Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mengapa ada kekurangan supermarket dan apotek?

BerlinApa yang diperingatkan oleh penjual diskon seperti Kik dan raksasa Rossmann di toko obat sekarang menjadi kenyataan di banyak cabang dan supermarket: banyak rak kosong. Tapi kenapa begitu?

Pengiriman macet karena bencana banjir

Salah satu alasannya: bencana banjir di Jerman. Seperti dilansir majalah ChipTanda-tanda terus muncul di rak-rak di beberapa cabang Rossmann, Lidl dan dm di wilayah Rhine-Main. Pengecer meminta pelanggan mereka untuk bersabar ketika mereka menemukan ruang kosong di rak.

Di toko Kaufland dekat Duisburg, tertulis sesuatu seperti: “Untuk alasan teknis, banyak produk saat ini tidak tersedia.” Tanda-tanda serupa tersedia di cabang DM di Westmünsterland.

Produk apa yang sangat terpengaruh?

Produk seperti tisu toilet, sampo, atau pasta gigi tampaknya terpengaruh. Majalah itu melanjutkan, karena ruang penyimpanan yang lebih besar dibanjiri air dalam jumlah besar, logistik terhenti di sana.

Tapi bukan hanya bencana banjir yang menyebabkan kemacetan di beberapa wilayah federal. Krisis peti kemas di lautan dunia juga semakin memperburuk keadaan.

Gangguan terkait Corona dalam pengiriman peti kemas global menjadi salah satu penyebab kelangkaan material di Eropa. Menurut banyak ekonom, mereka menjamin, di satu sisi, bahwa industri Jerman saat ini hanya dapat memproses sebagian buku pesanan yang membengkak.

Harga akan naik

Di sisi lain, konsumen di Jerman dapat dengan jelas merasakan kemacetan. Rantai ritel besar Jerman memperkirakan harga akan naik karena masalah logistik.

“Kenaikan tajam dalam biaya pengiriman pasti akan menyebabkan kenaikan harga eceran,” kata Raoul Rossmann, presiden rantai farmasi Rossmann, kepada surat kabar Handelsblatt. Hal senada juga diungkapkan oleh kepala toko mode Kik, Patrick Zahn.

Managing Director pengecer sepeda Rose Bikes, Marcus Diekmann, menggambarkan konsekuensi potensial untuk Handelsblatt: “Ini akan berdampak pada bisnis Natal,” prediksinya. “Kami akan mendapatkan kenaikan harga yang besar.”

READ  Biontech - Sekarang sulit: tidak ada yang mengharapkan cuaca buruk seperti itu!