Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Objek seukuran Jupiter di Nebula Orion membingungkan para ilmuwan  Berita luar angkasa

Objek seukuran Jupiter di Nebula Orion membingungkan para ilmuwan Berita luar angkasa

Entitas baru yang dijuluki “JuMBO” bukanlah bintang atau planet. Para peneliti mengatakan organisme ini seharusnya tidak ada.

Para ilmuwan di Badan Antariksa Eropa (ESA) menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA untuk membuat penemuan menakjubkan: benda mengambang bebas seukuran Jupiter, planet terbesar di tata surya kita, di Nebula Orion, wilayah pembentuk bintang terdekat. ke tanah.

Penemuan ini mengubah pemahaman kita tentang bagaimana bintang dan planet terbentuk secara terbalik. Sebelumnya, para ilmuwan berpikir bahwa nebula, yang menghasilkan bintang-bintang di dalam awan gas dan debu yang sangat besar, tidak dapat secara spontan membentuk objek seukuran planet, namun temuan baru menunjukkan sebaliknya.

Yang lebih membingungkan lagi adalah kenyataan bahwa makhluk-makhluk itu terbentuk berpasangan, bukan sendiri-sendiri.

“Ada yang salah dengan pemahaman kita tentang pembentukan planet, atau pembentukan bintang, atau keduanya,” kata Samuel Pearson, ilmuwan ESA yang mengerjakan penelitian tersebut, kepada New York Times. “Mereka seharusnya tidak berada di sana.”

Entitas baru ini disebut Jupiter Mass Binary Objects, atau JuMBOs. JuMBO tidak cukup besar untuk menjadi bintang, dan karena tidak mengorbit bintang, JuMBO secara teknis bukanlah planet.

“Sebagian besar dari kita tidak punya waktu untuk terlibat dalam perdebatan tentang apa itu planet dan apa yang bukan planet,” Profesor Mark Macogrian, kepala penasihat bidang sains dan eksplorasi ESA, mengatakan kepada The Guardian. “Seolah-olah mobil saya adalah seekor Chihuahua peliharaan. Tapi itu bukan Chihuahua. Itu seekor kucing.”

READ  Studi: Sering menggunakan pelurus rambut dapat meningkatkan risiko kanker rahim

Menurut makalah yang ditulis bersama oleh McCaughrian yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, JuMBO berusia sekitar 1 juta tahun, menjadikannya lebih muda dibandingkan dengan seluruh alam semesta. Mereka memiliki suhu permukaan sekitar 1.000 °C (1.800 °F).

Namun tidak seperti planet, yang pada akhirnya mampu mempertahankan suhu konstan berkat energi yang diterimanya dari bintang-bintang yang mengorbitnya, benda-benda masif pada akhirnya mendingin dengan cepat dan membeku. Hal ini juga sebagian besar terdiri dari gas, yang berarti tidak mungkin mampu mendukung kehidupan.

Para ilmuwan memiliki banyak hipotesis tentang bagaimana JuMBO muncul. Yang pertama adalah mereka terbentuk di wilayah nebula yang terlalu jarang untuk membentuk bintang normal. Kedua, mereka terbentuk sebagai planet yang seharusnya mengorbit bintang, namun kemudian “diusir” karena alasan yang tidak diketahui.

“Hipotesis pengusiran adalah hipotesis yang paling disukai saat ini,” kata Macogrian kepada BBC. “Kami tahu bahwa sebuah planet dapat dikeluarkan dari sistem bintang. Namun bagaimana cara Anda mengeluarkan pasangan objek-objek ini secara bersamaan? Saat ini, kami belum memiliki jawabannya. Jawabannya hanya untuk para ahli teori.”

Ilmuwan lain menggambarkan fenomena berpasangan sebagai hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Reaksi saya berkisar dari ‘Apa?!?’ hingga ‘Apakah Anda yakin?'” “Ini sangat aneh,” kata astronom Heidi Hamel, yang bukan bagian dari tim peneliti, kepada BBC. “Bagaimana biner bisa dilempar bersama-sama?” ?” “.

Dia mengatakan saat ini tidak ada model ilmiah yang memprediksi pasangan objek seukuran planet yang dikeluarkan dari nebula, namun menambahkan bahwa mungkin belum ada teleskop yang cukup kuat untuk mendeteksinya sebelumnya.

Para ilmuwan dan astronom telah mempelajari Nebula Orion selama bertahun-tahun untuk mengamati pembentukan dan evolusi awal bintang dan benda langit lainnya.

READ  Permukaan bulan Jupiter Europa terombang-ambing oleh dampak kecil - kondisinya saat ini mungkin cocok untuk kehidupan

Letaknya 1.350 tahun cahaya dari Bumi dan dapat dilihat dengan mata telanjang dalam bentuk titik buram di bagian bawah konstelasi Orion.Itu adalah bagian dari “pedang” pemburu legendaris Yunani yang mengincar konstelasi tersebut. bernama.