Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Membanjirnya likuiditas menyebabkan tingkat suku bunga yang lebih negatif untuk klien swasta

Bank di Frankfurt

Lembaga keuangan Jerman mentransfer sekitar € 2,7 miliar dalam biaya denda ke Bank Sentral Eropa pada tahun 2020. Selain itu, semakin banyak bank juga menuntut suku bunga negatif dari klien swasta.

(Foto: Imago Images / Patrick Scheiber)

Frankfurt Saldo pelanggan sektor swasta telah menjadi beban penghalang bagi banyak bank karena suku bunga negatif Bank Sentral Eropa (ECB). Karena kelebihan likuiditas, bank-bank di zona euro mentransfer € 8,5 miliar dengan suku bunga negatif ke Bank Sentral Eropa tahun lalu – lebih dari sebelumnya. Ini adalah hasil studi oleh platform suku bunga Deposit Solutions, yang tersedia secara eksklusif untuk Handelsblatt.

Alasan perkembangan ini: Di ​​Corona 2020, saldo nasabah meningkat secara signifikan lebih dari permintaan pinjaman. Jika bank tidak menggunakan uang pelanggan mereka dalam bisnis atau menginvestasikannya, mereka harus menghentikan kelebihan dana pada bank sentral – dan membayar bunga negatif untuk itu.

Untuk alasan ini, bank Jerman khususnya saat ini memiliki insentif untuk menerima uang nasabah sesedikit mungkin. Jadi semakin banyak institusi mentransfer bunga negatif kepada pemegang akun.

Baca sekarang

Dapatkan akses ke ini dan semua artikel lainnya di

Web dan aplikasi kami selama 4 minggu secara gratis.

Terus

Baca sekarang

Dapatkan akses ke ini dan semua artikel lainnya di

Web dan aplikasi kami selama 4 minggu secara gratis.

Terus

READ  Aero2 memperkenalkan paket baru | gsmManiaK.pl