Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Iran menyerang kapal Israel di dekat Selat Hormuz: Laporan

Iran menyerang kapal Israel di dekat Selat Hormuz: Laporan

Video yang saya tonton Pers Terkait Pasukan komando diperlihatkan menyerang sebuah kapal di dekat Selat Hormuz dengan helikopter pada hari Sabtu, sebuah serangan yang oleh seorang pejabat pertahanan Timur Tengah dikaitkan dengan Iran di tengah ketegangan yang lebih luas antara Teheran dan Barat.

Video tersebut menunjukkan serangan yang sebelumnya dilaporkan oleh Operasi Perdagangan Maritim Inggris milik Angkatan Darat Inggris. Tidak ada rincian yang diberikan mengenai menaiki pesawat di Teluk Oman di lepas pantai kota Fujairah, UEA.

Pejabat pertahanan, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas masalah intelijen, membagikan video tersebut kepada CIA. AP. Dalam hal ini, pasukan komando turun ke tumpukan kontainer di dek kapal.

Seorang awak kapal terdengar berkata: “Jangan keluar.” Awak kapal kemudian memberitahu rekan awaknya untuk pergi ke anjungan kapal karena lebih banyak pasukan komando turun ke dek. Satu komando terlihat berlutut di atas yang lain untuk memberi mereka kemungkinan tembakan perlindungan.

Meskipun The Associated Press tidak dapat segera memverifikasi video tersebut, namun video tersebut konsisten dengan rincian yang diketahui mengenai pendaratan tersebut, dan helikopter yang dimaksud tampaknya adalah helikopter yang digunakan oleh paramiliter Garda Revolusi Iran, yang telah melakukan serangan lain terhadap kapal di masa lalu.

Kapal yang dimaksud kemungkinan besar adalah MSC Aries berbendera Portugis, sebuah kapal kontainer yang terhubung dengan Zodiac Maritime yang berbasis di London. Zodiac Maritime adalah bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer. Baik MSC maupun Zodiac tidak segera menanggapi permintaan komentar.

MSC Aries terakhir kali berlokasi di lepas pantai Dubai menuju Selat Hormuz pada hari Jumat. Kapal tersebut telah mematikan data pelacakannya, yang umum terjadi pada kapal-kapal Israel yang bergerak melalui wilayah tersebut.

READ  Mengapa ketenangan berubah setelah pengunduran diri yang hebat

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Barat, terutama setelah dugaan serangan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah.

Iran tidak segera mengakui adanya penyitaan kapal apa pun, dan media resmi tidak mempublikasikan laporan apa pun tentang insiden tersebut. Namun, sejak tahun 2019, Iran telah terlibat dalam serangkaian penyitaan kapal dan melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang dikaitkan dengan mereka di tengah ketegangan yang sedang berlangsung dengan Barat mengenai program nuklirnya yang berkembang pesat.

Teluk Oman terletak di dekat Selat Hormuz, mulut sempit Teluk Arab yang dilalui seperlima minyak. Fujairah, yang terletak di pantai timur Uni Emirat Arab, adalah pelabuhan utama di wilayah tersebut tempat kapal-kapal mengangkut kiriman minyak baru, pasokan, atau awak pertukaran.

Sejak tahun 2019, perairan Fujairah telah menjadi saksi serangkaian ledakan dan penculikan. Angkatan Laut AS menuduh Iran melancarkan serangan dengan ranjau limpet terhadap kapal, yang menyebabkan kerusakan pada kapal tanker.

Diterbitkan oleh:

Ashutosh Acharya

Diterbitkan di:

13 April 2024