Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kembali dari Afrika Selatan adalah kasus variabel “Omicron” pertama di Amerika Serikat, Simtoms Mild

Varian Omicron Covid: Kasus pertama varian Omicron Covid-19 telah terdeteksi di Amerika Serikat. (file)

Washington:

Amerika Serikat pada hari Rabu mengumumkan kasus pertama yang dikonfirmasi dari Covid-19 Omicron di California, pada seorang pelancong yang divaksinasi lengkap yang baru saja kembali dari Afrika Selatan dan pulih dengan gejala ringan.

Pejabat kesehatan senior Anthony Fauci mengatakan pihak berwenang “tahu itu hanya masalah waktu” sebelum jenis itu ditemukan di negara itu, mengingatkan orang Amerika bahwa vaksinasi, booster, dan penyembunyian di ruang publik dalam ruangan tetap menjadi cara terbaik untuk tetap terlindungi.

Menurut pernyataan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang tersebut kembali dari Afrika Selatan pada 22 November, dan semua kontak dekat dinyatakan negatif.

Berbicara kepada wartawan, Fauci menambahkan bahwa pasien dinyatakan positif pada 29 November, dan sepengetahuannya, mereka belum menerima dosis booster.

Beberapa laporan pers awal mengenai varian Omicron menyarankan itu mungkin memberikan penyakit yang lebih ringan, tetapi Fauci memperingatkan agar tidak membaca terlalu banyak sampai data yang lebih menantang tersedia.

“Kami puas bahwa pasien ini tidak hanya mengalami gejala ringan, tetapi sebenarnya gejalanya tampak membaik,” katanya.

“Tapi seperti yang kami katakan, ada banyak informasi sekarang berkembang dari negara-negara seperti Afrika Selatan yang memiliki lebih banyak orang” dengan alternatif, tambahnya.

Anda harus melacak data ini dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Sementara orang yang bersangkutan telah divaksinasi lengkap, Fauci menekankan bahwa obat penguat Covid masih merupakan ide yang baik karena meningkatkan jumlah antibodi total dalam sistem kekebalan seseorang, beberapa di antaranya masih akan efektif menghentikan varian baru.

“Pengalaman kami dengan varian seperti varian delta, meskipun vaksin tidak secara khusus menargetkan varian delta, ketika Anda mendapatkan tingkat respons imun yang cukup tinggi, Anda mendapatkan perlindungan tidak langsung,” katanya.

READ  AS sumbangkan 500 juta vaksin Covid ke 92 negara melalui COVAX: Sumber

Fauci juga membela larangan perjalanan AS ke negara-negara Afrika Selatan, yang oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres disebut “tidak adil” dan “tidak efektif”.

“Kami perlu mengulur waktu untuk dapat mempersiapkan dan memahami apa yang sedang terjadi,” katanya.

“Kami ingin memastikan kami tidak tiba-tiba mengatakan bahwa itu seperti hal lain, jangan khawatir tentang itu, dan kemudian tiba-tiba, sesuatu terbentang di depan Anda bahwa Anda tidak benar-benar siap. Jadi kami melihat ini sebagai tindakan sementara.”

Untuk mempersiapkan Omicron, Amerika Serikat merencanakan pengujian dan pembobotan persyaratan karantina yang lebih ketat untuk pelancong internasional yang tiba di negara itu, termasuk dites untuk Covid-19 satu hari sebelum keberangkatan, kata CDC, Rabu.

(Kisah ini belum diedit oleh kru NDTV dan dibuat secara otomatis dari umpan bersama.)