Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gempa hari ini: Dua gempa berkekuatan 6,3 SR menewaskan 15 orang dan melukai hampir 40 orang di Afghanistan

Gempa hari ini: Dua gempa berkekuatan 6,3 SR menewaskan 15 orang dan melukai hampir 40 orang di Afghanistan

Dua gempa berkekuatan 6,3 skala Richter menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai hampir 40 lainnya di Afghanistan barat pada hari Sabtu, kata juru bicara Otoritas Bencana Nasional negara itu.

Muhammad Abdullah Jan mengatakan empat desa di distrik Zinda Jan di Herat terkena dampak paling parah akibat gempa bumi dan gempa susulan. Puluhan rumah rusak.

Survei Geologi AS melaporkan gempa berkekuatan 6,3 skala Richter.

Ia menambahkan, pusat gempa berada 40 kilometer barat laut kota Herat. Terjadi gempa susulan berkekuatan 5,5 SR.

Peta di situs USGS menunjukkan tujuh gempa bumi terjadi di wilayah tersebut. Abdul Shakur Samadi, warga Herat, mengatakan sedikitnya lima gempa kuat melanda kota itu pada siang hari.

Samadi berkata: “Semua orang telah keluar dari rumah mereka. Rumah, kantor dan toko semuanya kosong dan ada kekhawatiran akan terjadi gempa bumi lagi. Saya dan keluarga berada di dalam rumah, dan saya merasakan gempa tersebut.” Keluarganya mulai berteriak dan berlari keluar, takut untuk kembali ke dalam.

Komunikasi telepon terputus, sehingga sulit mendapatkan rincian dari daerah yang terkena dampak. Video yang tersebar di media sosial menunjukkan ratusan orang turun ke jalan di luar rumah dan kantor mereka di kota Herat.

Provinsi Herat terletak di perbatasan dengan Iran. Laporan media lokal menyebutkan, warga di provinsi tetangga Farah dan Badghis juga merasakan gempa tersebut.

Abdul Ghani Baradar, Wakil Perdana Menteri Urusan Ekonomi yang ditunjuk Taliban, menyatakan belasungkawanya kepada mereka yang tewas dan terluka di Herat dan Badghis.

Pada bulan Juni 2022, gempa bumi dahsyat melanda wilayah pegunungan terjal di Afghanistan timur, meratakan rumah-rumah dari batu dan bata lumpur.

READ  Ontario, Quebec, British Columbia, dan Prince Edward Island mengeluarkan undangan untuk imigrasi provinsi

Gempa tersebut merupakan yang paling mematikan di Afghanistan dalam dua dekade, menewaskan sedikitnya 1.000 orang dan melukai sekitar 1.500 lainnya.

“Berita menggembirakan! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautan dan ikuti terus ide-ide keuangan terkini!” klik disini!