Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Akhir OFE, alihkan ke IKE. Dewan Perwakilan Rakyat diatur untuk menangani RUU pemerintah pada hari Rabu

Pada hari Rabu, anggota parlemen akan kembali mengerjakan RUU Transfer Dana Pensiun Terbuka (OFE) pemerintah. Sesuai jadwal sidang, pada siang hari DPR akan menggelar debat atas laporan Pansus atas draf RUU tersebut.

Ini adalah tagihan pemerintah yang mengubah beberapa undang-undang terkait dengan transfer uang dari dana pensiun terbuka ke rekening pensiun individu.

Dua pilihan

Menurut draf tersebut, setiap peserta OFE akan memiliki dua opsi: mentransfer dana ke akun pensiun individu (opsi default) dan menyerahkan pengakuan bahwa dana mereka telah ditransfer ke akun di Lembaga Asuransi Sosial, bertindak atas nama orang tersebut dan untuk keuntungan orang tersebut. Dana Asuransi Sosial. Menurut draf tersebut, dalam hal telah diambil keputusan untuk mentransfer dana ke IKE, akan dikenakan biaya sebesar 15%. Nilai dana di akun OFE.

Pada pertengahan Maret, para deputi mempresentasikan draf tersebut kepada komite parlemen untuk keuangan publik, kebijakan sosial, dan keluarga. Pemungutan suara itu diawali dengan debat yang sengit.

Rapat komite gabungan dilaksanakan pada 24 Maret. Selain amandemen legislatif dan editorial yang diajukan oleh DPR, panitia juga mendukung amandemen untuk mempercepat batas waktu pemindahan antar kantor operasional di luar negeri dari November hingga Agustus 2021.

Amandemen yang diajukan oleh oposisi hilang. Salah satunya adalah memperkenalkan warisan dana yang ditransfer dari OFE ke ZUS, seperti saat ini di sub-rekening ZUS yang ditransfer selama reformasi OFE sebelumnya. Itu juga kehilangan permintaan untuk audiensi publik, dan RUU itu secara keseluruhan ditolak.

Kini draf tersebut kembali masuk ke sidang DPR, yang dimulai Rabu. Para deputi akan mengambil barang ini mulai pukul enam sore. Agendanya mencakup “laporan komite tentang RUU pemerintah yang mengubah beberapa undang-undang terkait transfer dana dari dana pensiun terbuka ke rekening pensiun individu.” Di bawah item ini, pernyataan 5 menit akan disajikan atas nama klub dan departemen.

Antara lain, mereka mengkritisi proyek reformasi pensiun dalam bentuknya yang sekarang Bank Nasional Polandia Dan Solidaritas Serikat Otonom.

“Tidak ada yang akan mengambil uang ini dari Polandia dan tidak akan memajaki mereka.”

Wakil Menteri Keuangan dan Kebijakan Daerah, Waldemar Boda mengatakan, ada peluang RUU itu bisa disahkan dalam rapat ini. Kemudian dia bekerja di Senat.

Buda tidak menutup kemungkinan bahwa dalam pembacaan kedua di DPR, akan ada komentar tentang apa yang disebut biaya transfer, yang menimbulkan banyak perasaan di antara anggota parlemen oposisi, tetapi seperti yang dijelaskannya, tidak ada perubahan yang diharapkan dalam hal ini. . Dia mengindikasikan solusi yang diajukan adalah mengumpulkan 15 persen. Biaya untuk mengubah OFE menjadi IKE adalah solusi yang jauh lebih baik bagi peserta OFE daripada yang sekarang ini. Dilaporkan bahwa orang Polandia saat ini membayar pajak sebesar 17 atau 32 persen saat membayar pensiun mereka.

Ia juga mengindikasikan adanya klausul dalam RUU yang melarang pemungutan pajak kembali dari IKE, serta reservasi bahwa dana tidak dapat ditransfer dari rekening perorangan ke APBN. Dan dia menekankan bahwa – tidak ada yang akan mengambil uang ini dari Polandia dan tidak akan memajaki mereka. Ia menambahkan bahwa reformasi ini tidak mungkin dibatalkan karena secara hukum tidak mungkin.

Dalam jangka panjang, katanya, mentransfer uang ke IKE mungkin lebih bermanfaat bagi penabung, karena tingkat pengembalian pada satu akun akan lebih tinggi daripada indeks ZUS. Kami berasumsi IKE akan menjadi alat tabungan pensiun yang populer di Polandia. Selain rencana modal untuk karyawan, mereka cocok dengan salah satu pilar strategi pembangunan yang bertanggung jawab, meningkatkan keamanan keuangan pensiunan masa depan, sambil membangun modal untuk pembangunan dan meningkatkan peluang investasi di negara – kata Wakil Menteri Waldemar. Buda. Dia juga menunjukkan bahwa uang yang terkumpul di IKE, tidak seperti yang terkumpul di akun ZUS, akan menjadi milik penabung dan akan diwarisi.

Ia juga menjelaskan bahwa semua yang memilih ZUS akan memiliki dana di rekening masing-masing, sedangkan aset yang sesuai dengan nilai dana tersebut akan masuk ke Demographic Reserve Fund (FRD), yang akan dikelola oleh Polish Development Fund. Ia mencontohkan, pendapatan dan keuntungan Varados tidak mempengaruhi besaran pensiun hari tua, karena ditentukan oleh indeks standardisasi utama.

Boda mencatat bahwa para pembuat undang-undang tidak melihat manfaat yang akan diperoleh negara dari undang-undang tersebut. – Kami tidak menganggap undang-undang ini dari sudut pandang negara (…), seharusnya mengarah pada fakta bahwa uang dari OFEs akan menjadi milik pribadi, seperti yang dijanjikan – jelasnya. Dia menambahkan bahwa mengubah OFE menjadi IKE untuk membantu membangun kembali kepercayaan di negara tersebut, yang seiring waktu akan membantu membangun sistem tabungan swasta yang meningkatkan asuransi pensiun untuk Polandia.

Tonton TVN24 online di TVN24 GO >>>

Akhir OFE

Dana Pensiun Terbuka (OFE) telah beroperasi sejak 1999. Investasi dana di bursa dan obligasi (kemudian bagian obligasi dibatalkan) seharusnya menjadi wahana pensiun yang lebih tinggi daripada yang dibayarkan oleh Lembaga Asuransi Sosial.

Awal Maret lalu, pemerintah mengeluarkan RUU untuk mengubah dana pensiun terbuka menjadi IKE. Menurut aturan, mengubah bentuk badan hukum akan merugikan pensiunan di masa mendatang sebesar 15 persen. Dana terkumpul (disebut biaya transfer). Alternatifnya mungkin mengarahkan uang ke ZUS setelah anggota OFE membuat iklan yang sesuai. Maka tidak ada biaya transfer, tetapi kami kehilangan hak untuk mewarisi dana tersebut.

Ketentuan tersebut akan berlaku efektif pada 1 Juni 2021. Waktu pengajuan pengumuman mengenai transfer dana dari OFE ke ZUS telah ditetapkan mulai 1 Juni 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Proposal ini terutama bersifat finansial. Dalam jangka pendek dan panjang, anggaran menguntungkan. Anggota OFE, apakah dia memilih IKE atau ZUS, selalu kehilangan sesuatu – ya Sebuah. Paweoj WojciechowskiKazimierz Marcinkiewicz, mantan menteri keuangan dan mantan kepala ekonom di Perusahaan Asuransi Sosial.

– Ia menambahkan, jika terjadi perubahan, anggaran akan menguntungkan dalam jangka pendek dan panjang.

Ketika ditanya tentang “privasi” uang yang akan masuk ke IKE dari OFE dan “sumbangan uang untuk Polandia”, prof. Paweoj Wojciechowski berkata dalam sebuah wawancara dengan TVN24 Biznes: – Ini bukan uang pribadi, karena tidak akan tersedia. Dari sudut pandang ini, tidak masalah apakah mereka di OFE atau IKE.

Analisis dampak proyek regulasi menunjukkan bahwa pada akhir Desember 2020, sekitar 15,43 juta orang menjadi anggota dana pensiun terbuka. Total aset PLN berjumlah 148,6 miliar. Pusat Informasi Pemerintah menunjukkan bahwa saldo rekening rata-rata adalah 9.689 PLN.

Sumber Gambar Utama: Leszec Zimansky / PAP

READ  Leipzig-Hoffenheim: Skor dan Liputan - Babak 29 Bundesliga