan kekayaan yang tiada habisnya kepada pemiliknya yang kaya. Namun mereka juga mengalihkan kekuasaan, sehingga melemahkan demokrasi dan hak-hak kita. Tidak ada perusahaan atau individu yang mempunyai kekuasaan sebesar ini atas perekonomian dan kehidupan kita, dan jelasnya, tidak seorang pun boleh memiliki satu miliar dolar.

READ  Raja Charles III dinobatkan sebagai raja Inggris Raya dan 14 negara lainnya. siapa mereka? | berita Dunia

Oxfam, sebuah federasi dari 21 badan amal independen, meminta pemerintah untuk menolak pengaruh orang kaya terhadap kebijakan pajak. Untuk mengatasi ketidakseimbangan ini, badan amal tersebut juga menyerukan pajak kekayaan bagi para jutawan dan miliarder dunia, yang menurut mereka dapat menghasilkan $1,8 triliun setiap tahunnya.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang berguna hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.