Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ilmuwan mengatakan misteri komet antarbintang ‘Oumuamua telah terpecahkan

Ilmuwan mengatakan misteri komet antarbintang ‘Oumuamua telah terpecahkan

Para ilmuwan menemukan pengunjung yang tampak aneh di tata surya kita pada tahun 2017. Ia berakselerasi dengan cara yang tidak dapat dijelaskan.

Itu disebut tubuh es Oumuamua, yang secara kasar diterjemahkan menjadi “utusan dari jauh” atau “penjelajah” dalam bahasa Hawaii, tidak seperti objek yang terlihat di tata surya. Dia tampak luar biasa tinggi dan kurus, seperti cerutu; Itu memiliki warna kemerahan dan tidak membuat ekor apa pun. Dengan lebih banyak informasi, para ilmuwan planet sekarang mengatakan objek antarbintang itu “pancake” atau berbentuk piring.

Tidak mengherankan, itu sebenarnya adalah komet es, bukan pesawat luar angkasa alien. Dan para peneliti sekarang memiliki gagasan yang cukup bagus tentang mengapa ia berakselerasi saat melintasi lingkungan kosmik kita. Penjelasannya sederhana, kata mereka:

Saat matahari memanaskan komet, benda es melepaskan gas tertentu, yang mempercepat dan mengubah lintasan yang diproyeksikan Oumuamua melalui tata surya.

Peneliti Jennifer Bergner dan Daryl Seligman baru-baru ini mempublikasikan hasil mereka(Buka di tab baru) di Majalah Sains alam. Penafsiran awalnya adalah ide Bergner.

Lihat juga:

Komet besar yang meluncur melalui tata surya kita berukuran 85, ya 85, mil

kata Seligman penyataan(Buka di tab baru). “Kami memiliki semua ide bodoh ini, seperti gunung es hidrogen dan hal-hal gila lainnya, dan itu hanya penjelasan yang lebih umum.”

Pada 2017, para astronom mendeteksi dan melacak objek bintang Oumuamua menggunakan teleskop Pan-STARRS1 Universitas Hawaii.
Kredit: ESO/K.Mech dkk

Komet cepat yang aneh

Oumuamua bukan hanya objek yang membuat penasaran karena bentuknya yang tidak biasa. Itu juga merupakan pengunjung pertama yang diamati dari luar tata surya kita, memberinya julukan “antarbintang” yang unik. Lebih penting lagi, itu tidak berperilaku seperti komet lainnya, yang sebagian besar terdiri dari es. Ketika komet lain membelok relatif dekat dengan matahari, panas menyebabkan mereka melepaskan jejak uap air, gas, dan debu, meninggalkan koma atau ekor ikonik yang dapat menggerakkan atau mendorong objek. Tapi ‘Oumuamua yang kecil, dengan panjang hanya sekitar 115 meter, tidak dapat menembakkan air sebanyak itu, dan para astronom tidak dapat melihat ekornya.

READ  Federal Aviation Administration (FAA) mengizinkan peluncuran tiga tes Starship berikutnya - TechCrunch

jadi apa yang terjadi?

Bergner, seorang ahli kimia di University of California di Berkeley yang mempelajari benda-benda es luar angkasa, dan Seligman, yang meneliti ilmu planet di Cornell University, menyarankan agar komet melepaskan gas hidrogen ke luar angkasa. Pada akhirnya, ini memberi Comet tendangan yang semakin cepat.

Jalur komet 'Oumuamua melalui tata surya kita.

Jalur komet ‘Oumuamua melalui tata surya kita.
Kredit: ESA/Hubble/NASA/ESO/M.Kornmesser

Ruang angkasa penuh dengan radiasi. Ketika radiasi ini mengenai es air, ia menghasilkan hidrogen, yang kemudian terperangkap di atau tepat di bawah permukaan komet. Akhirnya, saat sinar matahari menerpa Oumuamua, ia melepaskan gas tersebut.

“Untuk komet yang berdiameter beberapa kilometer, ia akan mengeluarkan gas dari kerak yang sangat tipis relatif terhadap sebagian besar tubuhnya, jadi secara komposisi dan dalam hal percepatan apa pun, Anda tidak perlu berharap ini menjadi efek yang dapat dideteksi,” katanya. . “Tapi karena ‘Oumuamua sangat kecil, kami pikir dia sudah menghasilkan tenaga yang cukup untuk meningkatkan akselerasi itu.

Ingin lebih banyak ilmu Apakah berita teknologi dikirim langsung ke kotak masuk Anda? Berlangganan buletin teratas Mashable Hari ini.

Tata surya lain pasti memiliki benda es yang cepat juga. Bagaimanapun, alam semesta ini penuh dengan air. dengan Teleskop terbesar dan tercanggih(Buka di tab baru), yang akan online dekade ini, para astronom kemungkinan besar akan menemukan lebih banyak pengunjung antarbintang alien ini. Tidak, mereka bukan alien, dan mereka mungkin tidak pernah menjadi alien. Tapi mereka mempesona para pelancong dari dunia yang jauh di galaksi kita.