Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Krisis Ukraina Rusia: AS, Sekutu Serbu Senjata ke Ukraina Saat Rusia Mendorong Perluas Serangan: 10 Fakta

Krisis Ukraina Rusia: AS, Sekutu Serbu Senjata ke Ukraina Saat Rusia Mendorong Perluas Serangan: 10 Fakta

Rusia sekarang memiliki 50 persen kekuatan invasi di Ukraina, kata seorang pejabat AS.

Moskow memerintahkan pasukannya untuk maju di Ukraina “dari segala arah” sementara Barat menanggapi Sabtu malam dengan permintaan yang berusaha melumpuhkan sektor perbankan Rusia. Ukraina mengatakan 198 warga sipil telah tewas sejak Rusia menginvasi pada Kamis.

Berikut 10 perkembangan terbaru:

  1. Ukraina telah menolak saran Rusia bahwa pihaknya menolak untuk merundingkan gencatan senjata tetapi mengatakan pihaknya tidak siap untuk menerima “kondisi yang tidak dapat diterima” setelah Kremlin menuduh negara itu memperpanjang konflik militer.

  2. Pasukan Rusia menggempur kota-kota Ukraina dengan misil dan misil, tetapi Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan ibu kota Kyiv tetap berada di tangan Ukraina. Moskow pada Minggu mengklaim pasukannya telah “sepenuhnya” mengepung kota Kherson di Ukraina selatan dan kota Berdyansk di tenggara, kantor berita AFP melaporkan.

  3. Pasukan invasi Rusia sedang diperlambat dan frustrasi oleh perlawanan keras yang tak terduga dari pasukan Ukraina, membuat mereka tetap berada di luar Kyiv, kata seorang pejabat senior pertahanan AS, menurut kantor berita AFP.

  4. Pejabat itu mengatakan bahwa menurut informasi dengan Pentagon, Rusia sekarang memiliki setidaknya 50 persen dari kekuatan invasi besar-besaran di dalamnya Ukraina.

  5. Jerman dan sekutu Baratnya telah sepakat untuk menghentikan Rusia dari sistem pembayaran global SWIFT, kata juru bicara pemerintah Jerman, dalam paket sanksi ketiga yang bertujuan menghentikan invasi.

  6. Presiden Ukraina Zelensky telah berbicara dengan Perdana Menteri Narendra Modi, mencari “dukungan politik” di PBB setelah India abstain dari pemungutan suara untuk mengutuk invasi Rusia yang diveto oleh Moskow.

  7. Menteri Kesehatan Ukraina Viktor Lyashko kemarin mengatakan 198 warga sipil, termasuk tiga anak-anak, tewas dalam konflik itu dan 1.115 terluka.

  8. Sekitar 3.500 tentara Rusia tewas atau terluka sejauh ini, kata seorang penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. “Kami menyerang musuh di sekitar Kyiv. Musuh tidak bergerak untuk saat ini,” kata Oleksiy Aristovych.

  9. Presiden Joe Biden telah menginstruksikan Departemen Luar Negeri AS untuk melepaskan senjata tambahan senilai $350 juta dari persediaan AS ke Ukraina. Jerman dan Prancis juga mengirimkan peralatan militer.

  10. Polandia mengatakan 100.000 pengungsi telah melintasi perbatasannya dari Ukraina sejak Rusia menginvasi, dengan PBB memperkirakan bahwa jumlah yang sama terlantar di dalam negeri. Sekitar 50.000 telah memasuki Hongaria dan Rumania dengan ribuan lainnya menyeberang ke Moldova.

READ  CPEC: Penundaan proyek koridor menabur frustrasi di Pakistan, Cina: lapor