Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Boris Johnson dan Rishi Sunak mengadakan pembicaraan empat mata di tengah persaingan kepemimpinan Inggris |  berita Dunia

Boris Johnson dan Rishi Sunak mengadakan pembicaraan empat mata di tengah persaingan kepemimpinan Inggris | berita Dunia

Boris Johnson dan Rishi Sunak, dua pesaing untuk posisi perdana menteri Inggris berikutnya, mengadakan pembicaraan tatap muka pada hari Sabtu untuk membahas kontes kepemimpinan Partai Konservatif, menurut orang-orang yang mengetahui diskusi tersebut, mencari kesepakatan yang akan menghilangkan kebutuhan untuk keputusan potensial. Pembagian divisi di antara anggota partai.

Mantan perdana menteri dan mantan kanselir berbicara ketika beberapa anggota parlemen Konservatif meminta mereka untuk mengesampingkan perbedaan mereka dan mencapai kesepakatan yang akan membuat satu mengambil alih sebagai perdana menteri dan yang lainnya memegang posisi menteri senior, kata orang-orang, menolak untuk disebutkan namanya karena urusannya pribadi.

Prospek pasangan yang mencalonkan diri dengan tiket bersama merupakan perkembangan lain yang tak terbayangkan dalam tahun yang kacau balau dalam politik Inggris. Kedua sumber mengatakan bahwa peluang untuk mencapai kesepakatan dianggap hampir tidak mungkin di masa lalu karena perselisihan antara keduanya. Mereka menjadi musuh bebuyutan musim panas ini ketika Sunak mengundurkan diri sebagai menteri keuangan Johnson, sebuah langkah yang membantu meluncurkan kejatuhannya.

Mantan perdana menteri saat ini tertinggal di belakang Sunak dengan dukungan publik yang jauh lebih sedikit dari anggota parlemen, meskipun tim kampanyenya mengklaim memiliki lebih dari 100 orang yang mendukungnya secara pribadi. Sunak mencetak kemenangan penting pada hari Sabtu dengan dukungan Kimi Badenouch, menteri perdagangan internasional dan tokoh kunci di kanan partai.

Benny Mordaunt, yang tampaknya memiliki lebih sedikit dukungan daripada salah satu dari mereka, adalah satu-satunya orang yang mengumumkan pencalonan mereka secara terbuka.

Peringatan Pesta

Keluarnya Liz Truss, hanya 44 hari setelah menjadi perdana menteri, pada hari Kamis memicu perlombaan kepemimpinan yang cepat, yang secara teoritis dapat mengarah pada konfrontasi antara Johnson dan Sunak. Prospek bentrokan publik antara keduanya atas politik membuat beberapa nama besar partai khawatir.

READ  Peringatan Covid lagi: pengujian acak di bandara, coba masker

Lord Frost, sekretaris Brexit Johnson, mengatakan partai harus “bergerak maju” dan berdiri di belakang Sunak. Dalam komentar yang sebagian besar menggemakan komentar mantan editor Telegraph Charles Moore, mantan ketua partai Lord Ashcroft mentweet bahwa Johnson harus keluar dari kontes dan mendukung mantan penasihatnya.

Dalam menengahi kesepakatan potensial, Sunak dapat menunjukkan dukungannya di antara anggota parlemen sebagai bukti bahwa ia kemungkinan besar dapat memimpin mayoritas di Parlemen dan menyatukan partai yang terpecah. Tetapi Johnson, jika dia yakin dia memiliki cukup dukungan untuk melewati ambang batas 100 orang untuk mengikuti kontes, dapat mengabaikannya karena dia tetap populer di kalangan anggota akar rumput, yang akan memiliki keputusan akhir dalam perlombaan.

Meskipun ia tetap populer di kalangan anggota Partai Konservatif, ada keraguan apakah Johnson akan dapat menyatukan partainya setelah meninggalkan jabatannya hanya tujuh minggu yang lalu. Banyak anggota parlemen tetap marah karena kekurangannya – termasuk melanggar hukum selama penguncian pandemi – merugikan dukungan partai di tempat pemungutan suara. Sejak itu, Truss telah mendorong penurunan itu ke rekor terendah.

Roger Gill, seorang anggota parlemen Konservatif sejak 1983, mengatakan kepada Radio Times bahwa dia akan berdiri sebagai anggota parlemen independen daripada melayani di bawah pemerintahan Johnson lagi.

Johnson dan Sunak kemungkinan akan menawarkan posisi senior pemerintah untuk mendapatkan persetujuan pihak lain – meskipun perbedaan mereka atas kebijakan ekonomi hanya beberapa bulan yang lalu menimbulkan keraguan apakah mereka ingin bekerja sama lagi. Bahkan jika seseorang memilih untuk tidak lari, mereka yang masih berdiri kemungkinan besar harus mengalahkan Mordaunt.

Kimi K

Sejauh ini, Johnson mendapat dukungan dari partai sayap kanan, yang sebagian besar mendukung Truss di balapan terakhir. Sunak mengajukan banding ke faksi-faksi yang lebih moderat, meskipun ia mendapat dukungan dari anggota parlemen yang sebelumnya berada di belakang Truss.

READ  Bagaimana orang dalam di lembaga India melihat serangan terhadap Imran Khan?

Badenoch menjadi anggota Kabinet yang paling menonjol untuk mendukungnya, dan keputusannya berpotensi mempengaruhi suara orang lain, terutama di kalangan pendukung Brexit. Dia menyebut Sunak sebagai “pemimpin yang serius dan jujur ​​yang kami butuhkan” dalam sebuah artikel untuk Sunday Times.

“Kami adalah orang yang sangat berbeda dan memiliki pendekatan yang berbeda dalam banyak masalah, tetapi saya pikir dia memahami perlunya bersatu dan membawa orang lain dalam perjalanan sebelum membuat keputusan sulit,” tulis Badenoch.

Maksimal tiga anggota parlemen Konservatif akan dapat mencalonkan diri, karena partai telah menetapkan maksimum 100 anggota parlemen untuk calon untuk mendapatkan suara, dan ada total 357 anggota parlemen di partai. Anggota Parlemen memiliki waktu hingga pukul 14:00 pada hari Senin untuk memilih kandidat pilihan mereka. Daftar tersebut akan dikurangi menjadi dua penantang pada hari yang sama jika ada tiga kandidat yang lolos dari persyaratan minimum.

Dengan asumsi dua kandidat masih bersaing setelah Senin, jika salah satu tidak keluar, anggota akar rumput memiliki waktu hingga Jumat pagi untuk memilih.