Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Segera Copot 200 Aplikasi Ini, Mereka Mengosongkan Rekening Bank Anda!

Para peneliti di Zimperium zLabs telah mengungkapkan kampanye malware skala besar di Android. Total ada 200 permintaan yang terlibat.

10 juta. Ini adalah jumlah smartphone Android yang telah terkontaminasi oleh Trojan baru. dibaptis GriftKuda Ditemukan oleh peneliti keamanan dari Zimperium zLabs, malware tersebut dapat didistribusikan secara luas antara November 2020 dan April 2021, tertanam di beberapa ratus aplikasi yang tersedia secara gratis di Play Store.

Lebih dari 70 negara telah terpengaruh dan peretas telah berhasil memeras puluhan juta dolar. Menurut Aazim Yaswant dan Nipun Gupta, peneliti di Zimperium zLabs, “Salah satu kampanye paling populer yang pernah dilihat oleh tim peneliti zLabs pada tahun 2021”.

Cara kerjanya sangat kompleks. Setelah menginstal aplikasi penipuan, GriftHorse berusaha menampilkan berbagai pop-up dan notifikasi di ponsel cerdas Anda yang menawarkan penawaran atau diskon khusus. Ini dipikirkan dengan sangat baik dan hampir tidak terdeteksi.

Tujuannya: untuk mengarahkan Anda ke halaman yang mengundang Anda untuk mengkonfirmasi nomor telepon Anda. Ini berlangganan layanan SMS premium yang ditagih sekitar tiga puluh euro per bulan. Para peneliti memperkirakan bahwa orang-orang di balik kampanye jahat ini menghasilkan antara $ 1,5 juta dan $ 4 juta per bulan juga.

Aplikasi apa yang terpengaruh?

Secara total, peneliti Zimperium zLabs memperkirakan bahwa Trojan telah menginfeksi hampir 200 aplikasi. Ini tersedia langsung di Google Play Store, tetapi juga di beberapa toko pihak ketiga. Atas permintaan para peneliti, Google telah membersihkannya dan menghapusnya dari App Store-nya, tetapi itu tidak berarti aplikasi yang terinfeksi tidak ada di ponsel cerdas Anda sekarang jika Anda mengunduhnya terlebih dahulu.

“Selain sejumlah besar aplikasi, distribusi aplikasi direncanakan dengan sangat baik, dengan peretas membagi aplikasi mereka ke dalam beberapa kategori berbeda, sehingga memperluas jangkauan calon korban.” Jelaskan para peneliti. Di antara aplikasi yang dimaksud, ada juga aplikasi komunikasi, kencan, hiburan, dan audio. Zimperium zLabs mengumpulkan semua aplikasi yang terinfeksi dalam daftar Tersedia disini. Jika salah satu aplikasi ini ada di perangkat Anda, copot pemasangannya sesegera mungkin dan ingatlah untuk memeriksa akun Anda…

READ  Pertunjukan dan pameran .. Acara gratis untuk umum selama festival