SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PENANGANAN COVID-19: Besok 200 TKI dari Malaysia Tiba di Tanjungpinang, Gugus Kepri Jalankan Protokol Cek Kesehatan

  • Reporter:
  • Senin, 23 Maret 2020 | 14:47
  • Dibaca : 3412 kali
PENANGANAN COVID-19: Besok 200 TKI dari Malaysia Tiba di Tanjungpinang, Gugus Kepri Jalankan Protokol Cek Kesehatan

TANJUNGPINANG – Besok, Selasa (24/3) sebanyak 200 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia tiba di Tanjungpinang. Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Kepri sudah bersiap mengambil langkah pencegahan dengan pengecekan kesehatan.

 

Seperti diketahui Malaysia  menjadi penyumbang kasus terbesar terpapar korona di Asia Tenggara saat ini.

“Besok ada masuk 200 TKI di Tanjungpinang, kami sudah tinjau persiapan untuk antisipasi,” kata Sekretaris Provinsi Kepri, Arif, Senin (23/3).

Arif mengimbau warga Tanjungpinang tidak usah resah karena tim kesehatan sudah menyiapkan dan punya protokol kesehatan untuk memantau virus korona.

“Mereka-kan warga negara kita, harus kita perlakukan dengan baik juga. Mereka pasti dicek, pemeriksaan berlapis,” kata Arif.

Arif juga mengatakan pemerintah daerah akan mengusahakan 200 TKI ini tidak akan lama berada di RPTC Tanjungpinang. Selain itu Arif mengatakan Tanjungpinang memiliki tempat yang aman di RPTC untuk isolasi mereka. Dengan demikian jika ada yang terpapar korona penyebarannya tidak akan sampai ke warga sekitar.

Di samping itu RPTC sebut Arif akan disiapkan tim medis dan sejumlah peralatan yang mendukung. Berkaitan pemulangan 200 TKI ini ke daerah asal akan disesuaikan dengan jadwal kapal Pelni.

Selain di Tanjungpinang, Kabupaten Karimun dalam beberapa hari ini juga sudah menerima kedatangan ribuan TKI dari Malaysia. Bahkan jumlahnya disebut Arif sudah mencapai 5 ribu.

Arif mengakui kedatangan TKI dimasa virus Corona menjadi problem tersendiri. Untuk itu besok Plt Gubernur Kepri Isdianto akan melakukan rapat terbatas dengan presiden membahasnya.

“Kami berharap, TKI yang singgah ke Kepri ini bisa langsung disambut kapal Dumai Express hingga jumlahnya tidak sampai bertumpuk,” kata Arif.

Sementara itu Kadis Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan semua TKI di Karimun sudah terlebih dahulu pengecekan. Hasilnya semua negatif dan hanya memiliki sakit lain seperti ngilu di pundak dan sakit-sakit biasa lainnya.rinto situmorang

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com