Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bernard Madoff: Miliarder penipu meninggal di penjara pada usia 82 tahun

Dia adalah dalang dari salah satu kasus penipuan investasi terbesar dalam sejarah keuangan – sekarang Bernard Madoff meninggal pada usia 82 tahun. Laporan kantor berita AP Dan saluran TV NBC Tetap.

Madoff dijatuhi hukuman 150 tahun penjara pada tahun 2009. Selama beberapa dekade, dia telah membayar para investor atas dividen impian mereka dengan uang dari investor baru. Saat hoax terungkap, banyak yang kehilangan seluruh tabungannya.

Secara total, Madoff dikatakan telah menipu sekitar 4.800 investor – dibantu oleh apa yang disebut skema piramida. Uang investor tidak diinvestasikan secara menguntungkan, seperti yang diyakini oleh operator. Sebaliknya, investor yang meminta dividen hanya akan menerima uang yang disetorkan oleh investor baru lainnya.

Di antara korban penipuan Madoff adalah selebriti seperti sutradara Hollywood Steven Spielberg dan rekan bisnisnya dan salah satu pendiri Dreamworks Studio, Jeffrey Katzenberg. Secara total, lebih dari $ 50 miliar terjadi kerugian, di mana hampir satu miliar terjadi di Jerman. Pada persidangannya, Madoff mengaku bersalah atas 11 dakwaan, termasuk penipuan dan pencucian uang.

Di penjara, Madoff pertama kali memamerkan betapa baiknya dia diperlakukan. Penjara di North Carolina, tempat dia menjalani hukumannya, mengingatkannya pada kampus perguruan tinggi, yang dia tulis beberapa minggu setelah dimulainya hukuman penjara dalam sebuah surat yang dikutip oleh stasiun ABC Amerika. Madoff mengatakan dia diperlakukan dengan hormat seperti bos mafia Dalam surat yang ditujukan kepada menantunya, Stephanie Mack. “Seperti yang bisa Anda bayangkan, saya adalah seorang selebriti di sini.”

Dalam sebuah wawancara dengan ABC, Mac mengatakan dia “sakit” setelah membacanya. Suaminya, Mark Madoff, putra tertua dari pria raksasa itu, bunuh diri baru-baru ini, mengklaim bahwa dia sangat menderita karena skandal dan penghinaan publik.

READ  Reuters: Pepco akan tampil di WSE

Pada tahun 2020, Bernard Madoff mencoba untuk dibebaskan lebih awal dari penjara dengan alasan kesehatan. Dia mengatakan pada saat itu, dia menderita penyakit ginjal, antara lain Washington Post Dalam wawancara telepon. Dia berkata, “Saya sakit parah.” Hidup kurang dari 18 bulan. “Tidak ada obat untuk jenis penyakit saya.” permintaan telah ditolak.