Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pengambilalihan Hella: pembuat mobil Faurecia mengakuisisi mayoritas keluarga Hueck

Spesialis lampu depan Hella dijual ke pemasok mobil Prancis Faurecia dari Prancis. Anggota keluarga pendiri spin-off Hueck/Röpke telah memberi pemasok mobil Faurecia dari Nanterre kontrak empat miliar euro untuk paket 60 persen saham Hella mereka, spesialis lampu depan dari Lippstadt di Rhine-Westphalia Utara mengumumkan. Pemegang saham yang tersisa akan menerima tawaran pengambilalihan sebesar 60 euro per saham; Plus – sebelum penjualan – ada untung 96 sen. Secara umum, nilai bisnis keluarga diperkirakan mencapai 6,8 miliar euro.

Faurecia menyatakan bahwa dengan mengakuisisi Hella, tujuannya adalah untuk “menciptakan posisi ketujuh di antara pemasok otomotif global dengan portofolio teknologi mutakhir yang mencakup semua tren utama di industri”. Baru-baru ini, menurut sumber informasi, pemasok mobil Plastic Omnium dari Prancis dan Mahle dari Stuttgart telah menjalin hubungan dengan Hella. Tawaran pengambilalihan dari pesaing dikatakan memiliki ukuran yang sama sebesar €60 per saham.

Anggota keluarga Hueck dan Röpke menjual saham mereka pada musim semi dan menugaskan bank investasi Rothschild untuk mencari pembeli. majalah manager secara eksklusif melaporkan rencana penjualan pada bulan April. Holding dari pool di mana saham mereka dinaikkan setelah IPO Hella pada tahun 2014 akan berjalan selama tiga tahun lagi. Perwakilan keluarga di Komite Pemegang Saham, Jürgen Bernd, berusia 72 tahun. Dia sudah melepaskan manajemen grup pada tahun 2017. Tidak ada penerus yang bisa menyatukan kepentingan keluarga di masa depan yang terlihat.

Keluarga Hueck menerima uang tunai 3,4 miliar euro

Hella mengkonfirmasi rencana untuk menjual pada hari Kamis hanya setelah menerima tawaran yang mengikat. Dalam kesepakatan dengan Faurecia, perusahaan mengklaim telah menerima jaminan luas dan jangka panjang. Menurut Hella, hal ini antara lain berkaitan dengan “keprihatinan staf dan keberlangsungan Lipstadt sebagai pusat inti dengan manajemen operasional, fungsi sentral tertentu dan unit penelitian dan pengembangan”.

READ  Woodpecker.co telah mengalokasikan semua saham dalam IPO, dan berharap untuk debut di NC musim panas ini

Keluarga tersebut menerima €3,4 miliar tunai dan €600 juta lainnya dalam bentuk saham Faurecia, yang dihargai dengan harga rata-rata tiga bulan €42,06. Dan pada hari Jumat, surat kabar di Paris ditutup pada €38,43. Dalam surat itu, lanjutnya, pembiayaan untuk akuisisi tersebut dijamin. Hella ditawarkan 33 persen lebih tinggi dari harga akhir April, ketika majalah pertama kali melaporkan rencana penjualan kepada manajer. Namun pada hari Jumat, saham Hella dalam indeks MDax dari usaha kecil berada jauh di atas tawaran pengambilalihan sebesar €63,18.

Investor mengharapkan peningkatan pasokan

Bloomberg News baru-baru ini melaporkan bahwa spesialis lampu depan dari Lipstadt di North Rhine-Westphalia bisa bernilai hingga delapan miliar euro. Akibatnya, saham naik ke rekor tertinggi 68,72 euro. Namun, dengan harga pembelian aktual yang ditawarkan oleh Faurecia jauh lebih rendah pada €60 per saham, saham Hella kemungkinan akan berada di bawah tekanan pada awalnya.

Hella mempekerjakan sekitar 39.000 orang. Pada tahun keuangan terakhir 2020/21 (hingga akhir Mei), perusahaan meningkatkan penjualannya sebesar 13 persen menjadi 6,5 miliar euro, menjadikannya salah satu dari sepuluh pemasok mobil Jerman terbesar. Hasil operasi (EBIT) untuk efek khusus yang dapat dipulihkan telah disesuaikan menjadi €510 (2019/20: 227) juta.